Arti Cashback dan Jenis-Jenisnya,Ketahui Pula Bedanya dengan Diskon

Rabu, 15 Desember 2021 22:44 Penulis: Dhia Amira
Arti Cashback dan Jenis-Jenisnya,Ketahui Pula Bedanya dengan Diskon
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Belanja online saat ini sudah menjadi salah satu pilihan banyak orang. Baik itu belanja online dalam satu wilayah hingga ada pula yang belanja online sampai ke luar negeri. Dalam kegiatan belanja online, juga ada banyak sekali istilah yang digunakan salah satunya cashback. Namun apa sih arti cashback itu?

Ya, cashback merupakan salah satu ungkapan yang banyak kita kenal saat melakukan transaksi belanja online. Baik itu transaksi untuk pembelanjaan barang hingga melakukan transaksi untuk makanan. Arti cashback sendiri hadiah uang tunai atau bisa berupa poin yang diberikan oleh suatu perusahaan setelah seseorang melakukan pembelian barang atau jasa di perusahaan tersebut.

Mirip seperti potongan atau diskon, namun memiliki arti yang sedikit berbeda. Nah, bagi KLovers yang penasaran dengan arti cashback, maka berikut ini pengertian arti cashback beserta dengan jenis dan perbedaannya dengan diskon. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Cashback

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika cashback merupakan hadiah uang tunai atau bisa berupa poin yang diberikan oleh suatu perusahaan setelah seseorang melakukan pembelian barang atau jasa di perusahaan tersebut. Istilah cashback sering ditemukan saat bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit. Ketika pengguna melakukan transaksi dengan kartu kredit yang dimilikinya, dia akan mendapatkan hadiah poin sebesar sekian persen.

Namun saat ini cashback bukan hanya bisa ditemukan dalam transaksi kartu kredit saja, namun juga bisa dilakukan dalam melakukan transaksi online. Skema cashback kian hari juga semakin populer. Banyak pelaku industri digital menawarkan cashback untuk setiap pembelian barang atau jasa. Hal ini tentunya memberikan banyak keuntungan terutama pada sisi konsumen. Sehingga banyak yang melakukan pembelian bila ada cashback-nya.

Kebanyakan promosi cashback saat ini yang ada saat ini biasanya tidak benar-benar berupa pengembalian uang tunai langsung ke tangan pembeli. Pihak penjual biasanya memberikan cashback ke dalam bentuk deposit. Dan cara ini dipakai agar pembeli di lain waktu akan melakukan pembelian kembali menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberikan promo cashback.

2. Jenis-Jenis Cashback

Setelah mengetahui apa arti cashback, kalian juga perlu tahu nih jenis-jenis cashback yang bisa kalian gunakan dengan mudah. Ya, ada banyak sekali bentuk atau jenis dari cashback yang bisa kalian gunakan dalam berbagai transaksi. Dan berikut ini beberapa jenis-jenis cashback yang mungkin bisa kalian pahami serta kalian gunakan:

1. Cashback Kartu Kredit

Adalah satu program atau strategi dari pihak bank tertentu yang akan memberikan keuntungan berupa pengembalian sejumlah uang jika berhasil melakukan transaksi tertentu atau berhasil mencapai nilai transaksi tertentu.

2. Cashback Kartu Debit

Merupakan jenis cashback yang diberikan setiap bertransaksi menggunakan kartu debit.

3. Cashback Toko Online

Adalah program yang dikeluarkan oleh marketplace atau online shop berupa kupon potongan harga atau sejumlah uang yang bisa dipakai untuk pembelian selanjutnya.

4. Cashback Akomodasi

Adalah Cashback dimana setiap pihak yang melakukan Cashback hanya akan mendapatkan keuntungan yang sedikit, bahkan bisa saja pihak lawan mendapatkan keuntungan yang banyak.

5. Cashback Properti

Cashback properti merupakan cashback yang sejumlah benefit atau keuntungan yang diberikan oleh suatu developer atau pengembang properti jika konsumen mau melakukan pembelian atas properti yang dijual, seperti ruko, rumah, apartemen, dll. Benefit tersebut biasanya berbentuk barang pelengkap properti seperti AC, kulkas, TV, bahkan motor atau mobil.

6. Cashback Reward

Merupakan jenis cashback bukan berupa senilai uang tunai, melainkan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu.

7. Cashback Kolaborasi

Adalah jenis Cashback dimana seluruh pihak yang terlibat menyuarakan pendapat dan keinginannya, sehingga terjalin kolaborasi kepentingan dan keinginan untuk bisa mendapatkan solusi terbaik.

8. Cashback Kendaraan Bermotor

Adalah benefit atau keuntungan yang diberikan oleh perusahaan leasing atas pembelian kendaraan bermotor di perusahaannya. Umumnya benefit yang diberikan adalah barang seperti handphone, laptop, tablet, dll.

9. Cashback Dominasi

Adalah jenis Cashback yang akan menguntungkan salah satu pihak saja dan pihak lainnya tidak banyak mendapatkan keuntungan.

10. Cashback Lose-Lose

Adalah Cashback yang dilakukan untuk tidak melanjutkan konflik atau konflik baru. Jadi, setiap pihak akan memilih untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

3. Perbedaan Cashback dan Diskon

Dan yang terakhir yaitu perbedaan cashback serta diskon. Ya, dipenjelasan sebelumnya, arti cashback adalah hadiah uang tunai atau bisa berupa poin yang diberikan oleh suatu perusahaan setelah seseorang melakukan pembelian barang atau jasa di perusahaan tersebut. Namun apa perbedaannya dengan diskon?

Ya, ada perbedaan antara cashback dan juga diskon. Perbedaan utamanya yaitu, cashback biasanya memberikan keuntungan melalui kredit yang dapat dipakai untuk melakukan pembelanjaan berikutnya. Sedangkan diskon memberi keuntungan dalam bentuk potongan pembayaran langsung, dan konsumen dapat melakukan pembayaran dengan harga yang sudah dipotong.

Selain itu, biasanya hasil cashback hanya bisa digunakan ketika melakukan pembelian di tempat yang sama, yaitu di tempat yang memberikan cashback. Selain itu, cashback umumnya mempunyai waktu yang cukup panjang untuk bisa digunakan oleh konsumennya, yang bisa berlaku untuk beberapa bulan atau tahun.

Lain halnya dengan diskon yang mempunyai masa berlaku yang cukup pendek, mulai dari satu bulan, satu minggu, bahkan ada yang diskon yang berlaku hanya hitungan hari atau hitungan jam. Selain itu, bentuk cashback biasanya sudah ditentukan oleh penyelenggara program cashback, konsumen tidak bisa memilih cashback yang akan mereka terima. Sedangkan diskon sudah jelas bentuknya adalah potongan harga langsung yang harus dibayar oleh konsumen.

Itulah arti cashback yang bisa kalian pahami dalam berbagai sisi. Bukan hanya mengetahui arti cashback saja, namun kalian juga bisa mengetahui jenis-jenis cashback dan juga perbedaannya dengan diskon.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI