Awal Mula Dalgona Coffee Jadi Viral, Sampai Bikin Raisa Ikutan Penasaran

Jum'at, 03 April 2020 16:22 Penulis: Dhia Amira
Awal Mula Dalgona Coffee Jadi Viral, Sampai Bikin Raisa Ikutan Penasaran
(credit: Shutterstock/Indochina studio)


Kapanlagi Plus - Seperti yang diketahui jika dalgona coffee tengah jadi perbincangan di media sosial belakangan ini, terutama di Korea Selatan. Ternyata, dalgona coffee pertama kali di buat di Korea Selatan bahkan menjadi sebuah challange saat social distancing karena pandemi corona covid-19 ini.

Di Korea Selatan, dalgona ini merupakan jajanan ringan berbentuk permen yang juga sering disebut ppopgi. Seperti itulah awal dari dalgona coffee dan ini jadi viral.

Dan seperti inilah penjelasan lengkap, beberapa fakta tentang dalgona coffee, kopi yang lagi viral. Jangan hanya membuatnya saja ya KLovers, kalian juga perlu tahu asal usulnya agar tidak penasaran.

 

 

1. Berawal dai Sebuah Challenge

Kita tahu bahwa pandemi virus corona covid-19 telah terjadi di berbagai belahan dunia, salah satunya Korea Selatan. Karena adanya pandemi tersebut, masyarakat Korea Selatan juga melakukan kegiatan social distancing.

Melakukan social distancing berbulan-bulan di rumah tentu membuat masyarakat Korea Selatan merasa bosan dan jenuh, dan pada akhirnya timbul challange membuat dalgona coffee ini.

Challenge itu pun disambut hangat oleh para masyarakat Korea Selatan, mereka semua berbondong-bondong melakukan challenge itu dan mengunggahnya di media sosial.

2. Melewati 400 Kali Adukan

Tekstur dari dalgona coffee sendiri berbentuk foam yang lembut. Untuk membuat challenge semakin seru, kalian harus membuatnya pakai sendok. Sebenarnya kalian bisa membuat dalgona coffee ini menggunakan mixer, tetapi tidak menjadikan hal tersebut sebuah challenge.

Jika kalian mau ikuti challenge ini, membuat dalgona coffee harus dengan menggunakan sendok melalui proses 400 kali adukan. Sebenarnya tidak perlu sampai 400 kali adukan sih, hanya perlu kopi tersebut menjadi foam saja.

Istilah 400 kali adukan ini hanya untuk memberikan kesan bahwa membuat dalgona coffee butuh waktu lama dalam mengaduk.

3. Sudah Ada Sejak Tahun 1970

Meski baru viral dalam beberapa waktu ini, tapi jangan salah jika sebenarnya dalgona sudah populer sejak tahun 1970. Di Korea Selatan sendiri, dalgona merupakan permen bernama ppopgi yang memiliki tekstur seperi spons. Bahan dari permen dalgona adalah campuran gula dan minyak kemudian dimasak untuk dijadikan sirup.

Sirup gula inilah yang nantinya dilelehkan dan dicampur dengan baking soda sambil diaduk sehingga mengembang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah matang, campuran gula beserta bahan lainnya dituang ke tempat dengan permukaan datar. Baru dicetak menjadi bulatan dengan beragam motif di atasnya.

 

4. Idol Korea Ikutan Challange Dalgona Coffee

Begitu viralnya dalgona coffee hingga membuat para idol korea ikutan challenge. Ya, siapa saja mereka? Sebut saja ada girlband TWICE, AOA, ada pula boyband ACE dan Aktor tampan Jung Il Woo. Bahkan dalam sebuah live juga ada Hyunjae, member dari The Boyz's yang ikut membuat dalgona coffee dan meminta kepada semua para member dari The Boyz's untuk mencicipinya.

5. Viral di Indonesia

Selain viral di kalangan idol Korea, nyatanya selebriti Indonesia seperti Raisa juga penasaran dengan minuman satu ini. Bentuknya yang unik dan mudah ini rupanya mengundang rasa penasaran orang.  Pasti kalian tergiur untuk membuatnya.

Sebuah cuitan di Twitter @raisa6690, Raisa bertanya apa sebenarnya dalgona coffee itu. "Dalgona coffee itu apa sih guys??," tanyanya. 

Cuitannya itu pun menjadi sorotan hingga banyak netizen yang berikan balasan. Wah, gimana KLovers? Masih penasaran juga seperti Raisa?

6. Cara Membuat Dalgona Coffee

Untuk membuat dalgona coffee tidak sulit kok KLovers. Bahan-bahannya pun tidak mahal. Kalian hanya perlu membeli coffee instan yang memiliki bubuk halus, gula putih atau brown sugar, susu cair, dan juga es batu bila kalian ingin dingin.

Setelah bahan-bahan tersebut tersedia, kalian bisa membuatnya dengan perbandingan bahan 1:1, masukkan semua bahan di atas selain batu es dan juga susu putih, beri sedikit air dan aduk hingga menjadi sebuah foam yang kental. Kemudian baru masukkan es dan susu ke dalam gelas, terakhir berikan foam dalgona coffee di atas susu. Dalgona coffee pun siap disajikan.

Itulah awal mula dari dalgona coffee, tak hanya viral di kalangan masyarakat Korea Selatan dan para idolnya saja, nyatanya selebriti Indonesia seperti Raisa juga penasaran dengan coffee yang ini. Semoga penjelasan di atas bisa hilangkan rasa penasaran para KLovers yang ada di rumah.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI