Arti Tauhid, Jenis, Dalil dan Keutamaannya Bagi Umat Muslim

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

Arti Tauhid, Jenis, Dalil dan Keutamaannya Bagi Umat Muslim
Ilustrasi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Arti tauhid mengandung makna tentang Keesaan Allah. Selain itu makna dan arti tauhid sebenarnya berkaitan dengan salah satu konsep dalam aqidah. Aqidah berarti keyakinan, kepercayaan dan keimanan seorang muslim terhadap ajaran agama Islam.

Salah satu aspek penting dalam agama Islam adalah tentang keimanan. Iman berarti mengucapkan dengan lisan, membenarkan dalam hati, mengamalkan dalam perbuatan terhadap setiap syariat dan ajaran agama Islam.

BACA JUGA : Ketahui Kitab Suci Umat Islam Dengan Fungsi Dan Makna Surah-Surahnya

Sedangkan ajaran tauhid menjadi salah satu bentuk aqidah. Memahami makna dan arti tauhid sangatlah penting umat muslim ketahui. Sebab salah satu manfaat dan tujuan mengetahui arti tauhid adalah meyakini, percaya tentang keesaan Allah agar kita terhindar dari kesyirikan. Sebab Allah tidak dapat disandingkan, diserupakan dengan apapun di alam semesta.

Adapun penjelasan lebih lanjut tentang arti tauhid dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut arti tauhid beserta jenis, dalil dan keutamaannya yang perlu diketahui umat muslim telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Arti Tauhid

Arti tauhid bagi umat Islam termasuk dalam konsep aqidah. Aqidah berarti keyakinan dan kepercayaan seorang muslim terhadap ajaran agama Islam. Arti tauhid menjadi dasar penting dalam agama Islam. Karena itulah pentingnya umat muslim mempelajari dan menerapkan ajaran tauhid. Lalu apa sebenarnya arti tauhid?

Arti tauhid berkaitan dengan keyakinan dan kepercayaan bahwa Allah itu Esa. Esa dalam bahasa Arab bermakna satu atau tunggal. Arti tauhid mengandung makna bahwa meyakini dan mempercayai Allah itu satu atau tunggal sebagai Tuhan yang berhak disembah dengan kekuasaan dan segala sifat sempurna-Nya.

Arti tauhid sangat penting umat muslim terapkan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus pedoman dalam beragama. Sebab, arti tauhid berarti meyakini Allah itu Esa atau satu dan tidak ada sekutu, serupa, atau apapun yang menyerupai Allah. Sehingga umat muslim meyakini dan percaya bahwa tiada Tuhan selain Allah seperti halnya dalam bacaan laa ilaaha illallah.

Arti tauhid juga mengakui tentang sifat-sifat sempurna yang dimiliki Allah. Begitu juga dengan arti tauhid bahwa satu-satunya Tuhan atau Rabb yang mengatur segala kehidupan di bumi, baik itu rezeki, menghidupkan, mematikan, menciptakan, serta segala urusan lainnya di dunia dan akhirat. Arti tauhid juga bermakna meyakini kebenaran agama yang dibawa Rasul sebagai utusan Allah. Sehingga dengan mempelajari ajaran tauhid dapat menjadi pedoman umat muslim dalam menjalankan kewajiban dan aturan dalam agama. Itulah arti tauhid yang penting diketahui umat muslim.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pentingnya Mempelajari Tauhid Bagi Umat Muslim

Betapa pentingnya ajaran tauhid umat muslim terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena ajaran tauhid menjadi pedoman dan penuntun umat muslim dalam menjalankan setiap kewajiban beragama. Selain itu, sebagai umat muslim tentu tahu betul bahwa rukun Islam pertama adalah syahadat.

Bacaan syahadat memiliki arti "Saya bersaksi tiada tuhan selain Allah." dan "Saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah." bacaan syahadat menjadi salah satu ajaran tauhid yang mengakui tentang keesaan Allah SWT.

Arti tauhid dalam bacaan syahadat ini menjadi pondasi dalam menjalankan agama Islam. Karena itulah, pentingnya arti tauhid bagi umat muslim sebagai konsep dalam aqidah. Sebab dengan menerapkan ajaran tauhid bisa meningkatkan keimanan. Selain itu, arti tauhid tersebut salah satunya menjadi dasar serta landasan keimanan seorang muslim untuk menjalankan kewajiban agama sesuai dengan Al-Quran dan hadis. Itulah pentingnya tauhid bagi umat muslim.

 

3. Jenis-Jenis Tauhid

Setelah memahami arti tauhid, ada beberapa jenis ajaran tauhid yang juga penting kalian ketahui. Jenis-jenis tauhid menurut ulama dari berbagai mazhab menyebutkan tiga hal dalam tauhid. Adapun penjelasan tentang jenis-jenis tauhid yang perlu kalian ketahui sebagai berikut.

1. Tauhid Rububiyah

Arti tauhid rububiyah berarti mengakui dan meyakini bahwa Allah memiliki kekuasaan mengatur segala urusan, menciptakan, dan menghidupkan segala hal di alam semesta. Hal ini sesuai dengan dalil Al-Quran dalam surah Al An'am ayat 1 yang artinya,

"Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dan Mengadakan gelap dan terang."

Ada juga dalil lainnya yang menjadi dasar tauhid rububiyah dalam surah Al-A'raf ayat 54 sebagai berikut,

"Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy.1 Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam."

2. Tauhid Uluhiyyah

Jenis tauhid selanjutnya adalah tauhid uluhiyyah. Arti tauhid uluhiyyah adalah menerapkan ajaran tauhid yakni meyakini dan percaya dengan mentauhidkan Allah dalam segala bentuk peribadahan yang zhahir ataupun batin seperti dalam Al Jadid Syarh Kitab Tauhid. Sehingga Allah menjadi satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Hal ini seperti dalam dalil Al Quran Surah Al Fatihah yang artinya,

"Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan."

3. Tauhid Asma dan Sifat

Arti tauhid ini adalah tentang ketauhidan keesaan nama dan sifat Allah. Artinya meyakini dan percaya bahwa nama-nama dan sifat sempurna Allah telah ditetapkan dalam Al Quran dan sunnah. Selain itu cara bertauhid dengan menerapkan nama dna sifat Allah sesuai yang Allah tetapkan bagi diri-Nya dan menafikan nama dan sifat yang Allah nafikan dari diri-Nya, dengan tanpa tahrif, tanpa ta’thrifl dan tanpa takyif.

Itulah jenis-jenis tauhid yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian dalam menerapkan dan mengamalkan ajaran tauhid dalam kehidupan sehari-hari.

 

4. Dalil Tentang Ajaran Tauhid

Dalil tentang ajaran tauhid sebenarnya sangatlah banyak. Arti tauhid dalam dalil di Al Quran ataupun As-Sunnah pada dasarnya mengandung makna tentang keesaan Allah. Adapun beberapa dalil tentang arti tauhid dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Dalil tentang ajaran tauhid dalam Al Quran surah Al-Anbiya ayat 25 yang artinya,

"Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku."

2. Dalil tentang ajaran tauhid dalam Al Quran surah Al-Qashash ayat 88 yang artinya,

"Dan jangan (pula) engkau sembah tuhan yang lain selain Allah. Tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Segala keputusan menjadi wewenang-Nya, dan hanya kepada-Nya kamu dikembalikan."

3. Dalil tentang ajaran tauhid dalam Al Quran surah Al-Insyirah ayat 8 yang artinya,

"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap."

4. Dalil tentang ajaran tauhid dalam Al Quran surah Al-Ikhlas yang artinya,

"Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia (Allah)."

Itulah beberapa dalil dalam Al Quran yang menjelaskan dan mengandung makna tentang arti tauhid. Sehingga dengan mengetahui dalil tentang arti tauhid dan maknanya semakin membuat kalian memahami makna tauhid.

 

5. Keutamaan Mempelajari Tauhid Bagi Umat Muslim

Keutamaan mempelajari tauhid juga penting umat muslim ketahui. Pasalnya, ada beragam manfaat dan keutamaan mempelajari dan menerapkan tauhid. Adapun ulasan tentang keutamaan mempelajari tauhid bagi umat muslim sebagai berikut.

- Meyakini Keesaan, segala sifat dan kesempurnaan yang dimiliki Allah.

- Membenarkan setiap risalah serta ajaran Rasul Allah.

- Mengenal Allah dan Rasul-Nya melalui dalil yang pasti dan tepat.

- Terhindar dari pengaruh aqidah yang tidak benar.

- Meningkatkan rasa ikhlas dan menerima setiap ketentuan dan ketetapan Allah.

- Pedoman dan petunjuk dalam membedakan yang benar dan tidak terkait urusan aqidah atau keimanan.

- Menjauhkan diri dari kemusyrikan.

- Menjauhkan dalam sifat suudzon kepada Allah SWT dengan segala ketetapan dan ketentuan-Nya.

Itulah arti tauhid dan penjelasan lainnya tentang pentingnya menerapkan sifat tauhid dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan memahami arti tauhid dapat memudahkan kalian dalam menerapkan dan mengamalkan ajaran tauhid.

Sumber: liputan6.com, qazwa.id dan sumber lainnya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending