Memahami Arti Syahadat serta Maknanya bagi Seorang Muslim, Ketahui Juga Keutamaan Membacanya

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

Memahami Arti Syahadat serta Maknanya bagi Seorang Muslim, Ketahui Juga Keutamaan Membacanya
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Kalimat syahadat merupakan rukun Islam yang pertama. Dengan kata lain, dalam agama Islam kalimat syahadat merupakan hal yang sangat sakral. Oleh karena itu, sudah semestinya setiap umat islam memahami arti syahadat. Sebab, sejatinya syahadat bukanlah sebatas kalimat atau perkataan biasa. Di dalamnya terkandung makna mendalam tentang ajaran tauhid.

Setiap harinya umat Islam membaca kalimat syahadat saat melakukan ibadah sholat lima waktu. Maka, sudah semestinya setiap umat Islam hafal kalimat syahadat beserta artinya di luar kepala. Meski begitu, nyatanya kalimat syahadat tidak bisa hanya diartikan kata per kata saja. Arti syahadat juga harus dimaknai dan diresapi sebagai pedoman menjalani kehidupan.

Sebegitu pentingnya arti syahadat bagi umat Islam, untuk lebih memahaminya simak ulasan berikut ini.

1. Pengertian Syahadat

Dilansir dari merdeka.com, Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan UIN Sumatra Utara mengungkap bahwa kata syahadat berasal dari bahasa Arab "syahida". Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut berarti 'telah bersaksi'. Oleh karena itu, secara umum arti syahadat sering kali dimaknai sebagai ungkapan pengakuan atau bersaksi atas keesaan Allah SWT serta kepercayaan pada Nabi Muhammad sebagai utusan Allah SWT.

Selain itu, syahadat merupakan rukun bagian dari rukun Islam yang pertama. Setelah syahadat, baru rukun Islam lainnya sholat, puasa, zakat, dan naik haji. Artinya, syahadat mempunyai kedudukan yang penting sebagai dasar atau landasan keimanan seorang muslim.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bacaan dan Arti Syahadat

Setiap umat Islam tentu sudah tidak asing dengan kalimat syahadat. Pasalnya, kalimat ini selalu dibaca setiap kali melaksanakan ibadah sholat. Kalimat syahadat sendiri terdiri atas dua bagian. Kedua kalimat syahadat ini juga sering disebut dengan istilah syahadatain. Meski terdiri atas dua bagian, namun pengucapan kedua kalimat syahadat selalu dilakukan secara serangkaian.

Adapun kalimat syahadatain berbunyi sebagai berikut:

(1) Ayshadu An-la ilaha illallah

Artinya: "Saya bersaksi tiada tuhan selain Allah."

(2) Wa Ayshadu Anna Muhammada Rasulullah

Artinya: "Saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."

3. Makna Mendalam Kalimat Syahadat

Seperti bacaan dan arti syahadat yang disebutkan sebelumnya, kalimat syahadatain merupakan bentuk kesaksian dan pengakuan seorang muslim. Lewat kalimat syahadat, seorang muslim menyatakan kesaksiannya bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.

Kesaksian yang diungkapkan lewat syahadat menjadi dasar atau landasan keimanan seorang muslim. Pasalnya, dalam kalimat syahadat termuat ajaran tauhid atau tentang keesaan Allah SWT yang menjadi pondasi dalam agama Islam. Oleh karena itu, kalimat syahadatain seolah menjadi kunci bagi seorang nonmuslim untuk masuk Islam.

Sudah semestinya setiap umat Islam memahami arti syahadat. Tidak sekadar memahami arti secara kata, melainkan juga memaknainya untuk dijadikan pegangan hidup. Setelah memaknai syahadat, seorang muslim seharusnya bisa lebih ikhlas dan fokus dalam beribadah pada Allah, serta mengikuti ajaran-ajaran Nabi Muhammad.

4. Keutamaan Membaca Syahadat

Kalimat syahadat mempunyai makna yang mendalam bagi umat Islam. Arti syahadat harus tertanam dalam hati setiap umat. Sebab, seperti yang disebutkan sebelumnya kalimat syahadat merupakan landasan dari keimanan seorang muslim. Sehingga nilai-nilai dalam arti syahadat harus selalu dipertahankan dalam hati, salah satunya dengan terus membaca kalimat syahadat seperti saat sholat.

Di samping itu, ternyata ada sejumlah keutamaan yang bisa didapatkan seorang muslim lewat membaca syahadat. Adapun keutamaan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mendapat Kunci Surga
Salah satu keutamaan dari membaca dan memahami arti syahadat adalah akan mendapatkan kunci surga. Hal tersebut sebagaimana yang tergambar dalam salah satu hadis Nabi Muhammad berikut ini:

Saya bersaksi bahwa tidak ada sesembah yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah SWT semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, dan bersaksi bahwa Isa adalah hamba Allah dan anak dari hamba-Nya dan kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam serta Ruh dari-Nya dan bersaksi pula bahwa surga adalah benar adanya dan neraka pun benar adanya", maka Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga dari delapan pintu surga yang mana saja yang dia kehendaki" (HR. Muslim).

2. Merupakan Salah Satu Bentuk Dzikir
Berdzikir menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi seorang muslim. Dengan berdzikir, seorang muslim akan lebih dekat dan mengingat Allah SWT. Ternyata, membaca kalimat syahadat bisa menjadi salah satu berdzikir. Sebab dengan membaca syahadat, seorang muslim akan terus mengingat kebesaran dan keesaan Allah SWT.

3. Menumbuhkan Sikap Tawakal
Membaca kalimat syahadat artinya menanamkan dalam hati dan diri bahwa Allah SW adalah Tuhan Yang Esa. Artinya, seorang muslim hanya akan menyembah dan mengharap pertolongan dari -Nya. Dengan begitu, seorang muslim akan lebih mudah berserah, ikhlas, dan tawakal dalam menjalani hidupnya.

Itulah di antaranya ulasan mengenai arti syahadat serta maknanya bagi kehidupan seorang muslim. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending