Arti Tahi Lalat di Leher Berdasar Primbon Jawa dan Kepercayaan China, Ketahui Juga Penjelasannya Menurut Medis

Selasa, 14 Juni 2022 14:55
Arti Tahi Lalat di Leher Berdasar Primbon Jawa dan Kepercayaan China, Ketahui Juga Penjelasannya Menurut Medis
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Tahi lalat sudah seolah menjadi satu bagian tubuh manusia. Pasalnya, hampir dipastikan bahwa setiap orang pasti mempunyai setidaknya satu tahi lalat di tubuhnya. Tahi lalat juga sering dianggap sebagai suatu ciri fisik atau tanda lahir seseorang. Tahi lalat bisa ditemukan di bagian tubuh mana saja, salah satunya di leher. Sebagian orang percaya, terdapat makna tersembunyi di balik arti tahi lalat di leher.

Ya, ada sebagian kepercayaan yang juga sering kali menganggap, tahi lalat dan letaknya sebagai suatu simbol tertentu. Jadi tak sekedar dianggap sebagai bagian tubuh biasa, tahi lalat juga sering dianggap sebagai pertanda karakter hingga nasib seseorang di masa depan. Lantas, secara khusus apa arti tahi lalat di leher?

Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Arti Tahi Lalat di Leher Menurut Primbon Jawa

Bagi masyarakat Jawa khususnya yang masih tradisional, primbon kerap dijadikan sebagai salah satu pegangan. Primbon dipakai untuk membaca berbagai pertanda mulai dari yang muncul di mimpi hingga letak tahi lalat. Menurut primbon Jawa, terdapat beberapa arti tahi lalat di leher.

Secara umum, arti tahi lalat di leher menurut primbon menunjukkan karakter atau watak seseorang. Namun untuk karakter yang seperti apa, hal tersebut tergantung pada letak tahi lalat di leher yang secara lebih spesifik. Berikut penjelasan arti tahi lalat di leher menurut primbon berdasarkan letaknya.

1. Arti Tahi Lalat di Leher Depan

Tahi lalat di leher bagian depan mempunyai arti bahwa seseorang tersebut memiliki watak yang cenderung negatif. Mereka yang punya tahi lalat di leher depan, cenderung suka membual, berbohong, hingga menjelek-jelekan orang lain. Namun tak melulu negatif, orang dengan tahi lalat di depan leher juga disebut pemaaf dan suka menolong sesama.

2. Arti Tahi Lalat di Leher Belakang

Sementara itu menurut primbon Jawa, orang dengan tahi lalat di leher bagian belakang disebut punya sifat pemalas. Sifat negatif lainnya, orang dengan tahi lalat di leher bagian belakang juga sering dianggap sulit memegang rahasia dan suka ikut campur urusan orang lain. Positifnya, mereka yang punya tahi lalat di leher belakang adalah sosok yang cerdas dan pantang menyerah.

3. Arti Tahi Lalat di Leher Kanan

Untuk yang mempunyai tahi lalat di leher bagian kanan, dalam primbon Jawa disebutkan mereka punya sifat seseorang yang sombong dan mudah tersinggung. Sehingga, harus berhati-hati saat menghadapi mereka.

4. Arti Tahi Lalat di Leher Kiri

Sedangkan, dalam primbon Jawa seorang dengan tahi lalat di leher bagian kiri disebut sebagai seorang yang juga sombong, mudah tersinggung dan emosinya tidak stabil. Sehingga, sama seperti saat menghadapi orang dengan tahi lalat di leher kanan, kalian juga perlu waspada saat berbincang dengan mereka yang punya tahi lalat di sisi kiri.

 

 

2. Arti Tahi Lalat di Leher Menurut Kepercayaan China

Tak saja primbon Jawa, bahasan tentang arti tahi lalat di leher juga di bahas dalam budaya China. Menurut budaya China, letak tahi lalat juga sangat berkaitan erat dengan karakter dan pembawaan seseorang. Bukan itu saja, tahi lalat di leher juga bisa menjadi tanda dari nasib seseorang.

Menurut kepercayaan China, tahi lalat di leher disebut-sebut bisa jadi tanda bahwa seseorang akan berumur pendek. Namun alih-alih dianggap sebagai hal yang menyedihkan, dalam kepercayaan China arti tahi lalat di leher harus dijadikan motivasi untuk menjalani hidup sebaik mungkin. Sebaliknya, pemilik tahi lalat di leher juga harus menjalani hidup dengan santai dan lebih rileks.

 

 

3. Arti Tahi Lalat di Leher Menurut Kepercayaan Korea

Dalam kepercayaan dan kebudayaan tradisional Korea, arti tahi lalat juga menunjukkan suatu karakter seseorang. Menurut keyakinan kebudayaan Korea, orang dengan tahi lalat di leher punya kepercayaan diri yang tinggi. Selain itu, mereka juga cenderung keras kepala dalam menerima pendapat orang lain.

Dalam hal mengejar keinginan, orang yang punya tahi lalat di leher juga cenderung tidak mudah menyerah. Tak saja dalam hal mengejar keinginan terkait karier, melainkan juga dalam mengejar cinta sejatinya. 

 

4. Keberadaan Tahi Lalat Menurut Medis

Terlepas dari berbagai pandangan arti tahi lalat di atas, dalam pandangan medis tahi lalat merupakan satu fenomena wajar. Kemunculan tahi lalat bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya faktor genetik. Selain itu, tahi lalat juga bisa muncul akibat  melanosit yang menghasilkan pigmen di kulit.

Dari sudut pandang medis, kemunculan tahi lalat disebabkan adanya pertumbuhan sel tidak normal di kulit. Bukan sebagai penanda karakter apalagi nasib, tahi lalat ternyata mempunyai fungsi tersendiri di tubuh manusia. Dilansir dari klikdokter.com, keberadaan tahi lalat bisa jadi penanda adanya masalah kesehatan kulit seperti kanker melanoma. 

Masih dalam klikdokter.com, dr. Valda Garcia menyebut, "Harus dilihat juga faktor risiko (kanker melanoma) karakteristik tahi lalatnya. Salah satu ciri kanker seperti tahi lalat mudah berdarah."

Itulah di antaranya ulasan tentang arti tahi lalat di leher menurut kebudayaan Jawa hingga China. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI