Arti VN dalam WhatsApp Beserta Cara Menggunakan dan Istilah Gaul Lainnya

Senin, 04 April 2022 16:22 Penulis: Dhia Amira
Arti VN dalam WhatsApp Beserta Cara Menggunakan dan Istilah Gaul Lainnya
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - WhatsApp atau sering disingkat WA, memang menjadi salah satu aplikasi komunikasi pilihan banyak orang di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Menjadi salah satu yang populer, tidak heran bila WhatsApp memiliki banyak sekali istilah, terutama istilah gaul. Ya, salah satu istilah gaulnya yaitu VN. Namun KLovers tahu nggak apa arti VN dalam WhatsApp?

Bagi pengguna WhatsApp, pasti tahu banget dengan singkatan VN ini. Namun, ada beberapa dari kalian yang mungkin tidak mengetahui secara pasti, apa sih VN itu. Ya, VN merupakan singkatan dari kata Voice Note. Dalam WhatsApp, kita tidak hanya bisa mengirim pesan dalam bentuk teks saja, namun juga bisa mengirimkan pesan dalam bentuk suara. Nah, pesan dalam bentuk suara inilah yang biasa disebut Voice Note atau VN.

Nah, KLovers ingin mengetahui lebih pasti lagi arti VN? Maka berikut ini arti VN, cara menggunakannya dengan tepat, dan istilah lainnya dalam WhatsApp. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti VN dalam WhatsApp

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, arti VN merupakan singkatan dari kata Voice Note. Dalam WhatsApp, kita tidak hanya bisa mengirim pesan dalam bentuk teks saja, namun juga bisa mengirimkan pesan dalam bentuk suara. Nah, pesan dalam bentuk suara inilah yang biasa disebut Voice Note atau VN.

Dalam segi bahasa, Voice Note merupakan bahasa asing atau bahasa inggris yang terdiri dari dua kata, yakni voice yang artinya suara dan note yang artinya catatan. Jadi, Voice Note adalah sebuah fitur yang terdapat pada aplikasi perpesanan dimana pengguna bisa saling berkirim pesan atau catatan suara.

Namun hal ini berbeda dengan panggilan telepon ya KLovers. Jika pada fitur panggilan telepon keduanya bisa saling berkomunikasi dalam satu waktu, maka VN dilakukan bergantian dengan saling mengirim pesan suara. Ini seperti kalian mengirim pesan teks atau chat, namun berupa suara bila malas membuat ketikan dalam jumlah panjang.

 

2. Cara Menggunakan VN di WhatsApp

Bila kalian sudah mengetahui arti VN, maka kalian perlu tahu nih bagaimana cara menggunakan VN di WhatsApp. Nah, berikut ini tahapan ataupun cara yang bisa KLovers lakukan saat akan menggunakan VN di WhatsApp:

1. Cara pertama, KLovers bisa buka dan jalankan aplikasi WhatsApp di perangkat kalian masing-masing.

2. Kemudian, cari pengguna atau kontak seseorang yang akan KLovers kirimkan Voice Note.

3. Pada bagian untuk mengetik pesan, cek disisi sebelah kanan icon dengan bentuk mikrofon.

4. Setelah itu, klik dan tahan icon tersebut, lalu silahkan kalian berbicara dan sampaikan sebuah pesan.

5. Agar suara terdengar lebih jelas kalian bisa dekatkan bagian microfon ponsel kalian saat merekam suara Voice Note.

6. Jika sudah selesai berbicara, lepaskan jari kalian pada tombol microfon.

7. Dan selesai, maka secara otomatis pesan suara yang kalian rekam tadi akan terkirim ke kontak yang sudah dipilih.

 

3. Istilah Lain dalam WhatsApp

Selain arti VN, ada berbagai istilah singkatan yang biasa digunakan dalam WhatsApp. Istilah tersebut memang digunakan secara luas, tapi tak menutup kemungkinan tetap ada orang yang belum memahaminya. Jika memang mendapat pesan hanya berisi singkatan yang terkesan aneh dari kontak yang dikenal, kalian pun boleh menanyakan maksudnya.

Namun, jika kalian tertarik untuk mengetahui berbagai istilah itu, silakan mempelajarinya. Selain apa arti VN, kalian juga perlu mengetahui istilah lainnya agar paham ketika mendapatkan pesan semacam itu saat menggunakan WhatsApp. Dan berikut ini beberapa istilah dalam WhatsApp yang bisa KLovers ketahui:

1. VC (Video Call)

VC atau Video Call merupakan istilah yang digunakan seseorang untuk mengajak pengguna lain melakukan panggilan video atau video call.

2. PM (Personal Message)

Arti PM dalam WhatsApp adalah personal message. Sekilas, arti dari istilah ini mirip dengan PC. Bedanya, istilah PM sering digunakan di media sosial sebagai tindak lanjut dari interaksi terbuka di kolom komentar.

3. PAP (Post a Picture)

PAP adalah istilah yang merujuk pada permintaan seseorang untuk meminta foto lawan bicara.

4. TC (Test Contact)

Pernah dapat broadcast message yang isinya TC saja. Itu berarti si pengirim pesan sedang melakukan test contact. Ia hanya ingin memastikan kontak mana saja yang masih aktif didaftar pertemanannya.

5. Join

Arti kata Join di WhatsApp adalah gabung atau ikut serta. Biasanya join ini digunakan untuk mereka yang ikut gabung dalam grup.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti VN atau Voice Note yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya arti VN saja, namun KLovers juga bisa mengetahui berbagai istilah lain yang sering digunakan dalam WhatsApp, agar KLovers tidak bingung bila mendapatkan sebuah pesan dengan singkatan saat menggunakan WhatsApp.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI