Preposisi Kata Depan: Beserta Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Senin, 20 September 2021 13:10 Penulis: Dhia Amira
Preposisi Kata Depan: Beserta Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Preposisi kata depan adalah kata yang merangkai sebuah kata atau bagian kalimat, yang biasanya diikuti oleh nomina atau pronomina. Preposisi bisa berbentuk kata, di dan untuk, hingga gabungan kata, misalnya bersama atau sampai dengan. Walaupun dianggap tidak terlalu penting, namun preposisi kata depan sendiri sebenarnya sangat penting loh untuk diketahui.

preposisi kata depan terletak di posisi depan tepat sebelum kata yang lain. Kata lain yang dimaksud adalah kata benda, kerja, dan keterangan lain. Kata depan ini akan berfungsi memperkuat makna kata di belakangnya. Dari kata depan inilah maka fungsi dan aturan penulisannya akan terlihat.

Bahkan jenis dari kata depan ada beberapa, dan jenis kata ini pun menentukan bagaimana posisi kata depan yang tepat dalam membuat sebuah kalimat. Untuk mengetahui lebih lanjut, inilah penjelasan tentang preposisi kata depan yang bisa kalian pelajari. Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Preposisi Kata Depan Adalah

Preposisi atau biasa dikenal dengan nama kata depan adalah posisi di depan sebelum kata benda, kata kerja, dan kata keterangan lainnya. Preposisi kata depan memiliki banyak sekali fungsi. Seperti, menyatakan tempat, arah, asal, tujuan, perbandingan, sebab-akibat, dan lain sebagainya.

Satu hal yang pasti, kata depan berguna untuk menandai hubungan makna dengan kata di belakangnya. Sedangkan untuk aturan dalam kata depan itu berbeda-beda ya KLovers. Preposisi sendiri berasal dari sebuah ungkapan kata benda, yang dilihat dari asal katanya yaitu bahasa latin "prae" yang artinya sebelum.

Selain itu juga diambil dari kata "ponere" yang memiliki arti menempatkan. Hal ini kemudian membuat preposisi atau kata depan bisa diartikan sebagai sebuah kata yang penempatannya berada di depan atau sebelum kata benda, kata sifat, dan jenis kata lainnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, kata depan akan digunakan untuk merangkai nomina dengan verba. Kata depan akan berada di depan kata kerja, yang nantinya membantu menyempurnakan susunan kalimat dengan kata kerja di dalamnya. Namun, preposisi kata depan tidak hanya menjadi kata yang ditulis sebelum kata kerja. Bisa juga diterapkan di semua jenis kata.

2. Jenis Preposisi Kata Depan

Sebelum kalian membuat sebuah kata depan, maka kalian harus mengetahui jenis dari preposisi kata depan. Ya, kata depan memiliki jenisnya sendiri dalam membuat sebuah kalimat yang tepat. Berikut ini ada beberapa jenis preposisi kata depan tersebut:

1. Kata Dasar

Kata dasar dalam preposisi kata depan yaitu, merupakan jenis kata depan yang tidak memiliki imbuhan, awalan, maupun sisipan. Sehingga jenis kata depan tunggal satu ini memiliki bentuk murni dari kata dasar atau kata asal saja tanpa ada tambahan kata apapun.

Khusus untuk kata depan dasar yang diikuti keterangan tempat dan waktu maka kata depan wajib dipisah. Namun, jika fungsinya adalah sebagai imbuhan atau diikuti oleh kata selain tempat dan waktu. Maka penulisannya adalah disatukan.

Adapun jenis kata depan yang termasuk kata dasar ada banyak yaitu: dari, di, dengan, ke, oleh, pada, sejak, sampai, seperti, untuk, buat, bagi, akan, antara, demi, hingga, kecuali, tentang, seperti, serta, dan tanpa.


2. Preposisi Gabungan

Kata depan gabungan atau bisa disebut dengan kata depan majemuk adalah kata depan tunggal diletakan secara berurutan. Penggunaannya kemudian membuat satu kalimat memiliki dua kata depan yang disusun berdampingan. Menariknya, meskipun ada dua kata depan sekaligus justru makna dari kalimat bisa lebih tersampaikan.

Adapun jenis kata depan yang masuk kategori Berdampingan terdiri dari: kepada, daripada, oleh karena itu, antara… dengan, sejak… sampai.


3. Preposisi Kolerasi

Selain kata depan gabungan, ada pula kata depan berkolerasi. Ini merupakan jenis kata depan yang terdiri dari dua jenis atau dua kata yang saling berpasangan dan penempatannya terpisah dengan frasa lain. Sehingga dalam satu kalimat terdapat dua kata depan yang letaknya berjauhan.

Atau dengan kata lain terpisah oleh frasa lain, yang kemudian bisa membantu memperjelas maksud yang disampaikan oleh penulisnya. Adapun jenis kata depan yang masuk kategori preposisi kata depan kolerasi yaitu: dari.. hingga, sejak.. sampai, antara, dan lain sebagainya.


4. Kata Berafiks

Kata berafiks adalah kata depan yang mengandung imbuhan, sehingga merupakan jenis kata depan yang ditambahkan dengan imbuhan. Bentuknya kemudian berkembang sesuai dengan imbuhan yang dipakai dan kemudian mempengaruhi fungsi dari kata depan tersebut.

Bentuk kata depan ini kemudian juga memiliki awalan, akhiran, dan gabungan dari kata kerja, kata sifat, maupun dari kata nomina yang menyertainya. Sehingga bentuk kata depan tidak lagi asli, melainkan sudah ditambahkan imbuhan dan menjadi satu kata utuh.

Dan kata berafiks atau berimbuhan itu terdiri dari: bersama, beserta, menuju, menurut, sekitar, selama, seluruh, bagaikan, terhadap, melalui, dan mengenai.

3. Fungsi Preposisi Kata Depan

Selain mengetahui jenis dari preposisi kata depan, kalian juga harus mengetahui fungsi dari kata depan. Ketika kalian tahu fungsi dari kata depan, maka kalian bisa mengertai penempatan yang tepat untuk sebuah kata depan. Berikut ini fungsi preposisi kata depan:

- Fungsi kata depan untuk menyatakan tempat berada.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan perbandingan.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan hal atau masalah.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan sebab-akibat.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan maksud atau tujuan.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan arah asal.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan arah tujuan.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan pelaku.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan alat.

- Fungsi kata depan untuk menyatakan tempat berlangsung.

4. Aturan Dalam Preposisi Kata Depan

Tentu saja dalam pengertian kata benda kalian juga harus mengetahui aturan dalam penulisan kata depan. Selain jenis, aturan penulisan kata depan ini juga wajib kalian ketahui. Dan berikut ini aturan penulisan kata depan:

- Kata depan "di, ke, dan dari," tidak disambung tetapi dipisah dengan kata di belakangnya ketika menunjukkan arah, tempat, waktu, dan tempat. Contoh kata depan ini: "di luar, di sana, di siang hari, ke toko, ke luar, dari belakang, dari Surabaya, dan lain-lain."

- Aturan pisah ini dikecualikan untuk kata depan yang sudah lazim seperti "kepada, daripada, dipukul, dan lain-lain." Begitu juga ketika kata depan bertemu imbuhan dari sebuah kata. Contoh kata depan ini: "dibeli, dibawa, dilepas, keluar, kelepas, kebawa, daripada, dan lain-lain."

- Ketika kata depan akan digunakan pada judul, maka penulisannya harus menggunakan huruf kecil. Contoh kata depan ini: "Ada Udang di Balik Batu; Presiden Menyampaikannya Kepada Menteri; dll."

5. Contoh Kata Depan

Dan yang terakhir yaitu ada contoh preposisi kata depan yang bisa jadi referensi dalam pelajaran kata depan. Contoh ini bisa membantu kalian lebih lagi dalam mengerti kata depan. Berikut beberapa contoh preposisi kata depan, langsung saja dicek KLovers.

  1. Dadang pulang kampung ke Tasikmalaya.
  2. Saya pergi ke sekolah dengan bersepeda.
  3. Penumpang dipersilahkan naik ke pesawat.
  4. Ia berangkat ke kantor menggunakan bis kota.
  5. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh.
  6. Penjahat itu dibawa ke kantor polisi.
  7. Kita bisa mengunggah foto ke internet.
  8. Buat garis lurus dari titik A ke titik B.
  9. Berang-berang biasa menyelam sampai ke dasar sungai.
  10. Ke rumah siapa kamu pergi saat lebaran?
  11. Tari pendet berasal dari Bali.
  12. Bis kota berangkat dari terminal.
  13. Air mata menetes dari kedua matanya.
  14. Dari rumah saya berangkat jam 10.00.
  15. Kerjakan tugas dari halaman 11 sampai halaman 13.
  16. Kita mulai kerja bakti dari ujung jalan ini.
  17. Dari sini ke kantor pos kira-kira 1 kilometer.
  18. Dilarang memindahkan buku-buku dari tempatnya.
  19. Saya baru saja pulang dari sekolah.
  20. Dari stasiun mana kereta api bisnis berangkat?
  21. Beliau membawa oleh-oleh untuk kami.
  22. Pupuk dikirim untuk para petani.
  23. Ayah membeli sepatu untuk ibu.
  24. Untuk kepentingan umum.
  25. Kami rela berkorban.
  26. Untuk dia.
  27. Uang saja tidak ada artinya.
  28. Hadiah dua juta rupiah disediakan untuk karangan terbaik.
  29. Kami akan bekerja keras demi kesejahteraan keluarga.
  30. Demi kepentingan pembangunan kami rela berkorban.
  31. Saya berjuang demi kebenaran dan keadilan.
  32. Diangkatnya batu itu satu demi satu.
  33. Seorang demi seorang, secara diam-diam meninggalkan ruang sidang itu.
  34. Kertas itu dibakarnya selembar demi selembar.
  35. Demi Allah saya tidak pernah mengambil bukumu.
  36. Demi Tuhan saya tidak tahu menahu dengan urusan itu.
  37. Demi yang menguasai alam dengan segenap isinya saya bersumpah akan tetap tinggal di sini.
  38. Pak Andi bekerja di Bandung.
  39. Pertandingan sepak bola diselenggarakan di stadion.
  40. Dilarang berbicara keras-keras di perpustakaan.
  41. Di pasar banyak orang yang berjualan.
  42. Di sini semua anak harus bersikap sopan.
  43. Kerjakan soal-soal di buku matematika halaman 23.
  44. Bu guru menulis di papan tulis.
  45. Foto-foto sebaiknya disimpan di album foto
  46. Di negara mana terdapat Menara Eiffel?
  47. Di rumah siapa kita berkumpul nanti?
  48. Belajar di rumah bersama dengan ibu
  49. Di mana anak itu tinggal?
  50. Dijaga oleh ayah di rumah saat ibunya pergi.
Itulah beberapa hal yang bisa kalian pelajaran dari preposisi kata depan, bukan hanya mengetahui pengertiannya saja. Namun kalian juga bisa mengetahui jenis, fungsi, dan juga contohnya.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI