7 Cara Mengatasi Sesak Napas dengan Bahan Alami, Dipercaya Redakan Asma dan Pneumonia

Jum'at, 03 April 2020 12:44 Penulis: Dita Tamara
7 Cara Mengatasi Sesak Napas dengan Bahan Alami, Dipercaya Redakan Asma dan Pneumonia
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sesak napas sering kali disebut sebagai salah satu ciri terinfeksi virus corona atau covid-19. Namun, ada beberapa penyakit yang menyebabkan sesak napas, salah satunya ialah asma. Maka dari itu banyak ada banyak cara mengatasi sesak napas, salah satunya dengan memakai obat tradisional.

Asma sendiri merupakan salah satu jenis penyakit paru paru yang dapat menyebabkan penderitanya susah untuk bernapas atau sesak napas. Penyakit asma ini juga termasuk jenis penyakit yang bisa berubah menjadi jenis penyakit akut atau kronis. 

Asma ini bisa kambuh, jika pada saat ada di suatu rangsangan aliran udara yang masuk ke dalam organ paru paru. Penyebab pasti penyakit asma hingga kini belum di ketahui. Namun, asma bisa terjadi jika dipicu oleh beberapa faktor seperti alergi, polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, kandungan di dalam makanan, serta juga beberapa pengobatan. Biasanya penyakit asma ini akan menimbulkan gejala seperti batuk, napas yang pendek, serta dada terasa sesak.

Jika kalian menderita asma dan enggan untuk mengonsumsi obat, cara pengobatan secara alami bisa kalian terapkan untuk meredakan sesak napas. Berikut ini merupakan cara mengatasi sesak napas dengan bahan alami.

 

1. Jahe

Obat sesak napas alami dan mudah dicari yaitu jahe. Ya, jahe merupakan salah satu cara mengatasi sesak napas dengan bahan alami yang dipercaya bisa meredakan sesak napas, terutama penyakit asma. Jahe yang memiliki sifat anti-peradangan, anti-oksidan, dan mampu mencegah pelepasan histamin, sehingga mampu meredakan sesak napas.

Manfaat lainnya yaitu mampu membuat otot-otot di saluran pernapasan menjadi lebih rileks. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mengambil jahe secukupnya lalu kupas dan cuci hingga bersih. Kemudian potong jahe menjadi kecil kecil. Lalu masukan ke dalam panci untuk di rebus, tunggu hingga rebusan air jahe mendidih. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai hangat kemudian minumlah air rebusan jahe tersebut secara rutin setiap hari 2 kali sampai sembuh.

2. Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat asma alami dan dipercaya mengatasi banyak penyakit. Memiliki sifat anti-peradangan, sehingga bawang putih dapat membantu meredakan penyakit asma.

Kalian dapat mengonsumsi bawang putih secara mentah setelah di cuci bersih. Jika bawang putih ini dikonsumsi dengan dosis yang tepat serta juga cara yang benar maka bisa menghasilkan manfaat dan juga khasiat yang sangat manjur.

 

3. Kunyit

Kunyit adalah obat asma alami lainnya yang bisa kalian coba. Sifat anti-alergi yang dimiliki kunyit, dipercaya dapat meredakan sesak napas yang kalian derita. Diperkirakan juga kunyit memiliki efek pada histamin yang dapat menyebabkan peradangan.

Berikut ini cara mengolah kunyit untuk obat tradisional penyakit asma. Langkah pertama, ambil beberapa kunyit, lalu kupas dan cuci bersih. Kemudian potong menjadi beberapa bagian dan rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, tunggu beberapa saat dan minumlah air rebusan kunyit tersebut secara rutin.

4. Ginseng

Cara mengatasi sesak napas berikutnya dengan menggunakan giseng. Ginseng menjadi salah satu obat yang dipercaya dapat meredakan sesak nafas akibat asma. Gingseng mampu menghambat peradangan, mencegah kerusakan sel di saluran pernapasan.

Bahan alami ini memang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan sesak napas. Tumbuhan ini mudah sekali ditemukan dan mudah tumbuh di Indonesia. Tak jarang kalian dapat menemukan tanaman ginseng ini tumbuh di China, Korea, hingga Siberia.

5. Madu

Madu sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernapasan, yang kemudian dapat dikeluarkan. Kalian dapat mengonsumsi madu dengan menggunakan air putih hangat. Hindari penggunaan air dingin karena akan memperburuk kondisi pernapasan kalian. Campurkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat kemudian langsung Anda minum.

Untuk hasil yang maksimal, kalian dapat menambahkan kunyit yang telah dicuci, dipotong-potong lalu dimasukkan ke dalam campuran madu, atau kunyit yang ditumbuk halus kemudian dicampurkan.

6. Akar Manis

Obat sesak napas alami yang berasal dari akar manis ini dipercaya mampu mengencerkan dahak dan membantu mengeluarkan dahak hingga melegakan pernapasan. Satu studi mengatakan akar manis ini mampu memperbaiki fungsi paru-paru dan membantu mencegah terjadinya serangan asma.

7. Buah Cermai

Buah cermai ini memiliki manfaat dan juga khasiat baik untuk kesehatan salah satunya dapat mengobati asma. Tidak hanya buahnya saja, ternyata bunga dari pohon cermai juga dapat kalian manfaatkan untuk di jadikan sebagai obat tradisional penyakit sesak napas. Maka dari itu, cermai menjadi salah satu cara mengatasi sesak napas.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan dulu beberapa bahan bahan yang akan di butuhkan seperti buah cermai sebanyak 6 biji, 1 siung bawang merah, dan juga akar kara.

Cuci bersih semua bahan. Langkah selanjutnya yaitu tumbuk semua bahan menjadi satu. Setelah itu rebus bahan yang sudah di tumbuk tersebut dengan menggunakan air sebanyak 1 gelas. Tunggu sampai rebusan tersebut mendidih, setelah itu angkat dan biarkan beberapa saat dan kemudian saring. Minumlah air rebusan buah cermai tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah tadi beberapa bahan yang alami sebagai cara mengatasi sesak napas. Tujuh bahan alami ini memang miliki kaya manfaat. 

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI