Arti Politis Secara Umum dalam Berbangsa dan Bernegara, Ketahui Istilah-Istilah Dunia Politik

Senin, 25 April 2022 19:33
Arti Politis Secara Umum dalam Berbangsa dan Bernegara, Ketahui Istilah-Istilah Dunia Politik
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Ada sejumlah istilah dalam dunia politik yang umum diketahui publik. Kata politik sendiri memiliki beberapa arti yang berhubungan dengan suatu kekuasaan, pemerintahan, kebijakan, tindakan, urusan, atau ketatanegaraan.

Arti politis merupakan salah satu istilah yang kerap kita jumpai. Arti politis adalah bersifat politik. Dengan kata lain suatu hal memiliki keterkaitan dengan politik. Kemudian muncul juga apa yang disebut dengan politisasi. Politisasi seringkali memiliki arti yang kerap dianggap bermakna kurang baik bahkan negatif.

Arti politisasi di KBBI adalah hal membuat keadaan bersifat politis. Dengan kata lain suatu hal yang sebelumnya tidak bersifat politik namun menjadi politik. Sementara itu terdapat beberapa penjelasan mengenai arti politis secara umum yang perlu kalian ketahui.

Nah di bawah ini arti politis yang perlu kalian pahami. Adapun arti politis dapat kalian simak dalam ulasan sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Politis Secara Umum

Dalam hidup bermasyarakat tidak lepas dengan dunia politik. Karenanya politik memang amat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Selain kata politik, kalian mungkin pernah mendengar apa yang namanya dengan politis. Arti politis juga berkaitan dengan dunia politik. Lalu apa arti politis secara umum?

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti politis adalah bersifat politik. Selain itu arti politis berkaitan dengan politik. Karena itulah politis dan politik adalah dua hal yang sama-sama berkaitan dengan kekuasaan, negara, kebijakan, masyarakat, pemerintahan dan lainnya.

Maka dari itu kalian mungkin sudah sangat familiar dengan istilah politisi. Politisi adalah sebutan untuk seseorang yang masuk atau bergerak di dunia politik atau orang yang ahli politik. Ada pula yang menyebut dengan nama politikus. Sedangkan kata politik juga berasal dari kata polis secara bahasa Yunani artinya kota atau negara kota. Itulah penjelasan mengenai arti politis yang perlu kalian pahami.

 

2. Arti Politis dalam Berbangsa dan Bernegara

Setelah tahu apa arti politis secara umum, terdapat juga istilah yang menyebut bangsa politis. Ya, arti politis dalam berbangsa dan bernegara memiliki definisinya tersendiri. Di mana arti politis dalam berbangsa merupakan bagian dari pengertian bangsa.

Karena terdapat arti politis dalam berbangsa yang memiliki arti bahwa sekelompok orang atau masyarakat di suatu daerah yang memiliki kesamaan cita-cita, tujuan, nasib yang memiliki ikatan kesatuan hidup bersama dalam wilayah tertentu untuk keberlangsungan hidup. Selain itu, arti politis dalam berbangsa berarti bangsa yang bernegara dan tunduk pada kekuasaan negara tersebut.

Itu adalah arti politis dalam berbangsa yang perlu kalian ketahui. Sementara itu kalau dilihat dari apa arti negara juga tidak jauh-jauh dari dunia politik dan kekuasaan. Di mana arti negara didefinisikan dengan suatu wilayah yang terdapat rakyat dan pemerintahan yang sah serta ditaati oleh rakyatnya. Ada pula arti negara yang memiliki makna kelompok sosial yang menduduki wilayah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, serta memiliki kesatuan politik, berdaulat. Dengan begitu negara memiliki hak untuk menentukan tujuan secara nasional.

 

3. Arti Politik

Tidak hanya arti politis, ketahui juga seperti apa pengertian dari politik. Nah, berikut ini ada beberapa pengertian politik sebagai tambahan informasi. Yuk simak penjelasan arti politik di bawah ini KLovers.

Arti politik di KBBI didefinisikan dengan pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan. Ada juga arti politik adalah segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat) mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain. Arti politik lainnya disebut juga dengan kebijakan. Pengertian politik lainnya menurut sejumlah ahli didefinisikan sebagai berikut:

- Arti politik menurut Andrey Hewood: Arti politik menurut pendapatnya adalah kegiatan suatu bangsa yang memiliki tujuan untuk membuat, mempertahankan, mengamandemen peraturan umum yang mengatur kehidupannya tidak lepas dari gejala konflik dan kerja sama.

- Arti politik menurut Miriam Budiardjo: Politik adalah segala kegiatan dalam suatu sistem politik (negara) menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.

- Arti politik menurut Aristoteles: Politik menurut pendapat Aristoteles adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.

Karena itulah politik berkaitan dengan berbagai hal tentang pemerintahan, kekuasaan, masyarakat, ataupun membuat dan menerapkan kebijakan tertentu. Selain itu ada juga beberapa asal kata politik yakni seperti polities (warga negara), politikos (kewarganegaraan), politike tehne (kemahiran politik), politike episteme (ilmu politik).

 

4. Istilah-Istilah dalam Dunia Politik

Ada beberapa istilah lainnya yang perlu diketahui tidak hanya mengenai arti politis. Karenanya berikut ini beberapa istilah populer dalam dunia politik yang wajib kalian ketahui.

1. Koalisi: Arti dari koalisi adalah kerja sama yang dalam dunia politik seringkali kalian menjumpai berbagai jenis partai politik saling berkoalisi atau kerja sama.

2. Elektabilitas: Arti elektabilitas adalah tingkat keterpilihan atau kemampuan dan kecakapan untuk dipilih menduduki jabatan dalam pemerintahan. Elektabilitas ini kerap diperbincangkan saat muncul calon-calon politikus masa pemilihan umum.

3. Ormas: Arti ormas adalah organisasi masyarakat yang mana didirikan karena tujuan tertentu. Salah satunya adalah mewujudkan tujuan negara.

4. Kampanye: Arti kampanye adalah kegiatan yang dilaksanakan pada saat mendekati masa pemilihan umum. Tujuannya adalah untuk mendapat dukungan dari masyarakat agar bisa mendapatkan jabatan di pemerintahan.

Itulah penjelasan arti politis beserta tambahan informasi lainnya. Semoga bisa memudahkan kalian memahami apa arti politis.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI