Arti Lambang Pramuka: Penjelasan, Makna, Hingga Sejarahnya

Jum'at, 17 Juni 2022 11:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Lambang Pramuka: Penjelasan, Makna, Hingga Sejarahnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Pramuka menjadi sebuah gerakan pemuda yang sudah ada sejak lama di Indonesia. Bahkan, seragam pramuka masuk ke dalam seragam wajib yang ada di sekolah Indonesia. Namun, apakah KLovers mengetahui apa arti lambang pramuka itu?

Ya, bagi KLovers yang ingin mengetahui tentang penjelasan arti lambang pramuka, maka bisa membaca artikel ini. Bukan hanya mengetahui arti lambang pramuka saja, namun KLovers juga bisa mengetahui sejarah pramuka dan makna dari lambang pramuka itu sendiri.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, maka berikut ini arti lambang pramuka, beserta makna hingga sejarah dari pramuka di Indonesia.

 

1. Sejarah Pramuka di Indonesia

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Krana yang berarti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya dilakukan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) diketuai oleh Presiden Ir. Soekarno pada 14 Agustus tahun 1961 beserta jajaran tokoh kepramukaan lainnya yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Pramuka Nasional setiap tanggal 14 Agustus.

Awal Gerakan Pramuka di Indonesia diketahui dimulai pada tahun 1912. Melansir dari laman Museum Sumpah Pemuda, Organisasi Pramuka di Indonesia pertama kali muncul setelah cabang milik Belanda yang Bernama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) tahun 1912 berubah nama menjadi Nederlandas Indische Padvinders Vereniging (NIVP) 1916.

Kemudian pada tahun yang tersebut, Indonesia juga membentuk Organisasi Kepanduan pertama yang Bernama Javansche Padvinder Organisatie (JPO). Tak hanya JPO, sejumlah gerakan yang juga serupa juga terbentuk meliputi Hizbul Wathan (HW), JJP (Jong Java Padvinderij), Nationale Padvinders (NP), Nationaal Indonesische Padvinderij (NATIPIJ), Pandoe Pemoeda Sumatra (PPS).

Selanjutnya di tahun 1926 lahirlah INPO (Indonesische Padvinderij Organisatie) yakni organisasi penyatuan dari dua organisasi pandu lainnya. Lalu ada juga Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Banyaknya muncul gerakan nasional lainnya untuk membuat organisasi yang sejenis dibentuklah PAPI (Persaudaraan Antara Pandu Indonesia) 23 Mei 1928 terdiri dari beberapa anggota yakni INPO, SIAP, NATIPIJ, PPS.

Setelah itu, beberapa tahun setelah pembentukan PAPI tebentuklah Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI). Sedangkan di tahun 1938, PAPI akhirnya mengembangkan diri menjadi Badan Pusat persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI).

Namun beberapa kendala muncul setelah 1941 ataupun setelah kemerdekaan RI pada 1945 terkait PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia). Pada akhirnya pemerintah mengupayakan perbaikan dan pembenahan organisasi Kepanduan di tahun 1960 hingga 1961 dengan melibatkan beberapa tokoh hingga mencetuskan istilah Pramuka.

Selain itu, sebagai tindak lanjut dari upaya pemerintah untuk membenahi organisasi Kepanduan yang kini dikenal dengan Pramuka, pada 20 Juli 1961 di Istora Senayan menjadi Hari Ikrar Gerakan Pramuka yang merupakan hasil dari penggabungan sejumlah tokoh Kepanduan Indonesia dengan organisasi gerakan Pramuka.

Sedangkan pada 14 Agustus 1961 dilakukan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) diketuai oleh Presiden Ir. Soekarno, wakil ketua I Sultan HB IX, wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A.Azis Saleh pada 14 Agustus tahun 1961 beserta jajaran tokoh kepramukaan lainnya. Pada saat itu pula Presiden Soekarno menyerahkan panji-panji pramuka kepada para tokoh Pramuka yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Pramuka Nasional setiap tanggal 14 Agustus.

 

2. Arti Lambang Pramuka

Setelah mengetahui sejarah dari Pramuka itu sendiri, KLovers bisa mengetahui apa sih arti lambang pramuka. Ya, pramuka memiliki lambang berupa tunas kelapa atau biasa disebut sebagai nyiur. Jika lambang pramuka internasional adalah bunga lili dengan tiga ujung.

Maka, lambang pramuka Indonesia adalah tunas kelapa yang berwarna cokelat. Keduanya, yaitu lambang gerakan pramuka internasional dan nasional sama-sama terpasang pada seragam pramuka. Lambang gerakan pramuka Indonesia ini diciptakan oleh Soenardjo Atmodipurwo, seorang pegawai di Departemen Pertanian pada 1961.

Dan apa sih arti lambang pramuka Indonesia tersebut? Ya, lambang ini mengartikan di mana tunas kelapa dilambangkan seperti anggota Pramuka yang menjadi tunas bagi bangsa. Selain itu dengan lambang tunas kelapa diharapkan dapat berguna dan memberi banyak manfaat bagi sesama dan bangsa Indonesia sendiri.

 

3. Makna Lambang Pramuka

Bukan hanya arti lambang pramuka saja, KLovers juga perlu tahu bahwa lambang pramuka Indonesia ini memiliki makna. Ya, ada 6 makna yang bisa KLovers ketahui dalam lambang pramuka. Berikut ini makna arti lambang pramuka Indonesia.

1. Menjadi Cikal atau Awal

Buah nyiur jika dalam keadaan sedang bertunas dinamakan cikal. Cikal ini juga bisa berarti sebagai pemula atau pertama dalam menurunkan generasi. Dan ini memaknai gerakan pramuka memilih tunas kelapa karena dari gerakan pramuka terbentuklah generasi baru. Sehingga, menjelaskan setiap anggota pramuka adalah inti kelangsungan hidup dari bangsa Indonesia.

2. Dapat Tumbuh di Mana Saja

Nyiur atau tunas kelapa diketahui dapat tumbuh di makan saja. Dan hal ini menjadi makna bahwa, setiap anggota pramuka bisa menghadapi masalah dan mampu menyesuaikan diri di mana ia berada. Oleh karena itu, anggota pramuka bisa diandalkan dan mampu membaur dengan masyarakat.

3. Tumbuh Tinggi

Tunas kelapa juga berdasarkan pada karakteristik pohon kelapa. Pohon kelapa mempunyai karakter sebagai pohon yang tumbuh menjulang lurus ke atas dan bisa tumbuh tinggi. Hal ini dapat memberi makna kalau setiap anggota pramuka mempunyai cita-cita yang lurus dan tinggi, tidak mudah goyah dari hal lain, dan mempunyai sikap mulia serta jujur.

4. Kemampuan Bertahan

Selain itu, pemilihan tunas kelapa atau nyiur disebabkan juga dari daya tahan buah kelapa atau nyiur. Buah kelapa ternyata bisa bertahan dalam keadaan lebih lama dan dalam keadaan apapun. lambang pramuka ini dimaknai kalau setiap anggota pramuka adalah seseorang yang sehat, kuat, dan besar tekadnya untuk menghadapi tantangan serta ujian. Dan dapat mengabdi pada tanah air tercinta, negara Indonesia.

5. Kuat Menancap Tanah

Akar kelapa atau nyiur tumbuh kuat di dalam tanah. Sehingga, akar kelapa bisa melambangkan keinginan dan keyakinan kuat setiap anggota pramuka. Tentunya, keinginan dan keyakinan tersebut harus didasarkan pada hal baik, kuat, benar, dan nyata.

6. Tumbuhan Serba Guna

Terakhir, tunas kelapa atau nyiur bisa menjadi tumbuhan serba guna. Pohon kelapa dari akar sampai buahnya bisa dimanfaatkan oleh manusia, sehingga dapat diartikan bahwa setiap anggota pramuka adalah manusia yang berguna, bisa diandalkan, dan membuktikan dirinya berbakti pada tanah air, bangsa, negara, serta kepada seluruh manusia.

Itulah arti lambang pramuka yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui arti lambang pramuka saja, namun KLovers juga bisa mengetahui makna lambang pramuka dan juga sejarah dari berdirinya pramuka Indonesia.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI