Arti Efisien Adalah Tepat, Ketahui Pula Contoh Tindakan dan Cara Mewujudkannya dalam Keseharian

Selasa, 06 Desember 2022 12:11
Arti Efisien Adalah Tepat, Ketahui Pula Contoh Tindakan dan Cara Mewujudkannya dalam Keseharian
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Efisien merupakan kata yang sudah tak asing lagi dalam kehidupan, terutama di dunia pekerjaan. Arti efisien bisa dipahami sebagai kemampuan menjalankan tugas dengan tepat dan cermat.

Namun, untuk mewujudkannya, tak cukup dengan hanya memahami arti efisien saja. Kalian juga perlu contoh yang konkret beserta cara menjalankannya. Dengan begitu, penerapan dalam keseharian jadi lebih mudah dilakukan.

Nah, jika kalian ingin tahu lebih lanjut tentang arti efisien beserta contoh tindakan dan cara mewujudkannya dalam keseharian, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

1. Arti Efisien

Secara singkat, efisien dapat dipahami sebagai tepat dan cermat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti efisien adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya). Selain itu, efisien juga berarti mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat.

Kata efisien sepertinya sudah tidak asing lagi karena sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, kata ini dikaitkan dengan sesuatu yang bisa dicapai sesuai keinginan. Proses mencapai keinginan tersebut diiringi dengan meminimalkan sumber daya yang dikeluarkan untuk menghindari pemborosan.

Biasanya, efisien sering disamakan dengan efektif. Padahal, dua kata ini memiliki pengertian yang berbeda. Efektif bisa diartikan sebagai pekerjaan yang sesuai dengan perencanaan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa suatu pekerjaan yang efektif itu belum tentu efisien dan begitu pula sebaliknya.

Namun, kesadaran untuk menyelaraskan dua hal tersebut dalam bekerja merupakan hal yang penting. Dengan begitu, pekerjaan kalian bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Artinya, proses bisa berjalan sesuai rencana dengan meminimalkan sumber daya yang dikeluarkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

2. Contoh Tindakan Efisien

Setelah memahami arti efisien dan perbedaannya dengan efektif, penting pula bagi kalian untuk mengetahui contoh tindakannya. Hal ini akan memudahkan kalian dalam memahami metode kerja untuk diwujudkan dalam keseharian. Contoh tindakan efisien antara lain:

1. Meminimalkan waktu: Ada suatu pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan dua cara. Cara A akan memakan waktu selama 1 jam dan cara B selama 2 jam. Untuk meraih efisiensi, tentu kalian harus memilih cara A yang lebih sedikit membutuhkan waktu dibanding cara B.

2. Meminimalkan tenaga: Saat mendapatkan tugas, siswa A dan siswa B menempuh jalan berbeda dalam menyelesaikannya. Siswa A memilih pergi ke perpustakaan untuk mencari referensi, sementara siswa B memilih untuk mengaksesnya secara online. Dalam hal ini, langkah siswa B bisa disebut lebih efisien dalam mengerjakan tugas karena tak perlu pergi ke perpustakaan. Bisa dibilang bahwa siswa B mengeluarkan tenaga lebih sedikit.

Jika melihat contoh di atas, memilih langkah yang efisien memang terkesan mudah. Namun, sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya. Artinya, banyak skenario yang bisa ditempuh untuk mewujudkan tindakan yang efisien. Apalagi jika hal tersebut dikaitkan dengan efektivitas, bisa jadi memerlukan perencanaan yang lebih rumit lagi.

 

3. Cara Bekerja Secara Efisien

Seperti yang sudah disebutkan di atas, efisiensi sekilas terlihat sederhana. Namun, sebenarnya cukup sulit diwujudkan. Lalu, bagaimana cara bekerja secara efisien? Nah, dalam hal ini, kalian tak boleh hanya berhenti pada pemahaman arti efisien saja, tapi juga menyimak beberapa tips cara bekerja secara efisien berikut ini.

- Prioritas Kerja

Meski sudah diketahui, membuat prioritas dalam pekerjaan sering kali dilupakan. Padahal, hal ini bisa membuat langkah kalian jauh lebih efisien. Pasalnya, kalian jadi tahu mana yang harus didahulukan dan yang perlu dikesampingkan terlebih dahulu.

Secara umum, pembuatan list prioritas kerja ini bisa diterapkan pada pengaturan keuangan, aktivitas, dan lain sebagainya.

- Bangun Komunikasi yang Baik

Kelancaran komunikasi dalam dunia kerja akan mewujudkan proses yang efisien. Perlu diingat bahwa komunikasi bukan sekadar bertukar informasi, cara berkomunikasi itu sendiri juga tak kalah penting. Kemampuan kalian dalam berkomunikasi akan sangat bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun perusahaan tempat kalian bekerja.

- Atur Waktu Agar Selalu Produktif

Membuat batas atau tengat waktu pada setiap pekerjaan adalah langkah untuk mencapai hasil yang efisien. Kalian juga perlu memberi jeda agar punya ruang untuk melakukan evaluasi sebelum masuk ke pekerjaan selanjutnya.

- Ikuti Jadwal dan Buat Rutinitas

Setelah mengatur waktu, mengikuti jadwal dan menciptakan rutinitas menjadi hal yang tak kalah penting. Punya pengaturan waktu tanpa ditepati hanya akan menjadi omong kosong yang tak bisa membantu pekerjaan jadi lebih efisien.

- Singkirkan Gangguan

Gangguan memang biasa muncul dalam setiap pekerjaan, entah dari dalam maupun luar. Hal itu akan berpengaruh pada kefokusan dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika tak mampu mengatasi atau menyingkirkannya, pekerjaan bisa jadi terbengkalai. Cita-cita untuk bekerja secara efisien pun tak akan tercapai.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti efisien beserta contoh tindakan dan cara mewujudkannya dalam keseharian.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI