Arti Psycho atau Psikopat dalam Pandangan Psikologi, Kenali Ciri-Ciri dan Dampaknya

Rabu, 07 Desember 2022 12:11
Arti Psycho atau Psikopat dalam Pandangan Psikologi, Kenali Ciri-Ciri dan Dampaknya
Arti Psycho (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Jika mendengar kata psycho, akan langsung merujuk pada arti psikopat. Arti psycho yang berarti psikopat merupakan salah satu gangguan kepribadian. Kalian pastinya sudah cukup familiar mendengar kata psycho. Lalu apa artinya?

Kata ini biasanya diucapkan saat melihat perilaku seseorang yang terbilang aneh, beda, bahkan di luar nalar. Tidak sedikit pula menggunakan kata psycho sebagai salah satu bentuk umpatan kepada seseorang. Karena, arti psycho berkaitan dengan gangguan mental atau kepribadian misalnya saja seperti cenderung bersikap kejam, kejahatan, emosi yang tidak terkendali, perilaku yang aneh dan lain sebagainya.

Jika kalian termasuk penggemar film Hollywood tentunya tahu karakter Joker yang digambarkan sebagai manusia psikopat. Joker menjadi satu di antara jajaran tokoh psycho dalam film yang cukup populer. Dalam film tersebut, Joker menunjukkan sikapnya yang begitu kejam, arogan dan sadis tak segan menyakiti orang-orang.

Namun apa sebenarnya arti psycho atau psikopat? Untuk tahu penjelasan lengkapnya yuk langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

 

1. Arti Psycho dalam Pandangan Psikologi

Pernah mendengar kata psycho? Kata ini cukup familiar terdengar yang mana tak jarang muncul dalam sebuah dialog film. Arti psycho merujuk pada kepribadian seseorang yang berbeda dari kebanyakan orang normal pada umumnya. Karena, arti psycho adalah salah satu gangguan kejiwaan yang dimiliki seseorang.

Jika melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti psycho adalah orang yang karena kelainan jiwa menunjukkan perilaku yang menyimpang sehingga mengalami kesulitan dalam pergaulan. Sementara itu, arti psycho atau psikopat menurut pandangan psikologi juga termasuk bagian dari salah satu gangguan antisosial atau dikenal dengan istilah antisocial personality disorder.

Karena, arti psycho dapat didefinisikan juga dengan gangguan kepribadian yang membuat pengidapnya bersikap manipulatif, kasar, tidak peka, antisosial, cenderung melakukan tindakan kejahatan, dan lain sebagainya. Menurut Psikoanalisis Freud, psycho atau psikopat adalah orang yang ego-nya terlalu dikuasai oleh id dan superego tidak ada wibawa atau pengaruh sama sekali terhadap ego. Jika disimpulkan maka seorang psikopat bisa bertindak sesuai dengan id serta tidak memikirkan baik kata buruk.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi seseorang bisa memiliki gangguan kepribadian ini. Di antaranya seperti trauma masa lalu, faktor genetik ataupun gangguan pada otak. Itulah arti psycho yang perlu diketahui. Sehingga memudahkanmu tahu makna dari arti psycho.

 

2. Ciri-Ciri Psycho

Arti psycho merupakan salah satu gangguan mental yang ciri-cirinya tidak mudah dikenali begitu saja. Karena, ciri-ciri psycho sangat sulit diketahui lantaran pengidapnya bisa saja melakukan kamuflase yang begitu lihai sampai orang-orang tak menyadari bahwa ternyata sosoknya adalah psikopat. Tidak heran mengapa, terkadang tidak mudah melihat ciri-ciri psycho yang kebanyakan mirip seperti orang normal.

Contohnya saja tokoh dalam drama Korea berjudul MOUSE yang mengisahkan tentang psikopat kejam bernama Jeong Ba-reum. Sosoknya mencoba memanipulasi orang-orang bahwa dirinya adalah psycho yang mengerikan. Ya, karenanya kita tidak bisa menilai dengan mudah seorang psikopat. Di mana dalam kesehariannya, psikopat tampak seperti orang normal dan biasa lantaran sangat lihai dalam memanipulasi.

Meski ciri-ciri dari psycho terbilang sulit diketahui, tapi ada sejumlah tanda-tanda yang umum dari psycho. Yuk cek di sini apa saja ciri-ciri psycho sebagai berikut.

- Rasa percaya dirinya terlalu tinggi.

- Berhati dingin dan kurang berempati

- Pandai memanipulasi atau berbohong.

- Pandai dalam berbicara sehingga membuat seseorang mudah terpesona.

- Cenderung suka melanggar aturan.

- Pribadi yang narsistik.

- Menunjukkan perilaku antisosial yang berisiko tinggi.

- Agresif, arogan dan perilakunya seringkali tidak bisa dikendalikan.

- Tidak bisa merasakan emosi.

- Punya niat sadis

- Menunjukkan sikap yang abnormal seperti suka menyiksa hewan

Itulah beberapa ciri-ciri psycho yang umum. Namun perlu diketahui kalau ciri-ciri di atas tidak bisa jadi patokan untuk menilai apakah seseorang itu punya kepribadian psycho atau psikopat ataupun tidak. Sementara itu, melansir dari liputan6.com, di Amerika ada cara untuk mendiagnosa apakah seseorang adalah psycho atau psikopat. Tes tersebut bernama The Hare Psychopathy Checklist untuk mengecek kesehatan mental seseorang.

 

3. Dampak Berhubungan dengan Seorang Psikopat

Setelah tahu arti psycho dan ciri-cirinya, ada beberapa dampak yang terjadi jika dihadapkan dengan seorang psycho. Karena gangguan kepribadian ini dapat memberi dampak pada kehidupan seseorang bahkan sebuah hubungan. Lalu apa saja dampak sikap psycho? Untuk tahu selengkapnya tentang dampak sikap psycho atau seorang psikopat dapat kalian simak dalam ulasan sebagai berikut.

- Seorang psycho akan bersikap terlalu protektif dan posesif sehingga memengaruhi keharmonisan sebuah hubungan.

- Seorang psycho cenderung lebih mendominasi dalam hubungan sehingga sikap egoisnya akan memengaruhi hubungan jangka panjang.

- Hubungan yang tidak bahagia.

- Rentan mengalami serangan fisik dan psikis.

- Menimbulkan perilaku yang berisiko tinggi seperti keinginan untuk bunuh diri.

- Seorang psycho dapat berdampak pada pasangan baik kondisi psikis ataupun fisik.

Itulah arti psycho yang perlu diketahui merupakan salah satu gangguan mental. Sehingga memudahkanmu mengenali dan tahu pengertian psycho, ciri-ciri serta dampaknya dalam sebuah hubungan.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI