Arti The dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya, Pahami Perbedaan dengan A dan An

Kamis, 18 November 2021 20:11 Penulis: Nurul Wahida
Arti The dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya, Pahami Perbedaan dengan A dan An
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Penggunaan kata the hampir mudah dijumpai dalam kalimat percakapan sehari-hari. Apalagi sejumlah judul film atau buku berbahasa Inggris juga kerap menggunakan kata the. Arti the sebenarnya termasuk ke dalam definite article yang memiliki makna sudah pasti.

Arti the, a, dan an memiliki makna yang hampir serupa namun sebenarnya ketiganya berbeda. Ya, penggunaan kata the biasanya merujuk pada sesuatu yang sudah pasti atau spesifik. Sementara untuk a dan an cenderung lebih umum atau general.

Namun ada juga beberapa perbedaan arti the dengan a dan an yang perlu kalian pahami. Karena itulah, berikut ini ulasan lengkapnya tentang arti the dalam bahasa Inggris beserta contoh dan perbedaannya dengan a dan an. Adapun arti the dalam bahasa Inggris telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Arti The dalam Bahasa Inggris

Ada ragam kata dalam bahasa Inggris yang perlu kalian ketahui arti serta maknanya. Seperti kata the, mudah sekali dijumpai dalam sebuah kalimat atau percakapan berbahasa Inggris. Bagi sejumlah orang mungkin saja sudah sangat awam mengetahui arti the. Namun, beberapa di antaranya juga belum memahami dan mengetahui arti the. Lalu apa sebenarnya arti the dalam bahasa Inggris?

Arti the dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan ke Indonesia memiliki beberapa makna. Arti the tersebut bisa memiliki arti itu, ini, tersebut, atau -nya. Selain itu arti the dapat juga berarti sang ataupun si. Ya, arti the dalam bahasa Inggris memang dapat memiliki beberapa makna tergantung pada penggunaannya.

Sebab arti the tersebut bisa saja memiliki makna berbeda jika digunakan dalam jenis kalimat atau pembahasan yang beragam pula. Itulah arti the dalam bahasa Inggris yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan dalam memahami kalimat jika terdapat kata the.

2. Arti The dan Contohnya

Arti the sebenarnya termasuk ke dalam golongan definite article. Arti the tersebut berarti bahwa pembaca sudah pasti memahami dan tahu kata benda yang dimaksud. Sehingga maknanya sudah pasti, yakin, atau digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang disebutkan sebelumnya dalam kalimat.

Sedangkan pengguna penggunaan kata the sebenarnya bisa dipakai dalam beberapa hal. Di antara penggunaan kata the tersebut beserta contohnya yakni sebagai berikut.

1. Penggunaan kata the dapat digunakan untuk menunjuk ke sesuatu yang sudah disebutkan sebelumnya dalam kalimat. Misalnya saja terdapat kalimat tentang suatu posisi seorang karyawan dalam tim, maka kalimat selanjutnya bisa menggunakan kata the job.

2. Penggunaan kata the jika memiliki arti itu bisa menunjukkan kata benda berupa barang ataupun tempat. Contoh arti the tersebut yakni, She loves the flower (Dia(perempuan) menyukai bunga itu).

3. Penggunaan kata the jika memiliki arti ­-nya, maka bisa menunjukkan tentang sebuah kepemilikan. Contoh arti the tersebut yakni He puts out the car key to shut off the car. He also uses the key to lock the door.

4. Penggunaan kata the jika memiliki arti Si atau Sang. Biasanya kata the tersebut digunakan pada judul buku atau novel. Contoh dan arti the tersebut yakni The Queen (Sang Ratu), The Medium, The Rat (Si Tikus), The Godfather Trilogy, dan seterusnya.

5. Penggunaan kata the jika memiliki arti Yang. Maka jika kata the, digunakan dalam sebuah kalimat yang memiliki arti tersebut contohnya, The Unknwon (Yang tidak dikenal/ tidak diketahui).

6. Penggunaan kata the jika dalam saat itu juga terdapat suatu hal atau tempat yang kalian tunjukkan. Contoh dan arti the tersebut yakni please, put this pen on the table (Tolong letakkan pen aini di atas meja)

7. Penggunaan kata the untuk menunjukkan objek atau kata benda yang unik. Contohnya saja The sun shines so bright today (Matahari bersinar begitu cerah hari ini)

8. Penggunaan kata the dalam kalimat superlatif. Biasanya kata the diletakkan pada awal kata sebelum superlatif. Contohnya, Dani the most handsome men in our class ( Dani pria paling tampan di kelas kami)

9. Penggunaan kata the untuk menunjukkan nama tempat, lokasi, atau suatu hal tertentu. Contoh dan arti the tersebut yakni What can be planted in the garden (Apa yang bisa di tanam di kebun?)

Itulah beberapa contoh penggunaan dan arti the. Namun dari sejumlah contoh di atas masih ada beberapa penggunaan kata the yang mungkin belum disebutkan dalam artikel.

3. Arti The dan Perbedaan dengan A dan An

Setelah memahami arti the, seringkali kita dibuat bingung dengan penggunaan a dan an dalam kalimat bahasa Inggris. Sebab ketiganya hampir memiliki arti serupa meskipun memiliki beberapa perbedaan dalam penggunaannya. Adapun arti the dan perbedaan dengan a dan an sebagai berikut.

1. Kata the termasuk ke dalam golongan definite article yakni sudah diyakini kepastiannya. Sedangkan kata a dan an termasuk indefinite yang mana memiliki makna belum pasti atau masih umum.

2. Kata the seringkali digunakan dalam kalimat yang lebih spesifik. Sementara a dan an cenderung general atau umum.

3. Penggunaan a atau an cenderung sering dipakai dalam kalimat yang memiliki kata benda dengan huruf konsonan maka pakai a. Sedangkan jika vokal maka menggunakan an. Meski begitu aturan ini tak selalu bisa diterapkan untuk semua jenis kalimat atau kata serupa.

Itulah beberapa penjelasan tentang arti the dalam bahasa Inggris beserta contoh dan perbedaan dengan a dan an. Semoga dengan ulasan di atas dapat memudahkan kalian memahami arti the.

Sumber: sunenglish.co.id, ef.co.id, dan sumber lainnya

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI