Berawal dari Olahan Roti Sisa, Bread Pudding Kini Jadi Camilan Kekinian yang Laris Manis

Selasa, 12 Oktober 2021 16:40 Penulis: Wuri Anggarini
Berawal dari Olahan Roti Sisa, Bread Pudding Kini Jadi Camilan Kekinian yang Laris Manis
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Bicara soal camilan kekinian yang lagi booming, nama bread pudding jelas nggak boleh dicoret dalam daftar. Puding roti panggang yang dinikmati bersama vla ini layak jadi comfort food yang bisa menemani berbagai aktivitas selama di rumah saja. Sekarang jadi camilan kekinian, tapi tahu nggak sih kalau sebenarnya hidangan ini sudah ada sejak abad ke-11 di Eropa dan menjadi makanan kelas bawah? Gali fakta menariknya, yuk!

Olahan Roti Sisa

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Menurut pakar sejarah makanan, bread pudding sudah mulai muncul sejak abad ke-13 di Eropa. Makanan ini sendiri mulai populer di Inggris sejak abad ke-13. Awalnya, makanan ini tercipta dari kreasi kaum kelas bawah yang mengolah roti sisa menjadi makanan yang layak disantap.

Jangan mengira bread pudding di masa itu diolah dengan krim mustard dan telur seperti yang banyak dijumpai saat ini. Awalnya, makanan tersebut hanya berupa roti yang direndam dalam air panas dan diberi campuran gula serta beberapa rempah.

Mulai Berkembang di Banyak Negara

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bread pudding perlahan-lahan mulai dikenal dan banyak orang mulai berkreasi membuat resep yang lebih baik lagi. Makanan ini pun mulai jadi menu di beberapa resto. Popularitas bread pudding mulai meningkat. Banyak negara yang kemudian memiliki bread pudding versi mereka masing-masing.

Misalnya saja di Meksiko, ada sebuah hidangan bernama capirotada, yaitu bread pudding yang dilapisi oleh keju dan direndam dalam sebuah sirup yang dibuat dari piloncillo, sejenis brown sugar atau gula palem. Selanjutnya, di Mesir ada Umm Ali, puding roti yang dibuat dari puff pastry, susu, kismis dan almond. Di Indonesia juga ada setup roti tawar.

Berbagai Kreasi Bread Pudding Kekinian Mudah Ditemukan

Belakangan ini bread pudding jadi salah satu makanan kekinian yang popularitasnya meningkat. Banyak seller yang berkreasi dengan kudapan yang satu ini. Yup, bread pudding memang salah satu camilan yang mudah dikreasikan. Nggak terbatas pada penggunaan roti tawar saja, kamu juga bisa menggunakan puff pastry sampai roti gandum.

Berbagai bahan pun bisa dikombinasikan untuk membuat bread pudding menjadi comfort food yang lengkap. Seperti cokelat, almond, hingga buah-buahan. Kreasi bread pudding yang memanjakan lidah juga bisa kamu temukan dari para seller yang bergabung di ManisdanSedap.com lho.

ManisdanSedap.com merupakan platform yang menjadi bagian dari dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. ManisdanSedap.com hadir untuk membantu para pecinta kuliner dalam melakukan pre order makanan favorit mereka dari berbagai kota yang ada di Indonesia.

Dilengkapi dengan tombol pemesanan, kamu akan langsung terhubung ke WhatsApp seller. Jadi, pemesanan dan transaksi dilakukan terpisah dari platform sehingga lebih praktis dan nggak ribet. Temukan rekomendasi bread pudding lezat yang ada di ManisdanSedap.com berikut ini.

1. Bread Pudding dengan Vanilla Brown Sauce by Lasagmore di Bali

Credit: LasagmoreCredit: Lasagmore

2. Caramel Bread Pudding by Snackiest_smg di Semarang

Credit: Snackiest_smgCredit: Snackiest_smg

3. Bread Pudding with Custard Sauce by Bave.id di Depok

Credit: Bave.idCredit: Bave.id

4. Ham & Cheese Bread Pudding by Warung Bandel di Jakarta

Credit: Warung BandelCredit: Warung Bandel


Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI