Arti Partner, Makna, Beserta Tips Menjaga Hubungan Tetap Harmonis

Jum'at, 26 November 2021 12:33
Arti Partner, Makna, Beserta Tips Menjaga Hubungan Tetap Harmonis
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Partner sering kali diartikan sebagai pasangan dalam sebuah hubungan. Namun, arti partner sebenarnya tak sesederhana itu. Terdapat berbagai makna yang bergantung pada konteks hubungan.

Arti partner dalam hubungan romantis tentu berbeda dengan hubungan profesional. Namun, konsep kesalingan tentu penting dalam setiap hubungan. Oleh karena itu, kalian perlu memahami setiap hak dan kewajiban partner dalam hubungan.

Agar kalian bisa lebih memahaminya, silakan simak informasi berikut ini. Berisi informasi mengenai arti partner, makna di setiap hubungan, serta tips dalam menjaga keharmonisan, informasi ini akan berguna bagi kalian dalam bersosial.

1. Arti Partner

"Partner" merupakan istilah dari bahasa Inggris yang cukup sering digunakan oleh para penutur bahasa Indonesia. Arti partner menurut Oxford Languages adalah salah satu orang dalam sebuah pasangan yang menjalankan aktivitas bersama. Arti kedua yaitu salah satu orang dalam pasangan pernikahan atau pasangan yang sudah mapan meski belum menikah.

Pendeknya, partner merupakan orang yang saling melengkapi dalam sebuah hubungan. Bisa dalam hubungan asmara, tugas, maupun pekerjaan. Jika kalian terlibat dalam suatu hubungan yang mengharuskan untuk saling melengkapi, berarti kalian merupakan partner.

Sebenarnya, partner merupakan kata baku dalam bahasa Indonesia. Kalian bisa memeriksa arti partner dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, partner adalah orang (badan usaha dan sebagainya) dari dua pihak yang berbeda yang bekerja sama karena saling membutuhkan atau melengkapi (dalam suatu kegiatan, usaha dagang, dan sebagainya); mitra; pasangan.

2. Makna Partner Berbagai Jenis Hubungan

Seperti yang kalian ketahui, ada begitu banyak arti partner dalam penjelasan di atas. Dalam sebuah hubungan, para anggotanya bisa disebut sebagai partner. Untuk memahaminya, kalian perlu mengetahui makna partner dalam berbagai jenis hubungan. Melansir dari laman SehatQ, terdapat berbagai jenis hubungan yang bisa kalian simak dalam penjelasan berikut ini.

1. Hubungan keluarga

Hubungan keluarga merupakan jenis hubungan yang pertama kali dimiliki oleh setiap individu. Pasalnya, hubungan ini dibangun oleh orang-orang yang punya hubungan darah yang biasanya diawali dengan pernikahan. Orang yang bisa dikatakan partner dalam hubungan ini biasanya menempati posisi sebagai suami, istri, anak, orangtua, kakak, adik, nenek, kakek, dan seterusnya.

2. Hubungan romantis

Hubungan romantis bisa terbangun saat timbul ketertarikan, gairah, kepercayaan, dan rasa saling menghormati. Biasanya, masing-masing partner dalam hubungan ini akan saling mengikat diri dengan komitmen. Hubungan ini akan bertahan selama masing-masing partner bisa saling berkompromi dan membalas perasaan.

3. Hubungan persahabatan

Hubungan persahabatan terbangun atas kenyamanan dari masing-masing partner. Kalian bisa menjalin hubungan tanpa syarat alias bisa terlibat begitu saja atas kemauan sendiri. Tak ada formalitas dalam hubungan ini.

Ketika menemukan kecocokan dan mempunyai rasa peduli satu sama lain, hubungan ini bisa terjalin dan lebih intim dari sekadar teman atau kenalan. Bahkan, bagi beberapa orang, hubungan persahabatan ini terkesan lebih berharga dari hubungan keluarga atau romantis yang kurang harmonis.

4. Hubungan kerja (profesional)

Partner dalam hubungan kerja atau profesional ini biasanya punya sebutan lain, seperti kolega atau rekan kerja. Kalian akan menjalin hubungan ini ketika harus menjalankan aktivitas bersama dalam organisasi atau tugas di kantor. Kalian bisa berhubungan karena punya tujuan yang sama, yaitu menyelesaikan tugas yang harus diselesaikan.

5. Hubungan platonik

Hubungan platonik adalah hubungan yang terbangun tanpa adanya keintiman atau ketertarikan mendalam satu sama lain. Hubungan ini terjalin dengan kenalan atau teman tanpa ada ketertarikan lebih.

Namun, hubungan ini bisa berkembang menjadi lebih intim jika ada faktor pendukung yang menimbulkan ketertarikan. Jika pada awalnya hanya kenalan, bisa berkembang menjadi partner dalam persahabatan atau hubungan romantis.

3. Tips Menjaga Hubungan Agar Harmonis

Setelah mengetahui arti partner beserta berbagai maknanya dalam hubungan, kalian juga perlu mengetahui cara untuk mempertahankan keharmonisan. Keharmonisan adalah perihal (keadaan) harmonis; keselarasan; keserasian. Hal itu perlu dijaga oleh setiap partner agar hubungan tetap berjalan dengan baik. Beberapa tips yang bisa kalian terapkan, antara lain:

- Bersikap saling terbuka satu sama lain

Sikap terbuka ini penting untuk diterapkan dalam berbagai hubungan, entah itu romantis, profesional, atau keluarga. Namun, tak berlaku pada hubungan platonik. Sikap saling terbuka bisa menumbuhkan rasa saling percaya. Dengan begitu, hubungan pun akan makin erat.

- Lakukan evaluasi hubungan secara berkala

Evaluasi perlu dilakukan dalam hubungan. Tak perlu bersifat formal, terutama dalam hubungan keluarga, romantis, dan persahabatan. Kalian bisa melakukannya dengan lebih santai. Dalam urusan pekerjaan atau profesional, tentu hal ini sangat diperlukan demi kelancaran suatu proyek.

- Jangan ragu mengakui kesalahan dan meminta maaf pada partner

Dalam setiap hubungan, meminta maaf saat membuat kesalahan merupakan hal yang harus dilakukan.

- Berusaha mengendalikan diri saat terjadi masalah atau terlibat pertengkaran

Mengendalikan emosi memang hal yang sulit. Namun, hal ini sangat diperlukan agar hubungan tak mudah berakhir hanya karena kemarahan tak terkendali dari masing-masing partner dalam suatu hubungan.

- Hindari untuk mengungkit masalah sebelumnya

Membahas masalah yang sudah diselesaikan sama saja dengan menciptakan masalah baru. Tuduhan baru pun akan muncul dan membuat hubungan makin memburuk.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti partner, makna di setiap hubungan, serta tips menjaga keharmonisan yang bisa kalian ikuti.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI