Arti Username di Akun Sosial Media dan Aplikasi, Ketahui Kegunaannya

Kamis, 13 Januari 2022 14:11
Arti Username di Akun Sosial Media dan Aplikasi, Ketahui Kegunaannya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Mendengar istilah username tentu bukan hal baru lagi. Apalagi buat kalian pengguna sosial media, sangatlah familiar mengetahui apa arti username.

Memahami arti username tentunya penting kalian ketahui sebelum membuat akun sosial media ataupun mengakses situs tertentu. Pasalnya, setiap platform sosial media memerlukan penggunanya bikin username dan password. Begitu juga dengan aplikasi dan situs tertentu yang menerapkan pengguna untuk memiliki username, password dan email.

Meskipun kini arti username sudah banyak diketahui, cukup banyak juga pengguna pemula belum memahami makna username. Sebab terkadang pengguna pemula dibuat bingung dengan arti username.

Karena itulah di bawah ini ada ulasan mengenai arti username. Yuk langsung saja simak ulasannya mengenai apa arti username di sosial media, situs, dan aplikasi tertentu.

1. Arti Username di Sosial Media

Di media sosial, penggunanya cukup awam mengetahui apa itu username. Pasalnya, username perlu dimiliki pengguna sosial media untuk akun mereka. Selain itu, sebelum memiliki akun maka perlu terlebih dahulu membuat username. Namun, sudah tahukah kalian apa arti username di sosial media?

Bagi sejumlah pengguna, mungkin saja sudah tahu arti username. Namun, tidak sedikit pula pengguna pemula belum mengetahui arti username sebenarnya. Karena itulah, jika kalian termasuk pengguna sosial media pemula, perlu tahu arti username sebenarnya.

Jika merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia, arti username berasal dari dua kata yakni user dan name. Arti user adalah pengguna, sedangkan name adalah nama. Sehingga jika digabungkan maka arti username yakni nama pengguna. Dalam hal ini yang dimaksudkan username adalah nama pengguna akun sosial media. Contohnya seperti @biruawan, @hijadaun, @mataair, dan seterusnya. Namun perlu diketahui juga bahwa setiap platform sosial media memiliki perbedaan dan panduan tersendiri dalam pembuatan username. Itulah arti username di sosial media yang perlu diketahui.

2. Arti Username di Aplikasi

Tak hanya platform sosial media, terkadang sejumlah aplikasi dan situs tertentu memerlukan username untuk dapat mengakses laman mereka. Sebut saja seperti Gmail, yang memerlukan username untuk bikin akun.

Tak berbeda jauh dari apa arti username di sosial media, makna username ini juga disebut dengan nama pengguna. Nama pengguna yang dimaksudkan adalah untuk akun yang sudah dibuat. Sementara itu, setiap username di aplikasi ataupun sosial media hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja. Sehingga, orang lain tidak dapat membuat username dengan nama sama. Selain itu, umumnya, username dapat terdiri dari kombinasi huruf, simbol, angka, ataupun karakter. Itulah arti username yang digunakan untuk aplikasi tertentu.

3. Arti Username dan Password

Memahami arti username tak lengkap rasanya kalau tak menyertakan apa itu password. Sebab username dan password menjadi satu kesatuan untuk dapat login ke akun sosial media ataupun aplikasi tertentu. Setelah memahami arti username, ketahui juga arti password.

Jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, arti password adalah kata sandi. Kata sandi tersebut memiliki fungsi untuk mengamankan akun dari orang tidak bertanggung jawab. Karena itulah pengguna sosial media ataupun akun lainnya perlu memperhatikan kata sandi yang dibuat agar tidak mudah ditebak orang lain. Biasanya, password dapat terdiri dari kombinasi huruf, angka, simbol, atau karakter yang sulit ditebak.

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, bahwa password, email dan username adalah satu kesatuan. Sebab, keduanya diperlukan untuk bisa masuk ke akun. Karena itulah sejumlah aplikasi terkadang menerapkan keamanan akun login dengan username dan password ataupun email. Sehingga seorang pengguna sosial media ataupun situs tertentu perlu mengingat username dan password yang dimiliki. Selain itu pastikan kalian merahasiakan username dan password agar tak disalahgunakan orang lain.

4. Kegunaan Username

Setelah tahu arti username, kalian mungkin penasaran dengan apa kegunaan username. Berkaitan dengan kegunaan username sebenarnya sudah dijelaskan dalam ulasan sebelumnya. Namun tidak ada salahnya lagi untuk mengingat kembali apa kegunaan username.

Arti username adalah nama pengguna yang digunakan sebagai identitas akun. Di mana kegunaan username ini adalah untuk persyaratan login ke akun yang sudah kalian buat. Selain itu dengan username, maka orang lain dapat mudah mencari akun kalian di sosial media. Sebab, setiap pengguna hanya bisa menggunakan satu nama username. Artinya, username tidak dapat dibuat double dengan nama yang sama.

Selain itu umumnya orang lain juga membuat dengan gaya tersendiri username akun mereka. Sebut saja ada yang menggunakan inisial nama, mengkombinasikan angka, menambahkan simbol, ataupun huruf besar dan kecil. Itulah kegunaan username yang perlu diketahui.

5. Tips Bikin Username

Meskipun username dapat dibuat sesuai keinginan masing-masing pengguna, ada beberapa tips bikin username yang bisa kalian pertimbangkan. Sehingga dapat membantu kalian bikin username yang unik dan beda dari yang lain. Nah, berikut ini ada beberapa tips bikin username.

- Rancang nama username yang lebih menarik.

- Bikin username yang mudah diingat, sehingga memudahkan kalian login ke akun yang sudah dibuat.

- Memastikan bahwa username kalian tidak ada yang sama atau mirip.

- Dapat menambahkan kombinasi angka, simbol, ataupun tanda khusus.

Itulah arti username yang perlu diketahui. Sehingga memudahkan kalian tahu apa arti username dan fungsinya.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI