Nggak Cuma Bahan Pengharum, Ini 6 Manfaat Daun Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selasa, 28 Juli 2020 12:33 Penulis: Dhia Amira
Nggak Cuma Bahan Pengharum, Ini 6 Manfaat Daun Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat daun jeruk (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Daun jeruk merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari pohon jeruk. Memiliki warna yang hijau dan juga harum yang khas, membuat daun jeruk sering sekali dijadikan sebagai bahan mengharumkan makanan atau minuman.

Tetapi selain memiliki manfaat tersebut, ternyata manfaat daun jeruk lainnya bisa untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat daun jeruk tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 manfaat daun jeruk untuk kesehatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

1. Mengatasi Bau Mulut

Manfaat daun jeruk yang pertama yaitu dapat mengatasi bau mulut. Hal ini karena di dalam daun jeruk terdapat kandungan anti halitosis yang memiliki sifat anti bakteri alami, sehingga bau mulut dapat teratasi.

Bau mulut sendiri terjadi karena bakteri yang ada berada di dalam mulut, sehingga mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk menghilangkan hal tersebut kalian bisa menggunakan daun jeruk untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada mulut.

2. Mengatasi Stres

Ternyata manfaat daun jeruk yang lainnya yaitu dapat mengatasi stress loh. Hal ini karena daun jeruk memiliki aroma esensial yang dapat membuat urat saraf yang tegang menjadi lebih lembut dan juga relaks. Sehingga hal ini dapat menghilangkan rasa stress pada tubuh.

Selain itu, kalian juga bisa menjadikan aroma dari daun jeruk sebagai cara mengatasi kelelahan yang berlebihan di dalam tubuh. Caranya mudah banget, kalian bisa menggunakan minyak aromaterapi yang berasal daun jeruk untuk memberikan perasaan tenang saat tidur di malam hari.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun jeruk yang selanjutnya yaitu dapat mempercepat penyembuhan pada luka. Bila kalian mengalami luka pada kulit akibat jatuh atau hal lainnya, maka kalian dapat menggunakan kulit jeruk sebagai obat alami untuk mengatasi luka dengan aman dan cepat.

Hal ini karena daun jeruk mengandung senyawa antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan mempercepat pengeringan luka. Caranya cukup mudah, haluskan daun jeruk yang sudah dicuci bersih menggunakan air, lalu tempelkan pada kulit yang terluka.

4. Mengatasi Diare

Selain itu ternyata manfaat daun jeruk juga dapat mengatasi diare loh KLovers. Diare biasanya terjadi akibat adanya bakteri yang berlebih di dalam perut, sehingga pencernaan menjadi tidak sehat dan mengalami diare. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa menggunakan daun jeruk sebagai bahan alami.

Hal ini karena daun jeruk memiliki kandungan anti bakteri yang dapat mengatasi bakteri tidak sehat di dalam perut kalian. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengonsumsi daun jeruk secara langsung. Kalau merasa pahit, bisa kalian tambahkan gula aren atau madu.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Ternyata selain kulit jeruk, daun jeruk juga dapat menjaga kesehatan rambut loh KLovers. Hal tersebut karena, kandungan minyak dalam daun jeruk sangat efektif membersihkan kotoran dan minyak pada rambut. Sehingga rambut tetap sehat dan terhindar dari ketombe berlebih.

Selain itu juga, kandungan anti bakteri pada daun jeruk dapat mengatasi ketombe dan kutu pada rambut. Kalian dapat menjadikan daun jeruk yang sudah dihaluskan dengan air sebagai masker rambut, selain aman digunakan karena alami, cara melakukannya pun mudah dan tidak repot.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Dan manfaat daun jeruk yang terakhir yaitu dapat menjaga kesehatan pada kulit. Hal ini karena di dalam daun jeruk terdapat kandungan minyak atsiri atau biasa dikenal dengan essential oils yang dapat membunuh propionibacterium acnes atau bakteri pada jerawat. Selain itu kandungan antioksidan pada daun jeruk juga dapat membantu mengembalikan efek penuaan dan memelihara kulit agar tetap bercahaya.

Itulah 6 manfaat daun jeruk untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain memiliki aroma yang sedap, nyatanya daun jeruk juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI