Arti Warna Ungu Menurut Psikologi, Feng Shui, Ilmu Aura Tubuh, Hingga Berbagai Budaya di Dunia

Kamis, 17 Februari 2022 10:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Warna Ungu Menurut Psikologi, Feng Shui, Ilmu Aura Tubuh, Hingga Berbagai Budaya di Dunia
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Ungu merupakan salah satu jenis warna yang saat ini banyak digunakan dalam banyak hal, misalnya saja untuk fashion. Di Indonesia sendiri, warna ungu dianggap sebagai warna janda. Namun apakah demikian? Ya, nyatanya arti warna ungu memiliki banyak sekali makna loh KLovers.

Arti warna ungu sendiri memiliki makna tersendiri, tergantung dengan ilmunya. Misalnya saja, arti warna ungu menurut psikologi dan arti warna ungu menurut Feng Shui tidak memiliki arti yang sama. Bahkan ada pula loh, arti warna ungu dalam budaya di berbagai dunia.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana arti warna ungu. Maka berikut ini arti warna ungu menurut psikologi, Feng Shui, ilmu aura tubuh, dan menurut budaya di berbagai negara. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Arti Warna Ungu Menurut Feng Shui

Untuk arti warna ungu yang pertama yaitu, ada arti warna ungu menurut Feng Shui. Ya, bagi KLovers yang suka dengan arti-arti Feng Shui, maka kalian bisa memahami arti warna ungu ini. Ya, arti warna ungu menurut Feng Shui bisa menjadi sebuah bayangan bila kalian ingin menempatkan warna ungu di rumah. Menurut Feng Shui, arti warna ungu merupakan elemen api.

Pada zaman dahulu, ungu adalah warna yang memiliki prestige. Warna ungu dianggap memiliki derajat tertinggi dan termahal. Tak jarang, banyak kerajaan zaman dulu yang menggunakan warna ungu sebagai warna pakaian kerajaan atau warna atribut kerajaan. Warna ungu tidak boleh digunakan oleh sembarangan orang selain pihak kerajaan atau yang memiliki hubungan keluarga dengan pihak kerajaan.

Warna ungu memang sangat impresif karena mempunyai nilai spiritual yang tinggi. Arti warna ungu identik dengan kemewahan. Sebagai warna yang memiliki tingkat spiritual tinggi, maka warna ungu sangat tepat diaplikasikan pada pada ruang tidur dan ruang meditasi. Hal ini diharapkan membawa perubahan ke arah yang positif saat kalian tidur maupun bermeditasi. Warna ungu sebaiknya tidak diterapkan sebagai warna untuk dapur dan kamar mandi ya KLovers.

2. Arti Warna Ungu Menurut Psikologi

Bagaimana arti warna ungu menurut psikologi? Ya, arti warna ungu dalam ilmu psikologi ada beberapa arti ya KLovers. Menurut psikologi, arti warna ungu dianggap unik sekaligus eksotis. Ini pula yang membuat tidak semua orang bisa menerimanya. Ada polarisasi, dari mereka yang sangat suka ungu dan di sisi lain ada yang sama sekali tidak menyukainya.

Secara visual, sebenarnya warna ungu adalah warna yang paling sulit dibedakan. Selain itu, gelombang elektromagnetiknya juga termasuk yang paling kuat, di atas x-ray dan gamma ray. Alasan itu pula yang membuat ungu kerap dijadikan ilusi Pac-Man atau lilac chaser illusion. Dalam ilusi ini, awalnya orang akan melihat titik bulat berbentuk melingkar.

Setelah observasi lebih lama, bulatan ini akan menghilang dan hanya terlihat lempengan berwarna hijau bergerak dalam lingkaran. Dalam persepsi psikologis lainnya, ungu juga efek memancing kreativitas. Mulai dari memancing munculnya ide baru hingga motivasi dalam menjalankannya. Di saat yang sama, efek warna ungu pun memberikan sensasi menenangkan.

3. Arti Warna Ungu dalam Ilmu Aura Tubuh

Kemudian ada pula arti warna ungu dalam ilmu aura tubuh. Dalam ilmu aura tubuh yang dikenal sebagai warna cakra, warna ungu adalah chakra mahkota. Chakra Mahkota, juga dikenal sebagai Sahasrara, terletak di bagian atas kepala. Ini terkait dengan mahkota kepala, sistem saraf, dan otak, yang mewakili pemikiran murni.

Cakra ini menghubungkan seseorang dengan kesadaran tanpa batas. Membuka chakra ini akan membantu memasuki pemahaman spiritual yang mendalam. Batu permata yang akan membantu sensitivitas Cakra Mahkota adalah batu kecubung dan kuarsa jernih. Sehingga arti warna ungu menurut ilmu aura tubuh sedikit mirip dengan Feng Shui.

4. Arti Warna Ungu dalam Budaya Dunia

Nah, setelah KLovers mengetahui arti warna ungu menurut ilmu. Maka kalian bisa mengetahui arti warna ungu dalam budaya di berbagai negara di dunia. Ya, dalam beberapa budaya, arti warna ungu berbeda di setiap negara ya KLovers. Dan berikut ini beberapa arti warna ungu dalam budaya di berbagai negara di dunia:

1. Di Tibet, batu kecubung berwarna ungu dianggap suci bagi Buddha, dan kalung rosario sering dibuat dari bahan itu.

2. Warna ungu dalam penghargaan militer AS yang disebut "Purple Heart" mewakili keberanian. The Purple Heart diberikan kepada anggota angkatan bersenjata Amerika Serikat yang terluka dalam menjalankan tugas negaranya.

3. Di Thailand, arti warna ungu dikenakan oleh seorang janda yang berduka atas kematian suaminya.

4. Arti warna ungu mewakili kebanggaan dalam agama Kristen. Warna ini dikaitkan dengan Advent dan Prapaskah. Para pendeta Katolik mengenakan jubah ungu sebelum melakukan Rekonsiliasi.

5. Secara tradisional, di Iran, warna ungu adalah warna prediksi dari apa yang akan terjadi mendatang. Matahari atau bulan yang terlihat ungu selama gerhana adalah pertanda akan terjadinya pertumpahan darah dalam setahun ke depan.

6. Di Tudor Inggris, warna ungu adalah warna duka, juga warna spirit keagamaan.

7. Julius dan Augustus Caesar, Kaisar Roma, keduanya memutuskan bahwa hanya Kaisar yang boleh mengenakan pakaian warna ungu. Bahkan ketika Nero menjadi Kaisar, pemakai dan penjual pakaian berwarna ungu bisa dihukum mati.

8. Seorang pria yang memiliki pangkat tinggi di Kekaisaran Romawi disebut sebagai "The Purple", yaitu nama julukan yang berasal dari warna jubah yang dipakainya.

9. Di Mesir, ungu menunjukkan kebajikan dan iman yang teguh. Ungu adalah warna kerajaan para Kaisar.

10. Di Jepang, warna ungu menandakan kekayaan dan posisi tinggi.

11. Beberapa negara di Eropa menghubungkan warna ungu dengan kedukaan atau kematian. Contohnya adalah negara-negara di Amerika Latin dan Amerika Selatan, seperti Brazil.

Itulah arti warna ungu yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya arti warna ungu menurut psikologi saja, namun ada pula arti warna ungu menurut Feng Shui dan ilmu aura tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI