Bukit Teletubbies Gunung Bromo Terbakar, Pihak TNBTS Cari Tahu Penyebabnya

Senin, 03 September 2018 16:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Bukit Teletubbies Gunung Bromo Terbakar, Pihak TNBTS Cari Tahu Penyebabnya
Bukit Teletubbies Terbakar © Twitter @Sutopo_PN

Kapanlagi Plus - Bukit Teletubbies Gunung Bromo kembali terbakar. Bukit yang cukup Instagrammable ini dilalap si jago merah sebagai impact dari api yang menjalar dari kebakaran savana di gunung Bromo.

Kepala Seksi Pengelolaan Wisata Wilayah 1 TNBTS, Sarmin mengatakan jika titik api berawal dari busung pentungan di kawasan Blok Watu Gede Jemplang yang masih termasuk wilayah Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kobaran api masih susah dijinakkan karena kondisi cuaca di Bromo.

Ya, angin kencang yang berada di lokasi tersebut malah menambah api dan membuat kebakaran semakin meluas. Belum lagi tumpukan daun dan ranting kering yang membuat kebakaran semakin besar.

Sarmin sendiri mengatakan jika pihaknya masih belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Hingga kini, petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dibantu banyak pihak masih berusaha memadamkan kobaran api.

"Sebanyak 320 personel gabungan diturunkan untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan sabana Gunung Bromo dari petugas TNBTS, Polri, TNI, BPBD, Perhutani, dan jasa wisata yang berada di sekitar lokasi," kata Sarmin dikutip dari Antara.

Namun walau terbakar, pihak TNBTS tak menutup kawasan ini, dan memperbolehkan para pengunjung untuk memasuki wilayah Bromo. Hal tersebut dikarenakan jalur yang melalui Probolinggo dan Pasuruan sama sekali tak terdampak kebakaran.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI