Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down di Seluruh Dunia Bukan Karena Serangan Siber

Kamis, 14 Maret 2019 11:45 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down di Seluruh Dunia Bukan Karena Serangan Siber
Ilustrasi Facebook (Foto: Unsplash.com/William Iven)


Kapanlagi Plus - Sosial media, Facebook dan juga Instagram pagi ini terlihat down. Ya, kedua jejaring tersebut terpantau belum bisa digunakan oleh para netizen. Meskipun aplikasi masih bisa dibuka, namun hanya postingan terakhir saja yang dapat kalian lihat beberapa jam yang lalu.

Tak hanya itu saja, beberapa fitur yang disediakan oleh Instagram juga tidak dapat diakses, seperti Messenger, posting feed, dan juga update story.

Seperti yang dilansir dari The Verge, menyebut bahwa Oculus VR yang dimilki Facebook juga sempat down, begitu pula fitur Facebook Ad.

WhatsApp pun juga alami masalah yang sama. Anak perusahaan Facebook ini juga ikut berdampak meski cukup sedikit di aspek Story. Meski begitu ada beberapa negara yang terdampak seperti Paraguay, Argentina, Brazil, India, Bangladesh.

1. Segera Menyelesaikan Masalah

Dengan adanya kejadian ini, Instagram pun berikan pernyataan, untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Seperti yang mereka tulis di Twitter.

"Kami sadar akan adanya masalah yang berdampak pada akses Instagram saat ini. Kami tahu ini membuat mengecewakan, dan tim kami sedang bekerja keras untuk memperbaiki ini secepat mungkin," tulis Instagram di akun Twitter resminya @instagram.

2. Berdampak Parah

Seperti yang diketahui jika Instagram adalah aplikasi yang berdampak parah. Ya, seperti yang kalian tahu feed tidak mau loading, Instagram Story tidak bisa dibuka, fitur Direct Messages dan tombol untuk posting konten baru tidak berfungsi.

Pihak Facebook sendiri juga belum bisa memastikan penyebabnya, hingga membuat down seperti ini. Namun mereka memastikan ini bukan karena adanya peretasan maupun serangan DDoS yang memang menyerang sistem.

"Kami sadar kalau semua orang kini sedang mengalami masalah dalam mengakses aplikasi Facebook dan keluarganya. Kami sedang menyelesaikan masalah ini," tulis Facebook di akun Instagramnya, @ facebook.

(kpl/mdk/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI