Arti On Beserta Bedanya dengan In, Ketahui Pula Contoh dalam Kalimat

Kamis, 12 Mei 2022 11:33 Penulis: Dhia Amira
Arti On Beserta Bedanya dengan In, Ketahui Pula Contoh dalam Kalimat
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - On menjadi kata yang cukup sering kita jumpai dalam kalimat atau paragraf bahasa Inggris. Pasalnya dalam bahasa Inggris, On merupakan salah satu jenis kata depan atau preposisi. Selain On, masih ada arti In yang juga merupakan preposisi bahasa Inggris. Namun, apa arti On dalam bahasa Inggris?

Dalam bahasa Inggris, preposisi tentu jadi hal yang sangat penting. Sebab dengan begitu, kita bisa menyusun kalimat bahasa Inggris yang baik dan sesuai dengan kaidah yang benar. Sehingga kalimat yang ditulis juga akan lebih mudah dipahami orang lain. Maka dari itu, mengetahui arti On jadi hal yang diperlukan.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini arti On yang bisa KLovers ketahui dan pahami, beserta dengan contohnya. Dan juga contoh kalimatnya.

 

1. Arti On

Pada penjelasan yang pertama yaitu ada arti On berarti di atas. Namun secara penggunaan untuk alamat, On menunjukkan lokasi yang sedikit lebih spesifik dari In. Dengan kata lain, On digunakan untuk lokasi atau alamat yang tidak terlalu general namun juga tidak terlalu rinci. Misalnya untuk menunjukan nama jalan. Hanya nama jalan saja tanpa nomor, sifatnya lebih detil dari pada hanya kota saja.

Selain digunakan untuk alamat, On juga menunjukkan tempat atau posisi. Peraturannya adalah, On untuk menunjukkan benda yang berada atau menempel di suatu permukaan, misalnya on the table, on the carpet, on the page, on the wall, dan sebagainya. Sehingga, KLovers perlu memahami bagaimana penggunaan On dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Dan berikut ini ada beberapa arti On dalam bahasa Indonesia yang bisa KLovers ketahui serta pahami:

1. Dengan

2. Untuk

3. Tentang

4. Dalam

5. Pada

6. Mengenai

7. Di atas

8. Atas

9. Demi

10. Di

11. Di sebelah

12. Ke depan

13. Terus

 

2. Perbedaan On an In

Setelah mengetahui apa sih arti On, maka kali ini KLovers juga perlu mengetahui apa sih perbedaan On dan In dalam bahasa Inggris. Arti On berarti di atas. Namun secara penggunaan untuk alamat, on menunjukkan lokasi yang sedikit lebih spesifik dari in. Dengan kata lain, On digunakan untuk lokasi atau alamat yang tidak terlalu general namun juga tidak terlalu rinci.

Sedangkan, arti In adalah di dalam. Tetapi dalam konteks preposisi place, In digunakan untuk menunjukkan tempat yang general, luas, dan tidak spesifik. Kalian menyebutkan kota Jakarta, karena itu masih tempat yang general bukan spesifik. Dan dalam kata On, kalian bisa menyebutkan lebih spesifik misalnya taman yang ada di Jakarta.

 

3. Contoh Kalimat On

Dan penjelasan tentang arti On yang terakhir yaitu, ada contoh kalimatnya. Bagi KLovers yang ingin lebih memahami arti On, maka kalian bisa membaca beberapa contoh kalimat berikut ini:

1. On the desk. (Di atas meja tulis)

2. On the beach. (Di pantai)

3. I met Mona on the train. (Saya bertemu dengan Mona di kereta)

4. On the radio. (Di radio)

5. On 11 March. (Pada tanggal sebelas Maret)

6. He's arriving on Tuesday. (Dia akan tiba pada hari Selasa)

7. Let's go on our bikes. (Mari kita pergi naik sepeda)

8. She arrived on the bus. (Dia datang naik bis)

9. On holiday. (Pada waktu berlibur)

10. All the lights were on. (Semua lampu menyala)

11. What's on this weekend? (Ada apa pada akhir minggu ini?)

12. There's actually more mountains in the ocean than there are on land. (Sebenarnya ada lebih banyak gunung di lautan dibandingkan di darat.)

13. We have two pieces of observational evidence on the probability of life appearing. (Kami memiliki dua potongan bukti pengamatan tentang kemungkinan munculnya kehidupan.)

14. There are six small fuscous spots on the costa. (Ada enam titik fuscous kecil di costa.)

15. His first works are on church themes, unliteral. (Karya pertamanya bertema gereja, tidak literal.)

16. Once listed, strict limitations are imposed on the modifications allowed to a building's structure or fittings. (Setelah terdaftar, batasan ketat dikenakan pada modifikasi yang diizinkan pada struktur atau perlengkapan bangunan.)

17. It appears as the sixth track on the album. (Ini muncul sebagai lagu keenam di album.)

18. The station has been on the air since 1947. (Stasiun ini telah mengudara sejak 1947.)

19. Sadly, many cheer on this project of separatism. (Sayangnya, banyak yang mendukung proyek separatisme ini.)

20. We had come to cheer on our girls in a high-stakes soccer game. (Kami datang untuk menyemangati gadis-gadis kami dalam pertandingan sepak bola berisiko tinggi.)

Itulah penjelasan tetang arti On yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui arti On saja, namun KLovers juga bisa mengetahui tentang perbedaan On dan In, serta contoh kalimatnya.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI