Arti Me Beserta Fungsi dan Contoh Kalimatnya

Selasa, 15 Maret 2022 15:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Me Beserta Fungsi dan Contoh Kalimatnya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa Internasional yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata me merupakan sebuah subjek yang ada di dalam bahasa Inggris. Arti me sendiri adalah saya atau aku dalam bahasa Indonesia.

Me selalu digunakan dalam kegiatan sehari-hari, sehingga arti me tidak asing lagi. Nah, selain mengetahui arti me, kalian juga perlu mengetahui penggunaan kata me dengan kata bahasa Inggris yang lainnya. Kemudian, kalian juga bisa mengetahui bagaimana contoh kalimat menggunakan kata me.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui arti me dalam bahasa Inggris, maka berikut ini arti me beserta dengan contoh kalimat me agar kalian bisa memahaminya dengan baik dan tepat.

 

1. Arti Me

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti me adalah aku atau saya dalam bahasa Indonesia. Me sendiri merupakan salah satu subjek yang digunakan dalam bahasa Inggris untuk mengungkapkan objek saya atau aku. Namun, selain me ada pula kata I, My, Mine, dan Myself yang juga memiliki arti saya atau aku.

2. Penggunaan Kata I dan Me

Nah, bagaimana dengan menggunakannya? Ya, arti me dan I sendiri memang memiliki arti yang sama. Namun, tentu KLovers harus mengetahui bagaimana kedua kata ini dalam penggunaannya. Ya, penggunaan kata I dan me sedikit memiliki perbedaannya dalam sebuah kalimat.

Kata I sejatinya hanya digunakan saat kita membicarakan diri kita sebagai subjek. Subjek selalu berada di awal kalimat ya KLovers, sehingga kita tidak akan pernah menemukan kata I ini di akhir kalimat. Sementara Me digunakan sebagai objek, yang umumnya berada di akhir kalimat. Misalnya, I never saw her again dan He went to the party with me.

 

3. Penggunaan Kata My dan Mine

Nah, bagaimana dengan penggunaan kata My dan Mine? Ya, kedua kata ini memang memiliki arti yang serupa dengan Me, sama-sama mengungkapkan saya atau aku. Namun, My dan Mine ini lebih menunjukkan kepemilikan pada suatu objek.

Bedanya My merupakan possessive adjective, sedangkan Mine merupakan possessive pronoun. Sebagaimana adjective lainnya, My harus diikuti oleh sebuah noun, misalkan my book, my car, my house, dan lainnya.

Sedangkan sebagai pronoun, Mine tidaklah perlu diikuti oleh noun di belakangnya. Misalnya, That book is mine dan I eat from my plate.

 

4. Penggunaan Kata Myself

Dan yang terakhir yaitu ada Myself yang juga memiliki arti yang sama dengan arti me. Ya, Myself sendiri juga punya arti yang serupa, hanya saja kata Myself lebih pada ke diri sendiri.

Myself merupakan sebuah reflexive pronoun, yaitu pronoun yang digunakan ketika objek dan subjek dalam sebuah kalimat merujuk kepada orang atau benda yang sama. Misalnya saja, I look at myself in the mirror.

 

5. Contoh Kalimat Menggunakan Kata Me

Setelah mengetahui arti me dan cara penggunaannya, maka KLovers juga perlu tahu bagaimana contoh kalimat dalam menggunakan kata me. Dan berikut ini contoh kalimat menggunakan kata me:

1. I know Steve Jobs can find me a melody (Aku tahu Steve Jobs bisa mencarikan melodi untukku)

2. So when I was growing up in a really rural area in Maine, the Internet meant something very different to me. (Ketika saya tumbuh dewasa di daerah yang sangat pedesaan di Maine, Internet berarti sangat berbeda bagi saya.)

3. So let me begin by first of all giving a very, very brief history of time, if I may indulge. (Jadi, izinkan saya mulai dengan memberikan sejarah yang sangat singkat, jika boleh.)

4. Including me, only four people have skied solo to the North Pole. (Termasuk saya, hanya empat orang yang berhasil berski sendirian ke Kutub Utara.)

5. She knows me (dia kenal saya)

6. Can you help me please? (dapatkah Anda membantu saya?)

7. She's older than me (dia lebih tua dari saya)

8. Since you're already trained, let me concentrate, close my eyes. (Karena kalian sudah dilatih, biarkan saya berkonsentrasi, saya pejam mata saya.)

9. And this has really gotten me thinking about this experience of the initial encounter. (Ini membuat saya berpikir mengenai pengalaman perjumpaan pertama ini.)

10. Can you let me have the car? (bolehkah saya meminjam mobil?)

11. Can you give me your address? (bolehkah saya minta alamat Anda?)

12. So let me show you, and I'm going to start with the standard method first. (Saya akan menunjukkan, dan saya akan mulai dengan metode standar.)

13. You do that because, 27 years before, an airborne sergeant had taught me to do that. (Anda melakukannya karena, 27 tahun yang lalu, seorang sersan udara telah mengajarkan saya hal itu.)

14. And after about five long years my family had me deprogrammed. (Setelah sekitar lima tahun yang panjang keluarga saya berhasil memprogram ulang saya.)

15. Budi came to me with Bilbao and explained it all to me, and I thought he was nuts. (Budi datang dengan Bilbao dan menjelaskan semuanya kepada saya.)

Itulah arti me yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui arti me saja, namun KLovers juga bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan kata me dan yang lainnya.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI