Cara Jual Foto di Internet Bagi Fotografer, Ketahui Pula Kriteria dan Aplikasinya

Kamis, 16 Juni 2022 11:22
Cara Jual Foto di Internet Bagi Fotografer, Ketahui Pula Kriteria dan Aplikasinya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Semakin maju teknologi, semakin mudah pula berbagai urusan manusia, termasuk urusan soal penghasilan. Misalnya, seiring berjalannya waktu, para fotografer jadi lebih mudah menjual hasil karya melalui berbagai platform yang tersedia. Ada beberapa cara jual foto di internet yang bisa kalian pelajari jika ingin mencobanya.

Kalian tak perlu khawatir karena cara jual foto di internet ini juga tidak terlalu sulit. Pada awalnya, mungkin kalian akan merasa sedikit bingung. Namun, jika sudah terbiasa, kalian akan merasakan kemudahan dalam mendapatkan penghasilan.

Nah, jika kalian benar-benar ingin mulai belajar cara jual foto di internet, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

 

1. Cara Jual Foto di Internet

Mengetahui tata cara jual foto di internet saja tidak cukup bagi seseorang yang ingin mendapatkan penghasilan dari karyanya. Sebelum itu, kalian perlu mempelajari tahap-tahap untuk menghasilkan foto dengan kualitas baik agar peluang diterima lebih besar. Jika kalian tertarik untuk mempelajarinya, silakan langsung simak penjelasan berikut ini.

1. Tentukan Niche Fotografi

Sebagai seorang fotografer, kalian harus punya spesialisasi atau niche untuk menarik calon pelanggan. Namun, jika kalian belum menentukan, cobalah untuk melakukan eksperimen. Kalian bisa mencoba berbagai gaya fotografi atau melakukan penelusuran keyword untuk menganalisis volume pencarian. Secara umum, kalian bisa memotret orang atau gaya candid sebagai gaya yang dianggap paling laku.

2. Jangkau Audiens

Sebagaimana menjual dagangan secara fisik, kalian juga perlu memperluas jangkauan audiens untuk menghasilkan prospek yang lebih baik. Kalian bisa mulai merapikan feed atau time line di media sosial untuk menunjukkan profesionalitas.

Selain itu, kalian juga bisa membuat profil baru untuk memajang karya. Jangan lupa untuk menggunakan hastag untuk meningkatkan visibilitas. Soal media, kalian bisa membuatnya di berbagai tempat, seperti Instagram, Facebook, Tumblr, Pinterest, Twitter, dan LinkedIn.

 

 

2. Kriteria Foto

Setelah mengikuti tata cara di atas, kalian juga perlu mengetahui kriteria foto yang sesuai. Pengetahuan ini akan melengkapi informasi mengenai tata cara jual foto di internet di atas.

1. Jenis File dan Resolusi Harus Sesuai

Hal penting yang perlu kalian perhatikan saat ingin menjual foto adalah kesesuaian jenis file dan resolusi. Sebagai contoh, platform Shutterstock punya ketentuan bahwa foto yang diunggah pengguna harus memiliki resolusi minimal 4 megapixel. Untuk jenis file, platform ini punya syarat berupa format jepeg, vector, dan eps. Sementara untuk file vector, pengguna harus mengunggah file .eps saja.

2. Kualitas Foto Baik

Kualitas foto yang akan dijual juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Artinya, kalian perlu memperhatikan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kualitas, antara lain pencahayaan, fokus foto, hingga noise yang dihasilkan. Semakin baik kualitas, semakin besar peluang foto akan diterima.

3. Pastikan Legalitas Karya

Menjual foto online juga perlu memikirkan soal legalitas karya. Hal ini perlu dilakukan agar kalian bisa menjual foto dengan aman. Perlu kalian ketahui bahwa semua gambar akan memiliki hak cipta saat dipublikasikan. Meski begitu, kalian bisa menentukan konteks penggunaan gambar tersebut.

 

 

3. Platform untuk Menjual Foto di Internet

Setelah menemukan ketertarikan gaya dalam fotografi, kalian perlu menentukan platform untuk menjual foto tersebut. Berikut ini terdapat beberapa platform yang bisa kalian pilih.

- Fotolia.com

Fotolia.com menawarkan rentang keuntungan 20-62 persen berdasarkan harga jual. Semakin banyak orang membeli foto, harganya pun akan semakin tinggi. Pembayaran lewat Moneybookers atau PayPal.

- Redbubble.com

Perhitungan keuntungan di Redbubble.com terhitung lebih fleksibel. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan PayPal.

- Shutterstock.com

Rentang keuntungan yang ditawarkan platform ini berkisar antara 20-30 persen. Kalian akan dibayar tiap bulan bila mendapat hasil minimum, yaitu 75 dolar AS.

- DemandMedia.com

Selain menjual foto, kalian juga bisa mendapatkan tawaran pekerjaan dari DemandMedia.com dua kali selama seminggu. Syaratnya adalah foto yang kalian hasilkan haruslah eksklusif.

- Dreamstime.com

Dreamstime.com menawarkan keuntungan yang berkisar antara 20-60 persen dari hasil penjualan. Selain keuntungan materi, kalian juga bisa mendapatkan komunitas yang aktif berdiskusi.

- FreeDigitalPhotos.net

Melalui FreeDigitalPhotos.net, kalian bisa mendapatkan 70 persen dari harga jual. Pembayaran dilakukan via PayPal dengan minimum nominal 10 dolar AS.

- iStockphoto.com

Melalui iStockphoto.com, kontributor akan mendapatkan 15 persen keuntungan dari harga unduhan. Kalau statusnya eksklusif, bisa mendapatkan sampai 22-45 persen. Untuk pembayaran, kalian bisa minta dua kali dalam seminggu melalui PayPal, Moneybookers, atau Payoneer.

- Bigstockphoto.com

Kalian bisa memperoleh pendapatan sampai 30 persen dari setiap penjualan dengan ditambah royalti 0,38 dolar AS tiap ada yang berlangganan. Bayaran bisa diperoleh dari cek, PayPal, atau Moneybookers.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai tata cara jual foto di internet yang bisa kalian ikuti dengan mudah.

 

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI