Arti Shalom yang Biasa Digunakan Sebagai Salam, Ketahui Pula Maknanya!

Jum'at, 06 Mei 2022 12:44
Arti Shalom yang Biasa Digunakan Sebagai Salam, Ketahui Pula Maknanya!
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Ucapan "shalom" mungkin bukan lagi menjadi hal yang asing bagi orang Indonesia. Salam ini cukup sering didengar pada acara formal maupun santai. Namun, apa kalian tahu arti shalom dalam penggunaan tersebut?

Tak jauh beda dengan berbagai ucapan salam lain yang juga populer, arti shalom berkaitan dengan peribadatan (gereja) hingga percakapan sehari-hari. Tak sekadar sapaan, kata ini pun punya makna yang begitu mendalam berisi harapan akan kedamaian atau tidak adanya kekhawatiran dalam hidup.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan penjelasan lebih lanjut tentang arti shalom, silakan simak informasi berikut ini. Ada pula penjelasan mengenai penggunaan shalom dan maknanya yang bisa kalian pelajari.

1. Arti Shalom

Mengucapkan salam merupakan aktivitas yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Selain sebagai sapaan, salam juga identik dengan aktivitas keagamaan. Misalnya, Assalamualaikum sebagai salam umat Islam dan Shalom sebagai sapaan yang lazim didengar dari umat Kristen. Lalu apa sih arti shalom sebenarnya?

Sama seperti salam lain, inti dari arti shalom adalah untuk menyampaikan hal baik, seperti salam sejahtera, dan lain sebagainya. Shalom berasal dari bahasa Ibrani yang memiliki arti sejahtera, tidak ada yang hilang, kesehatan, dan kelengkapan. Selain itu, arti shalom juga merujuk pada kesejahteraan antara dua entitas (terutama antara manusia dan Tuhan atau antara dua negara), atau untuk kesehatan, kesejahteraan atau keamanan dari individu atau sekelompok individu.

2. Penggunaan Shalom dan Maknanya

Setelah mengetahui arti shalom pada penjelasan di atas, mungkin kalian juga penasaran dengan penggunaannya beserta maknanya yang mendalam. Kalian bisa mendengar penggunaan kata shalom di gereja Kristen. Kata shalom bisa digunakan sebagai balasan dari sapaan halo atau selamat tinggal. Selain itu, masih ada beberapa arti shalom dalam penggunaan lainnya. Berikut ini terdapat informasi mengenai hal tersebut yang bisa kalian simak.

1. "Shalom aleichem", seperti Assalamu alaikum dalam Bahasa Arab. Kata balasan yang sesuai adalah "aleichem shalom".

2. "Shabbat shalom" merupakan salah satu ucapan salam yang biasa digunakan pada hari Sabat. Kata ini paling banyak digunakan di kawasan yang ditempati oleh para penduduk Yahudi Mizrah, Yahudi Sephard, atau penduduk Israel yang berperilaku modern. Banyak komunitas Yahudi Ashkenaz di luar Yahudi menggunakan Gut shabbes dalam Bahasa Yiddish.

3. "Ma sh'lom'cha" merupakan ucapan salam dalam bahasa Ibrani yang sama dengan pengucapan kalimat "Apa kabar?" dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasa digunakan oleh kaum laki-laki. Bentuk pengucapan untuk kaum perempuan adalah "Ma sh'lomech?" atau "Ma sh'lomchen?". Sementara untuk laki-laki yang bersifat feminin pengucapannya adalah "Ma sh'lomchem?".

4. "Alav hashalom" merupakan salah satu pengungkapan yang digunakan oleh banyak orang di komunitas Yahudi, terutama Yahudi Ashkenazi. Salam ini diucapkan setelah menyebutkan seseorang yang terhormat yang telah meninggal dunia.

5. "Oseh shalom" adalah sebagian dari satu pengungkapan yang sering ditemukan dalam ayat-ayat penutup Liturgi Yahudi (termasuk birkat hamazon, kaddish dan doa amidah pribadi). Ayat yang menggunakan terbanyak adalah "Ose shalom bimromav hu ya'ase shalom aleynu v'al kol Yisrael v'imru amen", yang bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah "Tuhan yang membuat keamanan dalam keagungannya serta Tuhan-lah membuat keamanan di antara kita dan seluruh rakyat Israel, Amin."

6. Kata Shalom digunakan secara meluas dalam lagu-lagu Israel yang populer seperti "In Our Garden", "Ratziti Sheteda", dan "Shalom Chaverim".

7. Presiden Amerika Serikat Bill Clinton menutup epilognya untuk Yitzhak Rabin dengan "Shalom, chaver" (Sampai jumpa lagi, sahabatku).

8. Kata 'Lom (kadang kala Sh'lom) digunakan (terutama bagi para remaja Yahudi) sebagai singkatan untuk perkataan "Shalom" dalam bahasa gaul.

9. Kata lain yang berkaitan dengan bahasa Ibrani modern antara lain, "l'shalem" yang artinya "untuk bayar" dan "shalem" yang artinya "selesai".

3. Ayat Tentang Shalom di Alkitab

Agar kalian lebih memahami arti shalom yang bermakna damai sejahtera, silakan simak beberapa kutipan ayat di Alkitab berikut ini,

1. "Aku akan menciptakan puji-pujian. Damai, damai sejahtera bagi mereka yang jauh dan bagi mereka yang dekat--firman TUHAN--Aku akan menyembuhkan dia!" (Yesaya 57:19)

2. "Mereka mengobati luka umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera." (Yeremia 6:14)

3. "Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!" (2 Korintus 13:11)

4. "Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran!" (Mazmur 72:3)

5. "Oleh karena, ya sungguh karena mereka menyesatkan umat-Ku dengan mengatakan: Damai sejahtera!, padahal sama sekali tidak ada damai sejahtera mereka itu mendirikan tembok dan lihat, mereka mengapurnya." (Yehemia 13:10)

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti shalom beserta maknanya dalam berbagai penggunaan. Informasi ini mungkin bisa membantu rasa penasaran kalian terhadap salah satu ucapan salam yang cukup populer ini.

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI