Bikin Mudik Makin Unforgetable, Jalan-Jalan ke Banjarnegara Aja Yuk!

Senin, 27 Mei 2019 13:49 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Bikin Mudik Makin Unforgetable, Jalan-Jalan ke Banjarnegara Aja Yuk!
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Libur Lebaran harus senantiasa diisi dengan beragam agenda menyenangkan. Bukan hanya bersilaturahmi bersama keluarga besar, berwisata ke tempat yang indahnya luar biasa juga bisa jadi ide cemerlang. Mendambakan jalan-jalan tak terlupakan? Coba datang ke banjarnegara yuk! Siapa sangka ternyata di sana ada banyak sekali spot wisata keren yang patut dikunjungi dan memanjakan mata. Misalnya saja situs budaya, sejarah, kawah, telaga, waduk, sampai air terjun.

(c) Kemenpar(c) Kemenpar

“Wisatawan wajib mendatangi destinasi Banjanegara. Kotanya sejuk, tenang, airnya melimpah dan suasananya sangat mendukung liburan,” tutur Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Kamis (16/5).

Anda tertarik ke Banjarnegara? Berikut sejumlah destinasi yang bisa dipilih untuk mengisi #PesonaMudik2019.

1. Candi Arjuna, Dieng

Candi Arjuna sangat terkenal. Setiap wisatawan yang datang ke Dieng tak akan melewatkan komplek percandian yang satu ini.

Kanan dan kirinya rindang. Bak taman yang menyajikan kesejukan. Apalagi, udara dingin dataran tinggi Dieng memberikan sebuah kesan yang berbeda.

2. D! Piano Hot Spring

D'Qiano Hot Spring adalah waterpark tertinggi di Indonesia. Bukan karena jenis wahana atau seluncurannya yang tertinggi. Karena lokasi waterpark berada di dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Keindahan alam, segarnya udara, panasnya air kolam, dan cerianya wahana permainan menjadi satu. Sambil berenang dan bermain air, Anda bisa melihat kepulan asap kawah Sileri. Pemandangan yang langka untuk sekelas wahana permainan air.

3. Curug Pitu

Wisata ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang begitu alami. Jalan menuju air terjun ala hutan tropis.

Yang unik dari air terjun Curug Pitu adalah, tujuh tingkatan air terjun dari atas ke bawah. Untuk mencapai keseluruhan tingkatan, pengunjung harus berjalan kaki ke arah hulu ( ke atas) melewati jalan setapak.

4.Bukit Asmara, Situk

Bukit Asmara Situk merupakan tempat wisata yang sedang hits. Wisata bukit ini mempunyai kekhasan tersendiri yang dapat memikat pengunjungnya.

Ada hamparan panorama hijau yang membuat mata sejuk. Ada juga pegunungan yang terbentang indah. Juga goa-goa yang dihiasi lampu kerlap-kerlip.

5. Rafting Sungai

Wisata Arung Jeram / Rafting Sungai Serayu, Banjarnegara bagaikan mengarungi lika-liku kehidupan. Kadang harus mendayung dengan sepenuh tenaga. Kadang juga tidak harus mendayung dengan sepenuh tenaga. Tetapi semua itu akan membuat kita semua bahagia. Apalagi setelah sampai di finish atau akhir pengarungan. Petualangan akan semakin lengkap ketika anda sudah menyambangi Rafling Sungai Serayu.

6. TRMS Seruling Mas

Objek wisatanya menggabungkan kebun binatang, waterboom, area bermain outbond, omah terwelu. Dalam bahasa Indonesia artinya rumah kelinci. Juga area panahan. Perbedaannya di TRMS Seruling Mas ini, pengunjung bisa sekalian berziarah. Di dalam kebun binatang terdapat makam. Letaknya di dekat kandang unta. Sangat berdekatan dengan batas tembok kolam renang.

7. Tampomas

Gunung Tampomas tempat wisata yang asyik. Destinasinya menyuguhkan keindahan alam. Dijamin tidak akan mengecewakan. Gunung ini memiliki tebing-tebing berbentuk menyerupai kubah. Gunung Tampomas juga memiliki nilai sejarah, dan sarat akan mitos.

8. Keramik Klampok

Keramik Klampok salah satu jenis kerajinan Kota Banjarnegara. Kerajinannya terbuat dari lempung atau tanah liat. Ada nilai seni yang tinggi. Maklum, proses pengerjaannya dengan tangan. Motifnya pun sangat khas. Keramik Klampok diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

9. Desa Wisata Gumelen

Tempat wisata pemandian menawarkan keindahan alam nan asri dan eksotis. Mata airnya muncul dari dasar bumi. Sangat fresh. Dalam perjalanan Anda akan disuguhkan panorama indah bak lukisan. Semuanya dibalut hamparan pegunungan.
Desa Wisata Gumelen mempunyai tempat wisata lain di dalamnya. Ada Wisata Alam Pemandian Air Panas, Wisata Alam Pemakaman Sunan Muria, masjid kuno berumur 700 tahun, serta Industri batik dan gula semut.

10. Surya Yudha Park

Destinasinya menawarkan liburan lengkap. Mulai dari wisata air hingga area hiburan. Sangat cocok untuk keluarga. Fasilitasnya komplit. Dari Hotel berbintang, MICE, restauran & cafe, Waterpak, Sport Center, Cinema, semua ada. Selain itu, ada juga Family Karaoke, Rafting, outbound, Photo 3D Trick Art, Lovelocks Park.

(*/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI