Cara Nonaktif Facebook Sementara dan Permanen yang Mudah, Ketahui Langkahnya dengan Benar

Kamis, 23 September 2021 15:44 Penulis: Nurul Wahida
Cara Nonaktif Facebook Sementara dan Permanen yang Mudah, Ketahui Langkahnya dengan Benar
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam fitur menarik yang bisa dinikmati pengguna Facebook salah satunya nonaktifkan akun sementara bahkan permanen. Cara nonaktif Facebook sementara dan permanen tergolong mudah serta simple banget. Pengguna dapat menggunakan fitur nonaktif Facebook lewat aplikasi ataupun website.

Cara nonaktif Facebook berbeda dengan menghapus akun Facebook. Pasalnya nonaktif Facebook berarti pengguna dapat kapan saja mengaktifkan kembali akun mereka. Sementara menghapus akun Facebook berarti pengguna tidak dapat mengakses kembali secara permanen akun tersebut.

Fitur nonaktif Facebook sebenarnya sudah disediakan juga. Hanya saja, beberapa pengguna mungkin belum mengetahui cara nonaktif Facebook. Biasanya alasan pengguna menonaktifkan Facebook adalah untuk beristirahat sejenak dari akun media sosial tersebut.

Lalu bagaimana cara nonaktif Facebook sementara dan permanen dengan mudah?

Berikut ini cara nonaktif Facebook sementara dan permanen yang mudah dan lengkap membantumu istirahat sejenak dari platform media sosial. Langsung saja simak ulasannya tentang cara nonaktif Facebook sementara dan permanen telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Apa Itu Nonaktif Facebook?

Sebelum membahas tentang cara nonaktif Facebook sementara dan permanen, tidak ada salahnya mengetahui apa itu nonaktif Facebook. Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya nonaktif Facebook berarti tidak menjalankan sementara aktivitas di akun sosial media tersebut untuk beberapa waktu.

Sehingga tidak ada kabar terbaru tentang aktivitas pengguna di Facebook, orang lain tidak dapat melihat linimasa, status, foto, story terbaru. Selain itu pengguna juga dapat menonaktifkan Facebook bersifat sementara ataupun permanen. Meski begitu, kalian tetap bisa melihat pesan yang dikirimkan orang lain melalui platform Facebook.

 

2. Perbedaan Nonaktif Facebook dan Menghapus Facebook

Ada perbedaan jelas antara nonaktif Facebook dan menghapus akun. Di mana kalau nonaktif Facebook berarti pengguna masih bisa membuka akun tersebut dan menerima pesan yang dikirimkan. Selain itu, sewaktu-waktu pengguna dapat kembali mengaktifkan Facebook sesuai dengan keinginan mereka.

Sedangkan, menghapus Facebook artinya pengguna tidak dapat kembali membuka akun Facebook setelah dihapus. Biasanya untuk menghapus semua data akun Facebook juga diperlukan waktu cukup lama kurang lebih selama 3 bulan.

 

3. Cara Nonaktif Facebook Sementara

Ada dua cara yang bisa pengguna pilih untuk nonaktif Facebook. Pertama pengguna bisa nonaktif Facebook secara sementara yang mana pengguna bisa sewaktu-waktu mengaktifkan kembali akun. Jika kalian ingin tahu cara nonaktif Facebook sementara, berikut ini beberapa penjelasan yang bisa membantumu berhenti sejenak dari platform Facebook.

- Pertama masuk ke akun Facebook kalian.

- Selanjutnya masuk ke profil kalian, lalu klik panah di kanan atas Facebook.

- Setelah itu, klik pengaturan & privasi, pilih pengaturan.

- Setelah itu, pilih informasi Facebook kalian di bagian kolom kiri.

- Pilih penonaktifan dan penghapusan.

- Setelah itu pilih nonaktifkan akun lalu pilih lanjutkan.

- Selanjutnya kalian bisa mengikuti petunjuk untuk konfirmasi penonaktifan akun.

 

4. Cara Nonaktif Facebook Secara Permanen

Adapun cara nonaktif Facebook secara permanen juga tak kalah mudah. Hanya saja ketika pengguna memilih untuk nonaktif Facebook secara permanen, artinya tidak dapat kembali mengaktifkan akun tersebut. Cara nonaktif Facebook secara permanen ini sebenarnya sama dengan penghapusan Facebook.

Sebab diketahui jika pengguna menonaktifkan akun Facebook permanen data-data di akun tersebut kalian mungkin saja akan terhapus permanen. Jika kalian ingin nonaktif Facebook secara permanen, berikut ini cara nonaktif Facebook yang bisa dilakukan. Adapun cara nonaktif Facebook secara permanen sebagai berikut.

- Pertama masuk ke akun Facebook kalian.

- Selanjutnya pilih menu di bagian kanan atas Facebook.

- Setelah itu, pilih pengaturan.

- Lalu pilih kepemilikan dan control akun.

- Selanjutnya pilih penonaktifan dan penghapusan, pilih hapus akun.

- Setelah itu lanjutkan untuk penghapusan akun.

- Pilih hapus akun.

Penonaktifan Facebook secara permanen ini biasanya memerlukan waktu selama 90 hari untuk menghapus data-data yang tersimpan. Namun kalian masih bisa membatalkannya dalam 30 hari sejak proses nonaktif Facebook permanen dilakukan.

 

5. Cara Aktifkan Facebook Sementara

Jika kalian ingin mengaktifkan kembali Facebook yang sebelumnya dinonaktifkan, berikut ini ada cara aktifkan Facebook sementara. Melansir dari situs resmi Facebook.com, cara mengaktifkan ulang akun yang sudah dinonaktifkan adalah pengguna dapat login kapan saja melalui akun Facebook tersebut.

Hanya saja perlu diingat bahwa, pengguna memastikan masih ingat alamat email atau nomor ponsel yang digunakan untuk masuk ke akun Facebook.  Sebab cara aktifkan Facebook sementara sebenarnya bisa dilakukan hanya dengan masuk ke akun Facebook kalian. Selanjutnya pengguna dapat mengaktifkan kembali akun tersebut.

 

6. Cara Membatalkan Nonaktif Facebook Permanen

Nonaktif Facebook permanen juga memiliki arti bahwa akun tersebut telah dihapus. Karena itulah, jika kalian sebelumnya sudah terlanjur melakukan cara nonaktif Facebook permanen, ada cara membatalkannya. Adapun ulasan cara membatalkan nonaktif Facebook permanen sebagai berikut.

- Pertama kalian masih bisa membatalkan nonaktif Facebook permanen apabila masih dalam waktu 30 hari sejak penghapusan tersebut diproses.

- Selanjutnya login akun Facebook.

- Lalu pilih batalkan penghapusan.

Nah itulah cara nonaktif Facebook sementara dan permanen dengan mudah. Langkah-langkah cara nonaktif Facebook di atas bisa kalian pahami untuk mengontrol penggunaan akun Facebook.

 

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI