Arti PM di WA Adalah Pesan Pribadi, Ketahui Istilah Gaul Lainnya dalam WhatsApp

Jum'at, 19 November 2021 18:55 Penulis: Dhia Amira
Arti PM di WA Adalah Pesan Pribadi, Ketahui Istilah Gaul Lainnya dalam WhatsApp
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - WhatsApp atau sering disingkat WA, memang menjadi salah satu aplikasi komunikasi pilihan banyak orang di berbagai negara. Menjadi salah satu yang populer, tidak heran WhatsApp memiliki banyak sekali istilah, terutama istilah gaul. Ya, salah satu istilah gaulnya yaitu PM. Namun KLovers tahu nggak apa arti PM di WA?

Ya, mungkin sebagian dari KLovers mengetahui apa arti PM di WA. Namun ada pula yang belum mengetahui istilah gaul ini. Selain PM ada beberapa istilah gaul lainnya, bagi mereka pengguna WA. Biasanya istilah gaul ini merupakan singkatan yang terdiri dari 2 hingga 3 huruf saja. Tujuannya untuk mempermudah pengguna untuk melakukan komunikasi.

Nah, bagi KLovers yang penasaran apa sih arti PM di WA. Maka berikut ini penjelasan tentang arti PM di WA, beserta dengan istilah gaul lainnya di aplikasi WhatsApp. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Arti PM di WA

Bagi KLovers yang belum tahu apa arti PM di WA, arti PM merupakan singkatan dari kata "Personal Message" atau dalam Bahasa Indonesia yaitu "Pesan Pribadi". Bila seseorang mengatakan "Saya PM", "PM saja", atau "hubungi lewat PM, ya", hal itu menandakan bahwa mereka mengingatkan kalain untuk mengirim pesan pribadi melalui WhatsApp.

Sebenarnya kata PM sendiri bukan berasal dari WhatsApp loh KLovers. Dikutip dari The Washington Post, dan dikutip dari Kumparan, sebenarnya kata PM berasal dari aplikasi Snapchat. Ya, Snapchat merupakan aplikasi pertama di mana kata PM mulai sering digunakan oleh pengguna aplikasi tersebut.

Sama halnya dengan Ping! yang dulu digunakan oleh BBM, PM juga beralih ke aplikasi WhatsApp. Hal ini lagi-lagi karena WhatsApp merupakan salah satu aplikasi komunikasi terbesar di dunia. Sehingga mereka yang menggunakan Snapchat juga menggunakan WhatsApp dan membuat PM menjadi salah satu istilah yang digunakan di WhatsApp.

2. Perbedaan PM PC di WhatsApps

Bila PM merupakan "Personal Message", bagaimana dengan PC? Ya, selain PM ada pula PC yang digunakan untuk chat secara pribadi. Tapi ada perbedaan nggak ya untuk menggunakan PC ataupun PM? Ya, PC merupakan singkatan dari "Personal Chat". Kedua persamaan tersebut memiliki arti yang sama namun berbeda makna.

PC lebih sering digunakan secara umum jika seseorang ingin mengirim chat personal ke salah satu pengguna WhatsApp. Namun memiliki arti dan maksud yang sama. Mungkin lebih tepatnya PM digunakan untuk orang yang belum terlalu kita kenal, sedangkan PC digunakan untuk teman atau keluarga yang dekat.

Misalnya saja begini, kalau PM dilakukan oleh mereka yang ingin melakukan transaksi belanja online. Atau dalam sebuah grup kalian ingin melakukan komunikasi secara pribadi oleh salah satu orang di grup tersebut. Bila PC lebih pada kalian yang ingin melakukan komunikasi dengan teman dekat bila di sebuah grup.

Ya, bila dilihat maksudnya memang sama ya KLovers. Artinya pun juga sama. Namun hanya ada sedikit perbedaan dari pengguna PM ataupun PC. Bila kalian merasa bingung, kalian bisa menggunakan salah satunya. Tidak ada larangan untuk menggunakan salah satu saja.

3. Istilah Populer di WhatsApps

Nah, selain arti PM di WA. Kalian juga bisa loh mengetahui istilah lain di aplikasi WhatsApp. Ya, istilah ini sering digunakan oleh mereka yang menggunakan WhatsApp dan bukan menjadi sebuah istilah yang asing. Nah, bagi KLovers yang penasaran dengan istilah apa saja itu, berikut beberapa istilah populer di WhatsApp:

1. VC (Video Call)

VC atau Video Call merupakan istilah yang digunakan seseorang untuk mengajak pengguna lain melakukan panggilan video atau video call.

2. VN (Voice Note)

VN atau Voice Note merupakan istilah yang sering dipakai jika seseorang ingin mengirim atau meminta pesan suara. Biasanya seseorang menggunakan pesan suara atau VN ketika menerangkan sesuatu yang panjang dan detail.

3. PAP (Post a Picture)

PAP adalah istilah yang merujuk pada permintaan seseorang untuk meminta foto lawan bicara.

4. TC (Test Contact)

Pernah dapat broadcast message yang isinya TC saja. Itu berarti si pengirim pesan sedang melakukan test contact. Ia hanya ingin memastikan kontak mana saja yang masih aktif didaftar pertemanannya.

5. Join

Arti kata Join di WhatsApp adalah gabung atau ikut serta. Biasanya join ini digunakan untuk mereka yang ikut gabung dalam grup.

Itulah arti PM di WA yang bisa para KLovers ketahui. Bukan hanya mengetahui arti PM di WA saja, kalian juga bisa mengetahui istilah lain di WhatsApp dan perbedaan PM serta PC.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI