5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo dengan Mudah Tanpa Perlu Menghapusnya

Rabu, 13 Oktober 2021 19:33 Penulis: Nurul Wahida
5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo dengan Mudah Tanpa Perlu Menghapusnya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam fitur canggih yang bisa digunakan bagi pengguna smartphone. Salah satunya berasal dari brand Oppo yang ternyata memiliki fitur menyembunyikan aplikasi. Apalagi cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo sangatlah mudah dan nggak ribet.

Menyembunyikan aplikasi di HP Oppo seringkali jadi pilihan buat menjaga privasi dan keamanan data pada ponsel. Sehingga pengguna tak perlu menghapus untuk menyembunyikan aplikasi dan menginstalnya lagi. Selain itu cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Artinya, pengguna dapat memanfaatkan fitur dan layanan bawaan dari HP Oppo melalui menu pengaturan. Di mana nantinya pengguna hanya perlu mengatur kode rahasia untuk mengamankan aplikasi yang akan disembunyikan pada HP Oppo.

Jika kalian termasuk pengguna HP Oppo, cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo berikut ini penting untuk diketahui. Selengkapnya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Mudah Banget

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya ada cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo dengan sangat mudah. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo tersebut bisa memanfaatkan menu pengaturan di ponsel.

Ketika kalian sudah memutuskan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo, maka nantinya ikon aplikasi tidak lagi muncul pada beranda ponsel. Adapun cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo sebagai berikut.

- Pertama buka menu Pengaturan pada ponsel.

- Pilih Keamanan lalu klik Kunci Aplikasi.

- Setelah itu membuat dan masukkan kode verifikasi berupa Kode Rahasia (Enkripsi Aplikasi).

- Selanjutnya tentukan aplikasi yang ingin kalian sembunyikan lalu pilih Aktifkan Verifikasi Kode Sandi.

- Untuk mengaktifkan aplikasi yang akan disembunyikan pilih Aktifkan Verifikasi Kode Sandi serta Sembunyikan Ikon Layar Depan hanya dengan mengubah tombol sebelah kanan hingga aktif yakni berubah warna.

- Selanjutnya kalian perlu membuat Nomor Akses yakni #Nomor Akses#. Contohnya yakni seperti #23923238#. Nomor akses tersebut berisi maksimal 16 karakter. Jika sudah membuat nomor akses, pilih selesai.

- Maka aplikasi di HP Oppo berhasil kalian sembunyikan tanpa perlu menghapusnya.

- Usahakan agar kalian mengingat Nomor Akses serta kode verifikasi untuk kembali membuka aplikasi yang telah disembunyikan.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Pakai Aplikasi

Selain cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo tanpa aplikasi tambahan, ada juga cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo menggunakan aplikasi. Ya, cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo pakai aplikasi tambahan juga cukup simple. Kalian hanya perlu menginstal aplikasi tambahan untuk menyembunyikan aplikasi. Beberapa jenis aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Android ini juga populer digunakan. Selengkapnya berikut ulasannya tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo pakai aplikasi.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Oppo Pakai Aplikasi Microsoft Launcher

- Pertama unduh dan instal aplikasi Microsoft Launcher.

- Setelah itu masuk menu utama pada perangkat kalian.

- Klik ikon titik tiga pada layar ponsel di bagian atas.

- Lalu klik Hide Apps.

- Pilih Hidden Apps.

- Setelah itu tentukan aplikasi yang akan disembunyikan.

- Lalu klik Hide Apps.

- Untuk membuka aplikasi yang disembunyikan kalian bisa memilih Unhide pada menu yang sama.

- Selesai.

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Pakai Aplikasi Applock

Aplikasi AppLock dapat kalian pilih untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo. Aplikasi ini dapat kalian unduh melalui Google Playstore. Selain bisa menyembunyikan aplikasi di perangkat ponsel kalian, AppLock juga dapat menyembunyikan data serta file lainnya yang ingin kalian sembunyikan.

4. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Pakai Hide App

Selanjutnya ada aplikasi Bernama Hide App yang bisa kalian gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo. Nag cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo pakai aplikasi ini juga sangat mudah. Kalian hanya perlu mengunduh dan menginstal terlebih dahulu aplikasi Hide App. Nantinya kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo. Caranya hanya perlu membuat kode rahasia berupa sandi untuk menyembunyikan aplikasi.

5. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Pakai Apx Launcher

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo pakai aplikasi berikutnya yakni menggunakan Apx Launcher. Aplikasi ini bisa kalian gunakan buat menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo pakai Apx Launcher yakni sebagai berikut.

- Pertama unduh dan instal aplikasi Apx Launcher.

- Lalu buka aplikasi tersebut lalu pilih Apex Settings.

- Pilih Drawer Settings.

- Lalu klik Hidden Apps pada aplikasi yang ingin kalian sembunyikan.

3. Cara Membuka Aplikasi yang Disembunyikan di HP Oppo

Setelah tahu cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo, ada cara membuka aplikasi tersebut. Cara membuka aplikasi yang disembunyikan di HP Oppo juga sangat mudah. Kalian hanya perlu memasukkan nomor akses yang sudah dibuat untuk menyembunyikan aplikasi. Nah berikut cara membuka aplikasi yang disembunyikan di HP Oppo.

- Pertama buka menu Telepon di ponsel kalian.

- Lalu tekan nomor akses yang sudah dibuat untuk menyembunyikan aplikasi, contohnya #23923238#.

- Setelah itu akan muncul folder berisi aplikasi yang sudah kalian sembunyikan.

- Maka otomatis aplikasi dapat muncul kembali pada layar ponsel kalian.

Itulah cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo dengan mudah tanpa perlu menghapusnya. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu menyembunyikan aplikasi di ponsel.

Sumber: support.oppo.com, shopback.co.id

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI