Memahami Arti Barakallah, Ketahui Cara Penggunaannya di Kalimat Ucapan Selamat dan Doa

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

Memahami Arti Barakallah, Ketahui Cara Penggunaannya di Kalimat Ucapan Selamat dan Doa
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Ungkapan Barakallah tentu sudah tidak asing lagi di telinga umat Islam. Barakallah sering kali diucapkan dalam berbagai momen dan kesempatan. Meski jadi istilah yang lumrah diucapkan di keseharian, nyatanya masih banyak yang belum memahami arti Bakallah yang sesungguhnya.

Secara umum, arti Barakallah adalah 'semoga Allah memberkahi'. Selain itu, sering kali bagian orang juga mengucapkan ungkapan Barakallah secara lebih lengkap, seperti Barakallahu Fiikum atau Barakallah Fii Umrik. Bukan, sekadar ungkapan biasa, dalam perkataan Barakallah juga tersimpan makna sekaligus doa.

BACA JUGA : Arti dari fi amanillah dan jawabannya bagi laki-laki maupun perempuan

Untuk lebih memahami arti Barakallah, beserta makna dan doa yang ada di dalamnya, simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Arti Barakallah

Berdasarkan terbentuknya kata Barakallahu, terdari dari gabungan dua kata dasar. Pertama, "Baaraka" yang berarti berkah, kemanfaatan, dan kebaikan. Lalu kata kedua, "Allah" yang artinya Allah SWT. Sehingga, arti Barakallah bisa dimaknai sebagai ungkapan 'Semoga Allah SWT Memberikan Berkah' atau bisa juga 'Semoga Allah Memberkahi'. Oleh karena itu, ungkapan Barakallah sering kali muncul dalam ucapan selamat dan doa-doa yang ditujukan untuk orang terdekat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Barakallah Fiik

Seperti yang disinggung sebelumnya, sebagian orang mengucapkan Barakallah secara lebih lengkap. Contohnya, dengan ungkapan "Barakallah Fiik". Lantas, bagaimana apakah artinya berbeda dengan Barakallah? Secara umum, tambahan kata "Fiik" pada Barakallah Fiik membuat arti Barakallah sedikit berubah. Pasalnya, Barakallah Fiik diketahui mempunyai arti "Semoga Allah Memberkahi Kepadamu".

Oleh karena itu, sah-sah saja menambahkan kata Fiik pada ungkapan Barakallah. Namun, pemakaian kata "Fiik" dapat menunjukkan bahwa, seseorang yang mengungkapkannya belum tahu pada siapa kalimat tersebut akan dia sampaikan.

 

3. Arti Barakallah Fiikum

Selain Barakallah Fiik, banyak pula yang mengucapkan Barakallah Fiikum. Akan tetapi, untuk mengerti arti Barakallahu Fiikum masih diperlukan kajian yang lebih mendalam. Pasalnya Fiik sudah menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mendasari pengucapan doa berkah tersebut. Artinya, Fikuum bisa dibilang sebagai kelanjutan dari barakallah fiik.

Fiikum sendiri memiliki arti untuk banyak orang atau kalian. Fiika artinya untuk pria dan fiiki artinya untuk wanita. Sehingga dapat disimpulkan, Barakallahu Fiikum adalah 'semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalian (orang banyak)', bisa laki-laki, perempuan, atau keduanya.

Sementara, Barakallahku Fiika berarti 'semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kamu (seorang laki-laki)'. Sedangkan, Barakallahu Fiiki artinya semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kamu (seorang wanita)'.

 

4. Pemakaian Ungkapan Barakallah

Arti barakallah, baik dalam bentuk Barakallah Fiik, Barakallah Fikum, Barakallah Fiika, maupun Barakallah fiiki, sudah sering dipakai di keseharian. Ungkapan-ungkapan ini sering digunakan dalam kalimat ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan sebagainya.

Tak heran, dalam momen ulang tahun, sering kali muncul ucapan selamat ulang tahun dengan ungkapan "Barakallahu Fii Umrik". Di samping dalam momen ulang tahun, ungkapan Barakallah juga sering dipakai pada momen spesial lainnya, misal acara pernikahan. Tujuan ungkapan tersebut tentu saja agar kedua mempelai bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

 

5. Respons saat Mendengar ungkapan Barakallah

Dalam agama Islam, Barakallah ternyata bukan sekadar ungkapan biasa. Ungkapan Barakallah sekaligus menjadi doa baaik. Sehingga, saat mengucapkan Barakallah, artinya seorang muslim sedang mendoakan saudaranya. Salah satu manfaatnya adalah akan mendekatkan seorang muslim pada Allah SWT.

Ketika mendengar ungkapan Barakallah, artinya sebenarnya seseorang sedang mendengarkan doa baik untuknya. Jadi, sudah semestinya seorang muslim juga mendoakan balik muslim tersebut. Oleh karena itu, salah satu respons ketika mendengar Barakallah adalah dengan mengucap "Wafiika Barakallah". Ungkapan balasan tersebut mempunyai arti 'Semoga Allah SWT Juga Memberkahimu'. Atau bisa juga dengan ungkapan "Wafiiki Barakallah", khusus untuk merespons perempuan.

 

6. Contoh Ucapan Selamat dan Doa dengan Barakallah

Dilansir dari liputan6.com, berikut beberapa contoh ungkapan arti Barakallah dalam ucapan selamat dan doa.

1. Ucapan Selamat dalam Pernikahan
Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan kalimat "baarakallah" saat mendoakan pernikahan seseorang. Adapun ucapan tersebut sebagai berikut:

"Baarakallahu Laka wa baaraka alayka wa jama'a baynakuma fii khoir"

Artinya: "Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan" (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

2. Ucapan Selamat Ulang Tahun
Barakallah menjadi ucapan yang sering mengiringi ungkapan selamat ulang tahun. Tertarik menyematkan ungkapan ini? Kalian bisa menuliskannya:

"Baarakallah fii umrik"

Artinya: "semoga umurmu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT".

3. Mendoakan Orang yang Melahirkan
Ucapan "Baarakallah" juga bisa disematkan untuk mendoakan seseorang yang baru saja melahirkan. Sebagai contohnya, kalian bisa tiru ucapan di bawah ini:

"Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu"

Artinya: "Semoga Allah memberkahimu dan anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya."

4. Saat bertemu dengan Sahabat Atau Kerabat
Dalam sebuah riwayat hadis, para sahabat Nabi juga saling mengucapkan "barakallah". Kalian bisa meniru perilaku para sahabat Nabi ini dengan, mengucapkan:

"Baarakallahu Laka Fii Ahlika wa Maalika"

Artinya: "Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu" (HR. Bukhari).

Itulah di antaranya ulasan mengenai arti Barakallah, beserta makna dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending