Arti Mafia Menurut KBBI dan Sejarahnya, Ketahui Istilah Lain dalam Dunia Kejahatan

Jum'at, 26 November 2021 13:55
Arti Mafia Menurut KBBI dan Sejarahnya, Ketahui Istilah Lain dalam Dunia Kejahatan
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Berbagai tindak kejahatan dan kriminalitas tentu tidak dibenarkan. Salah satunya muncul istilah mafia yang mengarah pada suatu tindak kejahatan serta kriminalitas. Lalu sudah tahukah apa arti mafia?

Arti mafia berasal dari bahasa Italia. Begitu juga dengan sejarah mafia yang bermula dari salah satu nama kelompok mafia di Italia. Arti mafia memang berkaitan dengan kelompok orang terlibat dalam kejahatan atau tindak kriminal.

Beberapa perilaku kejahatan dan kriminalitas yang dilakukan seorang mafia misalnya saja perampasan, pembunuhan, penyelundupan senjata, perdagangan narkoba dan obat terlarang, prostitusi dan lain sebagainya.

Ada beberapa kelompok mafia yang terkenal di dunia paling ditakuti bahkan melegenda. Adapun penjelasan lengkapnya tentang arti mafia dan sejarahnya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut arti mafia telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Mafia di KBBI

Arti mafia seringkali memiliki konotasi yang negatif. Sebab, arti mafia merujuk pada tindak kejahatan dan kriminalitas. Tidak heran kalau mendengar kata mafia langsung tertuju pada sebutan seorang pelaku kejahatan dan kriminalitas. Sedangkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti mafia terkait dengan dunia kejahatan.

Melansir dari KBBI versi online, arti mafia adalah perkumpulan rahasia yang bergerak di bidang kejahatan atau dikenal dengan kriminal. Jika disimpulkan, maka arti mafia digunakan untuk menyebut seseorang yang terlibat dalam tindak kriminal atau kejahatan. Sementara jika merujuk pada perkumpulan atau kelompok mafia, anggotanya disebut dengan mafioso. Arti anggota mafia tersebut yakni pria terhormat. Selain itu arti mafia berasal dari bahasa Italia yakni Morte Ala Francia Italia Anela. Arti mafia dari singkatan tersebut adalah Kematian Bagi Perancis adalah Italia.

Sedangkan setiap negara memiliki hukum tersendiri untuk menindak para pelaku kejahatan termasuk seorang mafia. Pasalnya mafia seringkali melakukan tindakan yang bisa dibilang berlawanan dengan hukum. Misalnya saja merampas, membunuh, penjualan barang haram serta illegal, dan seterusnya.

Beberapa kasus yang disebabkan seorang mafia bahkan cukup meresahkan publik. Dunia internasional bahkan mengenal sejumlah nama mafia yang dikenal sangat kejam serta bengis. Itulah arti mafia di KBBI yang terkait dengan tindak kejahatan dan kriminalitas.

2. Sejarah Istilah Mafia

Setelah tahu apa arti mafia, kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana sejarah istilah ini muncul. Seperti diketahui sebuah istilah dan nama digunakan tentu memiliki latar belakang, sejarah, atau alasan yang mendasari. Berkaitan dengan istilah mafia, hal ini juga tak lepas dari sejarahnya yang berasal dari nama panggilan sebuah organisasi rahasia.

Melansir dari sejumlah sumber, disebutkan bahwa istilah mafia ada sejak abad pertengahan. Nama ini digunakan oleh kelompok orang Sisilia dengan tujuannya yakni perlindungan illegal, pengorganisasian kejahatan, menangani perselisihan antar kriminal, ataupun penegakan hukum sendiri. Awalnya istilah mafia sebenarnya digunakan untuk sejumlah orang yang kurang percaya terhadap kekuasaan yang berlaku saat itu.

Sayangnya istilah mafia mengalami pergeseran makna yang kini memiliki konotasi negatif. Ini terjadi pada abad ke-19 ketika keadaan di Sisilia semakin memburuk dengan tingkat kriminalitas yang meningkat karena mafia. Akhirnya beberapa kelompok mafia lainnya juga berkembang di wilayah Italia terutama bagian selatan. Dari wilayah tersebut pula dikenal sejumlah kelompok mafia yang banyak ditakuti salah satunya yakni La Cosa Nostra.

Akan tetapi mafia tak hanya dikenal di wilayah Italia, melainkan juga berbagai negara menggunakan istilah mafia merujuk pada kelompok tindak kejahatan dan kriminalitas. Itulah sejarah singkat munculnya istilah mafia.

3. Mafia Dunia yang Melegenda

Setelah tahu arti mafia dan sejarah singkatnya, ada beberapa kelompok mafia yang dikenal melegenda bahkan ditakuti. Kelompok mafia dunia ini tak hanya berasal dari Italia, awal istilah tersebut digunakan. Melainkan ada sejumlah mafia dunia berasal dari berbagai negara baik Eropa ataupun Asia yang cukup melegenda dan paling ditakuti, adapun beberapa mafia dunia yang melegenda sebagai berikut.

1. La Cosa Nostra

Kelompok mafia La Cosa Nostra menjadi salah satu yang paling ditakuti dan kejam di Italia yakni Sisilia. La Cosa Nostra bisa dibilang jadi kelompok melegenda di dunia mafia. Bahkan kelompok ini juga mengembangkan basisnya hingga Amerika. Melansir dari bbc.com, kelompok ini memiliki sumpah yakni omerta. Di mana aturannya adalah tentang kesetiaan, kewajiban menjaga rahasia. Sedangkan bagi yang berkhianat maka hukumannya adalah siksa, dibunuh, bahkan berdampak pada keluarga juga. Kelompok mafia ini juga telah masuk ke bidang politik yang membuat mereka semakin berkuasa.

2. Yakuza

Kelompok mafia Yakuza berasal dari jepang. Mafia ini juga termasuk yang paling ditakuti di dunia dengan berbagai tindak kejahatan dan kriminalitas mereka. Bahkan salah satu pendirinya disebut sangatlah kaya. Kelompok mafia ini tak hanya beraksi di wilayah negaranya saja melainkan juga wilayah internasional dalam tindak kriminalitas ataupun kejahatan seperti pemerasan, penyelundupan senjata, ataupun penjualan narkoba.

3. Kelompok Yardies

Kelompok mafia berikutnya yang melegenda adalah Yardies. Kelompok ini berasal dari Jamaika namun pindah ke Inggris. Tindak kejahatan dan kriminalitas yang dilakukan kelompok mafia Yardies seperti penyelundupan senjata, perdagangan narkoba, obat terlarang ataupun penculikan.

4. Kartel Sinaloa

Kelompok mafia berikutnya adalah Kartel Sinaloa. Mafia ini disebut-sebut ditakuti di wilayah Meksiko. Pemimpinnya pernah ditangkap pihak berwajib namun berhasil lolos. Sementara aktivitas kejahatan dan kriminalitas terbesar adalah perdagangan narkoba dengan pendapatan yang cukup besar. Namun akhirnya pimpinannya yakni Guzman berhasil ditangkap dengan hukum seumur hidup.

Itulah beberapa kelompok mafia yang melegenda. Meski begitu masih ada beberapa kelompok mafia yang tidak disebutkan juga menjadi yang paling ditakuti di dunia seperti Russian Mafia, Kartel Medellin, ataupun Capone.

4. Istilah Lainnya dalam Tindak Kejahatan

Arti mafia kini memiliki konotasi negatif serta terkait dengan tindak kejahatan. Sementara, istilah mafia tersebut juga memiliki beberapa jenis tergantung pada tindak kejahatan yang dilakukan. Di antara istilah lain dalam tindak kejahatan yakni mafia sebagai berikut.

1. Mafia Tanah: Mafia dengan tujuan merebut tanah orang lain dan merampasnya

2. Mafia Peradilan: Tindak pidana korupsi bahkan melibatkan para petinggi negara dan penegak hukum

3. Mafia Sepak Bola: Tindak mafia di bidang sepak bola

4. Cyber Crime: Kejahatan internet

5. Korupsi: Mengambil uang yang bukan haknya

6. Vandalism: Merusak fasilitas umum

7. Hacking: Peretasan jaringan internet

8. Child Abuse: Kekerasan pada anak

9. Perampokan: Merampas harta benda dengan senjata.

10. Kidnap: Penculikan

11. Kejahatan Genosida: Menghancurkan, memusnahkan suatu kelompok baik suku, agama, ras, bangsa.

Itulah arti mafia dan sejarah singkat istilah tersebut bermula. Beberapa penjelasan tentang arti mafia di atas semoga bisa dijadikan referensi memahami makna dan artinya.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI