4 Cara Menulis Arab di HP Android dengan Praktis, Simak Panduannya

Selasa, 15 Maret 2022 11:55
4 Cara Menulis Arab di HP Android dengan Praktis, Simak Panduannya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Smartphone kini bisa digunakan untuk menulis teks dalam berbagai bahasa termasuk Arab. Apalagi bahasa Arab menjadi salah satu bahasa istimewa dan populer di Indonesia. Karena itulah ada beragam cara menulis arab di HP Android yang banyak dicari.

Huruf hijaiyah menjadi huruf dalam bahasa Arab yang digunakan untuk merangkai kata dan kalimat. Di mana umumnya ponsel biasanya menggunakan huruf romawi yang digunakan untuk menulis dalam bahasa Indonesia ataupun Inggris.

Sementara itu untuk membuat tulisan Arab, maka perlu mengubah keyboard menjadi bahasa Arab. Beberapa ponsel mungkin saja sudah support dengan bahasa Arab sehingga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan.

Meski begitu perlu tahu juga langkah cara menulis arab di HP Android secara praktis. Nah, berikut ini ada panduan cara menulis arab di HP Android secara mudah dan simple. Adapun ulasannya dapat kalian simak di bawah ini yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Cara Menulis Arab di HP Android Tanpa Aplikasi

Di Indonesia salah satu bahasa paling populer adalah Arab. Mayoritas penduduk muslim di Indonesia menempatkan bahasa Arab jadi bahasa yang begitu istimewa. Terlebih kitab suci umat muslim adalah Al-Quran yang ditulis dengan huruf hijaiyah dan berbahasa Arab.

Inilah mengapa memahami bahasa Arab termasuk bahasa istimewa. Menariknya lagi kini perkembangan teknologi semakin memudahkan siapa saja menulis bahasa Arab di perangkat ponsel. Salah satunya bagi pengguna Android, bisa menulis Arab di HP secara praktis. Sebelum itu ketahui dulu  bagaimana cara menulis arab di HP Android.

Karena ada beragam cara menulis arab di HP Android tanpa aplikasi ataupun dengan aplikasi. Namun dalam ulasan di bawah ini akan dibahas tentang cara menulis arab di HP Android tanpa aplikasi. Sebelum kalian memilih menggunakan cara menulis arab di HP Android tanpa aplikasi, ketahui dulu apakah HP kalian sudah support dengan bahasa Arab di keyboard. Nah, berikut langkah cara menulis arab di HP Android tanpa aplikasi.

- Cara menulis arab di HP Android tanpa aplikasi bisa kalian lakukan melalui aplikasi chat Whatsapp. Pertama buka keyboard Whatsapp melalui pesan chat di WA.

- Lalu klik pada kolom teks chat di WA.

- Selanjutnya, klik Pengaturan keyboard yang bergambar gerigi.

- Lalu klik Setelan Bahasa.

- Lalu pilih Bahasa Arab kemudian Arab Saudi.

- Untuk memunculkan keyboard tulisan Arab, cobalah tab spasi dan menekan beberapa saat dan klik Bahasa Arab

- Jika berhasil, maka otomatis keyboard kalian akan berubah menjadi tulisan Arab.

- Selesai.

Itulah cara menulis arab di HP Android tanpa aplikasi. Namun ketahui bahwa cara menulis arab di HP Android di atas bisa kalian lakukan jika ponsel sudah support dengan bahasa Arab.

 

 

 

2. Cara Menulis Arab di HP Android Pakai Google Keyboard

Jika cara menulis arab di HP Android tanpa aplikasi sebelumnya tidak bisa kalian lakukan. Maka ada cara menulis arab di HP Android dengan memasang aplikasi. Salah satu aplikasi paling populer yakni Google Keyboard. Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Google Keyboard yang dapat digunakan untuk cara menulis arab di HP Android. Nah, berikut ini ada panduan cara menulis arab di HP Android pakai Google Keyboard.

- Pasang aplikasi Google Keyboard di HP kalian dengan mengunduh melalui Playstore.

- Setelah itu buka aplikasi tersebut.

- Lalu klik Bahasa & Masukan.

- Klik Langkah Selanjutnya.

- Setelah itu kalian dapat pilih Alihkan Metode Masukan ke Google Keyboard.

- Kalian dapat pilih opsi Arab Google Keyboard.

- Selanjutnya klik Konfigurasi Bahasa Tambahan.

- Tentukan beberapa bahasa yang kalian kalian gunakan untuk sistem dengan mengaktifkan opsi bahasa misalnya Bahasa Indonesia dan Arab.

- Selanjutnya klik Selesai.

- Coba buka pesan chat.

- Lalu tekan pada kolom teks.

- Maka keyboard akan muncul cobalah untuk menekan dan tahan sampai spasi beberapa saat.

- Jika berhasil keyboard akan berubah menjadi bahasa Arab.

KLovers, itulah cara menulis arab di HP Android dengan menggunakan aplikasi Google Keyboard mudah banget bukan?

 

 

 

3. Cara Menulis Arab di HP Android Lainnya

Apabila langkah cara menulis arab di HP Android sebelumnya belum juga bisa kalian dapat memasang aplikasi lainnya untuk menulis Arab di HP. Karena masih ada aplikasi yang dapat dipakai sebagai cara menulis arab di HP Android. Karena itulah berikut ini metode mengubah bahasa Indonesia di keyboard jadi tulisan Arab.

3. Aplikasi Keyboard Arabic Harokat

Aplikasi Keyboard Arabic Harokat memudahkan kalian untuk menulis Arab dengan tambahan harokat. Sehingga kalian dapat menulis Arab lengkap dengan harokatnya. Untuk menggunakannya perlu lebih dahulu menginstal aplikasi ini yang dapat diunduh via Playstore. Selain itu aplikasi Keyboard Arabic Harokat ini memiliki kapasitas memori tak terlalu besar dengan total unduhan juga cukup banyak yakni 1 juta download. Pengembangnya adalah Roita App dengan rating 4,2. Pastikan kalian sudah mengaktifkan Keyboard Arabic Harokat melalui setelan tambahan di ponsel ya.

Caranya dengan mengubah Bahasa & Masukan lalu pilih Keyboard Virtual. Maka kalian dapat pilih aktifkan Keyboard Arabic Harokat. Untuk mengubah bahasa Keyboard, tekan dan tahan spasi di keyboard melalui kolom teks. Lalu pilih bahasa Arab, maka otomatis akan berubah jadi tulisan Arab.

4. Aplikasi Arabic Language - Go Keyboard

Cara menulis arab di HP Android berikutnya adalah menggunakan aplikasi Arabic Language - Go Keyboard. Aplikasi ini cukup populer digunakan untuk menulis bahasa Arab di HP. Ini dibuktikan dengan jumlah unduhan yang mencapai 10 juta download. Selain itu ratingnya juga cukup lumayan yakni 4,2. Kalian dapat mengunduhnya melalui Playstore untuk cara menulis arab di HP Android yang dikembangkan oleh GOMO Apps.

Itulah langkah cara menulis arab di HP Android dengan mudah dan praktis. Dengan begitu bisa memudahkan kalian mengubah tulisan Indonesia ke bahasa Arab.

 

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI