Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Setelahnya, Hafalkan Agar Makin Khusyuk Beribadah

Kamis, 15 April 2021 15:55
Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Setelahnya, Hafalkan Agar Makin Khusyuk Beribadah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Selain sholat wajib, kita mengenal adanya sholat sunnah. Meski tidak menjadi kewajiban, tapi menjalankan sholat sunnah bisa jadi satu cara mendapatkan pahala. Sholat sunnah juga menyimpan keutamaan. Sholat tahajud jadi salah satu sholat sunnah yang cukup sering dikerjakan. Oleh karena itu, penting bagi setiap umat muslim mengetahui dan memahami bacaan niat sholat tahajud.

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang bisa dikerjakan di malam hari. Selain waktu pengerjaan, ada beberapa hal yang membedakan sholat tahajud dengan sholat wajib dan sholat sunnah lainnya. Salah satu perbedaan tersebut terdapat pada bacaan niat sholat tahajud. Selain itu, tentu masih ada hal-hal lain yang harus diperhatikan saat sholat tahajud. Apa sajakah itu?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut bacaan niat sholat tahajud dan ulasan lain yang perlu diketahui setiap umat muslim.

 

1. Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, sholat tahajud bisa dikerjakan di malam hari, yaitu mulai waktu setelah isya sampai masuknya waktu subuh. Akan tetapi, lebih dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sholat tahajud pada saat telah memasuki sepertiga malam terakhir (jelang waktu subuh). Pasalnya, sepertiga malam terakhir diyakini sebagai salah satu waktu yang mustajab. Sehingga, cocok untuk beribadah dan berdoa.

 

2. Bacaan Niat Sholat Tahajud

Niat jadi satu hal penting dalam menjalankan suatu ibadah atau amalan baik. Ketulusan saat membaca niat akan menentukan diterima tidaknya suatu amalan ibadah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan memahami bacaan niat sholat tahajud.

Sebab, dengan begitu kita lebih khusyuk dan tulus dalam menjalankan sholat sunnah satu ini. Dengan begitu berkah dan pahala yang didapat juga akan lebih maksimal. Adapun bacaan niat sholat tahajud adalah sebagai berikut.

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa.

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala."

 

3. Tata Cara Sholat Tahajud

Tak kalah penting dengan niat sholat tahajud, umat muslim juga harus mengetahui tata cara atau pelaksanaan ibadah sunnah ini. Sholat tahajud dikerjakan dalam jumlah rakaat genap. Mulai dari dua rakaat hingga tak terbatas, dengan ketentuan tiap dua kali rakaat, ditutup dengan satu kali salam.

Dari segi pelaksanaan, sebenarnya tidak ada yang membedakan sholat tahajud dengan sholat lainnya. Dari segi bacaan pun tidak terdapat bacaan khusus yang harus dilafalkan saat menunaikan sholat tahajud. Namun di akhir, sholat tahajud sering disertai dengan melakukan sholat witir sebanyak 3 rakaat sebagai penutup.

 

4. Doa Setelah Sholat Tahajud

Selain niat sholat tahajud, ternyata ada doa khusus yang dianjurkan untuk dipanjatkan setelah melaksanakan sholat sunnah ini. Adapun bacaan doa tersebut sebenarnya merupakan salah satu doa Rasululllah SAW yang terdapat dalam salah satu hadisnya yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Doa tersebut berbunyi:

Allaahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqaa'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naaru haq. Wan nabiyyuuna haq. Wa Muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haq. Was saa'atu haq. Allaahumma laka aslamtu. Wa bika aamantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khaashamtu. Wa ilaika haakamtu. Fagfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihi minnii. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Laa ilaaha illaa anta. Wa laa haula, wa laa quwwata illâ billaah.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Itulah di antaranya bacaan niat sholat tahajud berikut arti dan tata cara pelaksanaannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Amiin.

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI