Brenton Tarrant Pelaku Penembakan Masjid di New Zealand Pendukung Pewdiepie

Jum'at, 15 Maret 2019 17:15 Penulis: Rezka Aulia
Brenton Tarrant Pelaku Penembakan Masjid di New Zealand Pendukung Pewdiepie
Penembak masjid di New Zealand fans Pewdiepie? © istimewa


Kapanlagi Plus - Penembakan di Masjid Christcurch, New Zealand cukup menggegerkan dunia. Pasalnya negara yang terkenal damai ini baru saja mengalami teror mencekam. Seorang pria menembak masjid Al Noor di kota Christcurh pada Jumat siang (15/3/2019).

Pelaku teridentifikasi sebagai Brenton Tarrant, seorang pria kulit putih. Pria ekstrim ini menembak masjid yang sedang berlangsung ibadah salat Jumat. Ia bahkan menyiarkan tindakannya ini melalui live Facebook.

1. Penggemar Pewdiepie

Dalam live facebook yang ia unggah, Brenton berkata 'Remember, lads! Subscribe to Pewdiepie!' sebelum mulai menembak. Tentu saja kalimat ini menjadi kontroversi dan memicu kemarahan publik. Brenton dan Pewdiepie tak memiliki hubungan, kemungkinan si pelaku ini ngefans pada sosok youtubers.

Pewdiepie alias Felix Kjellberg adalah youtuber berusia 29 tahun. Ia tenar karena konten komedi dan game yang ia buat. Selama karier youtubenya ia melakukan beberapa kontroversi. Mulai dari kecaman kaum Yahudi, isu rasisme dan anti-semitism.

2. Hari Kelam di New Zealand

Setelah penembakan terjadi, kepolisian mengambil tindakan cepat. Para penduduk di seluruh New Zealand diharap tetap berada dalam ruangan. Masjid-masjid ditutup untuk menghindari serangan susulan. 

Rumah sakit masih dipadati korban dan belum ada jumlah pasti. Namun harian CNN menyatakan sedikitnya jatuh 40 korban jiwa dalam teror ini. Pemerintah New Zealand juga menyatakan ini adalah 'Hari Terkelam di New Zealand'.

 

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI