Arti Only dalam Bahasa Indonesia Beserta Contoh Kalimat dan Perbedaannya dengan Just

Kamis, 13 Januari 2022 10:11 Penulis: Dhia Amira
Arti Only dalam Bahasa Indonesia Beserta Contoh Kalimat dan Perbedaannya dengan Just
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Only merupakan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris yang tidak asing lagi bagi kita. Ya, biasanya kata only digunakan dalam berkomunikasi dan dapat pula ditemukan dalam lirik lagu. Arti only sendiri yaitu, satu-satunya atau tunggal. Namun selain itu masih ada lagi arti only yang lainnya.

Namun selain mengetahui arti only, kalian juga perlu tahu penempatan kata only yang baik dalam dalam sebuah kalimat. Bahkan KLovers juga perlu tahu bedanya only dan juga just. Karena, pada dasarnya kedua kata tersebut memiliki arti yang hampir mirip.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui apa sih arti only tersebut, maka berikut ini arti only beserta dengan contoh kalimat dan perbedaannya dengan just. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Only

Secara umum, arti only dalam bahasa Indonesia adalah satu-satunya, atau tunggal. Namun, selain itu arti only juga memiliki banyak arti dalam bahasa Indonesia. Hal ini tergantung dengan situasi serta kalimat apa yang kalian gunakan. Namun, arti only tidak jauh-jauh dari arti utamanya, yaitu satu-satunya. Dan berikut ini beberapa arti only lainnya yang bisa KLovers ketahui:

1. Arti Only adjektiva (kata sifat)

- Tunggal

- Satu-satunya

2. Arti Only yang lainnya

- Baru

- Doang

- Hanya

- Semata-mata

- Doang

- Saja

- Cuma

- Melulu

- Tidak lain dan tidak bukan

 

2. Perbedaan Only dan Just

Setelah mengetahui arti only, bagaimana dengan perbedaan only dan just? Ya, kedua kata ini nyatanya memiliki kemiripan loh KLovers. Only dan just memiliki kemiripan dalam arti, namun adakah perbedaan dari keduanya? Ketika kita berbicara bahasa Indonesia, kita dapat menggunakan kata "saja" untuk banyak maksud, misalnya untuk menerangkan kata kerja, kata benda, kata sifat, kata bilangan, dan kata ganti.

Namun ketika kita berbicara dalam bahasa Inggris, penggunaan kedua kata ini mesti dibedakan meskipun dapat dipakai bergantian (interchangeable) dan memiliki kegunaan yang sama. Arti only dan just nyatanya sama, namun yang membedakan adalah penggunaannya saja. Kata only memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga menjadikan kata ini adalah kata yang serba bisa.

Kata only dapat menjadi adverb (kata keterangan), adjective (kata sifat), dan conjunction (kata sambung). Sedangkan, pada kebanyakan konteks kalimat, kata just hanya digunakan untuk menyatakan sebuah waktu, atau beberapa waktu yang lalu. Dalam konteks kalimat seperti ini kata just tidak bisa digantikan dengan only.

Namun, dalam beberapa kasus yang lain, kata just dan only dapat digunakan secara bergantian loh KLovers. Fungsi only dan just dalam kalimat tersebut untuk menerangkan jarak waktu dan tempat serta untuk menjelaskan bahwa batas dari suatu hal. Dan berikut ini beberapa contoh kata only dan just yang bisa digunakan secara bergantian:

1. It is (only) atau (just) a few minutes away from the station. (Jaraknya hanya beberapa menit saja dari stasiun.)

2. It was (only) atau (just) a silly comment. I didn't mean to offend him. (Itu hanya komentar konyol saja. Aku tidak bermaksud menyinggungnya.)

3. The town park is (only) atau (just) two blocks away from here. (Taman kota hanya berjarak dua blok saja dari sini.)

 

3. Contoh Kalimat Only

Setelah mengetahui apa sih arti only dan perbedaannya dengan just, maka kalian juga perlu tahu nih bagaimana contoh kalimat only yang tepat dalam sebuah kalimat. Dilansir dari sederet.com, berikut ini contoh kalimat only yang perlu kalian ketahui dan pahami:

1. Contoh Only Sebagai Adverb

- I only expect you to listen to what I have to say. (Aku hanya mengharapkanmu untuk mendengar apa yang harus aku katakan.)

- It's only an idea. (Itu cuma sebuah ide.)

- The creator of this logo was only a young art student. (Pencipta logo ini hanya seorang mahasiswa seni yang masih muda.)

- There was only two men there. (Hanya ada dua orang pria di sana.)

2. Contoh Only Sebagai Adjective

- This is the only photograph I have of my great grandfather. (Hanya ini satu-satunya foto kakek buyut yang aku miliki.)

- Only you can understand me. (Hanya kamu yang dapat mengerti aku.)

- I think it is an advantage to be an only. (Aku pikir adalah sebuah keuntungan menjadi anak satu-satunya.)

3. Contoh Only Sebagai Conjunctive

- He's got a great sense of humor only he drinks too much. (Dia memiliki selera humor yang bagus hanya saja dia minum terlalu banyak.)

- The teacher explains the subject clearly only I don’t understand. (Guru itu menjelaskan mata pelajarannya dengan jelas hanya saja aku yang tidak mengerti.)

- You can come with us only if you behave. (Kau bisa ikut bersama kami hanya jika kau menjaga sikap.)

Itulah arti only yang bisa kalian ketahui. Bukan hanya arti only saja, kalian juga bisa mengetahui perbedaan only dan just, serta contoh kalimatnya.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI