Penjelasan Arti Can pada Bahasa Inggris, Ketahui Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Rabu, 11 Mei 2022 16:22 Penulis: Puput Saputro
Penjelasan Arti Can pada Bahasa Inggris, Ketahui Contoh Penggunaannya dalam Kalimat
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Bahasa Inggris sudah kita pelajari sejak bangku sekolah dasar. Tak heran, jika kemudian ada beberapa kosakata bahasa Inggris yang kita rasa sudah cukup familiar. Kata can adalah salah satunya. Kata can biasa kita jumpai dalam berbagai kalimat bahasa Inggris, seperti pada buku, lirik lagu, dialog film, hingga percakapan sehari-hari. Lantas, apa arti can yang sebenarnya?

Kendati sudah cukup populer dan familiar, kenyataannya masih banyak orang yang belum paham betul dengan arti can. Padahal jika diperhatikan secara seksama, kata can yang sering kali kita temukan di keseharian, seolah jadi pertanda, bahwa can merupakan salah satu kata penting dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting untuk tahu dan paham arti dari kata can.

Nah, untuk mengetahui apa arti can dan cara penggunaannya dalam kalimat, langsung saja simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Penjelasan Arti Can Menurut Kamus

Seperti yang telah disinggung di awal, can merupakan satu kata yang cukup umum dan penting dalam bahasa Inggris. Dilansir dari kamus online dictionary.cambridge.com, dalam bahasa Inggris kata can termasuk dalam kata kerja modal (modal verb).

Lebih lanjut dalam dictionary.cambridge.com, dijelaskan juga bahwa arti can adalah modal verb yang menyatakan kesanggupan atau ability. Sehingga, secara umum bisa dikatakan bahwa dalam bahasa Indonesia, arti can kurang lebih sejajar dengan kata 'bisa' atau 'dapat'.

Namun tak sekadar itu, arti can dalam bahasa Inggris ternyata mempunyai beberapa makna. Adapun pemaknaan dari kata can tersebut sangat tergantung pada konteks kalimat yang meliputi. Maka untuk memahami arti can dalam suatu kalimat bahasa Inggris, kita juga perlu memahami maksud kalimat tersebut secara utuh. Berikut beberapa arti can menurut konteks:

1. Menyatakan kesanggupan

2. Menyatakan perizinan

3. Menyatakan permohonan

4. Menyatakan suatu penawaran bantuan secara halus atau sopan

5. Menyatakan suatu kemungkinan

 

2. Contoh Penggunaan Can sesuai Konteks

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kata can mempunyai beberapa arti dan makna yang berdasarkan konteks. Oleh karena itu, memahami arti can tak akan cukup hanya dengan membaca kamus. Agar lebih memahaminya, kalian juga perlu mengetahui contoh penggunaan kata can yang sesuai dengan konteks.

Berikut beberapa contoh penggunaan kata can dalam kalimat bahasa Inggris di berbagai konteks.

1. Menyatakan kesanggupan

- The doctors are doing all that they can, but she's still not breathing properly. (Para dokter melakukan semua yang mereka bisa, tetapi dia masih belum bernapas dengan benar.)

- She can speak four languages. (Dia bisa berbicara empat bahasa.)

- Can you drive? (Bisakah kamu mengemudi?)

2. Menyatakan perizinan

- You can have a piece of cake after you've eaten your vegetables! (Jika kau terus bersikap buruk pada adikmu, Sophie, kau bisa tidur saja!)

- She can come whenever she likes, as far as I'm concerned. (Dia bisa datang kapan saja dia suka , sejauh yang saya tahu.)

3. Menyatakan permohonan atau permintaan

- Can you make a little less noise, please? I'm trying to work. (Bisakah Anda mengurangi kebisingan ? saya sedang berusaha untuk bekerja.)

- If you see Brett, can you tell him I'm in town next weekend? (Jika Anda melihat Brett, dapatkah Anda memberi tahu dia bahwa saya ada di kota akhir pekan depan?)

4. Menyatakan suatu penawaran bantuan secara halus atau sopan

- Can I help you with those bags? (Bisakah saya membantu Anda dengan tas-tas itu?

- What a lot of bags! Can I carry something for you? (Betapa banyak tas itu! Bisakah saya membawakannya?)

- You look lost, can I help you? (Anda terlihat tersesat, ada yang bisa saya bantu ?)

5. Menyatakan suatu kemungkinan

- You can get very nasty skin diseases from bathing in dirty water. (Anda bisa mendapatkan penyakit kulit yang sangat jahat dari mandi di air kotor.)

- Noise can be quite a problem when you're living in a flat. (Kebisingan bisa menjadi masalah saat Anda tinggal di apartemen.)

 

3. Arti Can Lainnya

Selain sebagai kata kerja modal (modal verb), dalam bahasa Inggris kata can ternyata juga mempunyai arti lain sebagai kata benda (noun). Dilansir dari kamus online dictionary.cambridge.com, sebagai kata benda, arti can dijelaskan dalam pengertian 'a closed metal container, especially cylinder-shaped, in which some types of drink and food are sold'.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jika disederhanakan arti lain dari can dalam bahasa Inggris adalah kaleng tempat makanan atau minuman kemasan. Berikut beberapa contoh kalimat bahasa Inggris dengan kata can yang berarti kaleng.

- You'll need a can of tuna for this recipe. (Anda membutuhkan sekaleng tuna untuk resep ini.)

Itulah di antaranya penjelasan arti can dalam bahasa Inggris sebagai kata kerja modal dan kata benda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI