Arti PPKN: Pengertian Secara Umum, Tujuan Hingga Kurikulum dari Masa ke Masa

Jum'at, 26 November 2021 10:11 Penulis: Dhia Amira
Arti PPKN: Pengertian Secara Umum, Tujuan Hingga Kurikulum dari Masa ke Masa
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - PPKN merupakan salah satu mata pelajaran yang biasa diajarkan baik pada jenjang dasar, sekolah menengah, ataupun pada jenjang perguruan tinggi. Arti PPKN ialah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. PPKN menjadi salah satu pelajaran penting dan utama yang harus dipelajari oleh seluruh siswa di Indonesia.

Pelajaran PPKN ini diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Selain mengetahui arti PPKN, kalian juga perlu mengetahui tujuan dari pelajaran PPKN ini. Selain untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air, masih banyak lagi tujuan pelajaran PPKN yang ada di setiap kurikulum pelajaran.

Untuk KLovers yang ingin memahami arti PPKN, maka berikut ini dilansir dari berbagai sumber, arti PPKN beserta dengan tujuan adanya mata pelajaran ini, dan materi dari masa ke masa. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian PPKN

Arti PPKN secara umum menjelaskan tentang tatanan kehidupan warga negara sehari-hari yang diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. PPKN termasuk mata pelajaran yang senantiasa diajarkan kepada para pelajar mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Hal tersebut pada dasarnya telah diatur di dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam aturan tersebut, PPKN wajib diajarkan dalam kurikulum pendidikan dengan tujuan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan nasionalisme sesuai nilai Pancasila dan UUD 1945.

2. Tujuan Adanya PPKN

Selain mengetahui arti PPKN, kalian juga perlu mengetahui pentingnya tujuan adanya pelajaran PPKN. Ada banyak sekali tujuan adanya pelajaran PPKN, dan berikut ini tujuan adanya pelajaran PPKN tersebut:

1. Menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

2. Menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan.

3. Membantu memahami arti sebenarnya dari Pancasila.

4. Menanamkan rasa cinta tanah air dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa.

5. Membantu menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

6. Membantu berperilaku sesuai moril nilai Pancasila.

7. Para generasi muda diharapkan memiliki kesadaran penuh akan demokrasi dan HAM.

8. Membantu warga negara mengamalkan Pancasila dalam berbagai situasi dan kondisi.

9. Mendorong warga negara berperilaku dengan baik, bermoral, dan bermartabat.

10. Memberikan kontribusi dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa, seperti konflik dan kekerasan.

3. Materi PPKN dari Masa ke Masa

Ternyata materi PPKN juga memiliki perbedaan dari masa ke masa. Pelajaran ini sudah ada sejak jaman 1984 dan terus berkembang dari masa ke masa. Berikut ini beberapa materi PPKN dari masa ke masa tersebut:

1. PMP tahun 1984

Berisi materi dan pengalaman belajar mengenai P4 yang mengajarkan pelajaran moral yang berdasar Pancasila. Jadi, nilai-nilai yang terkandung dalam PMP berdasarkan pada Pancasila yang dijadikan acuan tunggal.

2. PPKN tahun 1994

Berisi materi dan pengalaman belajar yang diorganisasikan secara spiral atau artikulatif atas dasar butir-butir nilai yang secara konseptual terkandung dalam Pancasila. Jadi, konsep nilai-nilai terkandung pada Pancasila dengan pengorganisasian secara spiral/artikulatif.

3. PKN tahun 2006

Memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Jadi, nilai-nilai yang terkandung bersumber dari UUD 1945 dan Pancasila.

4. PPKN tahun 2013

Mempunyai ruang lingkup materi yang bersumber pada 4 Pilar Kebangsaan (UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI ). Nilai yang terkandung dalam mata pelajaran ini sangat bagus jika ditinjau dari ruang lingkupnya dan bisa dibilang sebagai mata pelajaran yang hampir sempurna. Jadi, nilai-nilai didapat dari 4 pilar kebangsaan tersebut.

Itulah arti PPKN beserta dengan pengertian dan tujuan adanya PPKN. Semoga dengan mengetahui pengertian PPKN ini bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk kalian semua.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI