Cara Cek Kartu KKS Lewat Internet dan Langsung ke Bank, Ketahui Juga Kriteria Penerimanya

Jum'at, 26 November 2021 15:22
Cara Cek Kartu KKS Lewat Internet dan Langsung ke Bank, Ketahui Juga Kriteria Penerimanya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Kartu Keluarga Sejahtera atau disingkat KKS dikeluarkan pemerintah untuk keluarga yang tergolong Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Pemegang KKS nantinya berhak menerima bantuan sosial atau bansos. Namun sebelumnya, pemegang KKS wajib melakukan pengecekan saldo. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara cek kartu KKS bagi para penggunanya.

Masyarakat yang mempunyai kartu KKS nantinya berhak mendapatkan dana bansos senilai Rp 200.000,00, yang akan dicairkan setiap 3 bulan sekali. Itulah mengapa penting untuk tahu cara cek kartu KKS agar, pemegang bisa mengecek secara mandiri apakah bantuan tersebut sudah masuk atau belum. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak pemegang kartu KKS yang bingung untuk melakukannya.

Padahal, cara cek kartu KKS sebenarnya sangatlah mudah. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti beberapa langkah-langkah yang akan dijelaskan dalam ulasan, berikut dilansir dari berbagai sumber.

1. Tujuan Program

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) menjadi salah satu program pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Lebih mendetail, program ini mempunyai beberapa tujuan khusus. Sehingga, sebelum tahu cara cek kartu KKS, ada baiknya untuk tahu tujuan-tujuan tersebut agar bisa digunakan secara maksimal. Dilansir dari intelresos.kemensos.go.id, berikut beberapa tujuan dari program KKS.

1) Membantu PMKS miskin dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.

2) Mencegah menurunnya taraf kesejahteraan PMKS miskin dan rentan akibat kesulitan ekonomi.

3) Meningkatkan tanggung jawab sosial bersama.

2. Kriteria Penerima KKS

Seperti yang telah disinggung di awal, KKS diperuntukkan masyarakat yang tergolong dalam kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Secara lebih rinci, untuk bisa mendaftarkan diri sebagai penerima KKS, masyarakat yang tergolong PMKS juga harus memenuhi beberapa kriteria. Berikut beberapa kriteria penerima KKS yang nantinya dapat melakukan cara cek kartu KKS.

1) Berusia usia minimal 22 tahun.

2) Merupakan penyandang disabilitas yang tinggal di panti atau LKS.

3) Warga lanjut usia yang tinggal di panti atau LKS.

4) Merupakan gelandangan dan pengemis yang tinggal dipanti atau di bawah kolong jembatan atau tidak memiliki tempat tinggal tetap yang layak huni.

5) Korban penyalahgunaan napza yang tinggal di panti atau LKS.

6) Merupakan mantan warga binaan lembaga pemasyarakatan (BWBLP).

3. Cara Daftar sebagai Penerima KKS

Setiap warga yang tergolong PMKS dengan kriteria di atas berhak mendaftarkan diri untuk menjadi penerima KKS. Maka, sebelum tahu cara cek kartu KKS, lebih dahulu penting untuk tahu tata cara pendaftarannya. Berikut adalah tata cara pendaftaran penerima KKS.

1) Pertama, calon penerima bisa mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke pengurus RT/RW atau langsung ke Kantor Kelurahan.

2) Setelah itu, calon penerima KKS akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

3) Selanjutnya, input data pelengkap seperti data diri dalam KTP, NIK, KK, dan Kode Unik Keluarga ke dalam Data Terpadu.

4) Jika sudah, data yang telah lengkap akan langsung diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor Wali kota atau Kabupaten.

5) Setelah proses verifikasi, penerima akan dibuatkan rekening bank, kemudian menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

4. Cara Cek Kartu KKS

Setelah memperoleh kartu, calon penerima bisa melakukan cara cek kartu KKS Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek kartu KKS, mulai dari lewat internet atau bisa juga melalui rekening koran. Untuk lebih jelasnya, berikut cara cek kartu KKS.

1) Cara Cek Kartu KKS lewat Internet

- Buka browser bisa lewat hp maupun laptop, kemudian akses situs cekbansos.kemensos.go.id

- Setelah itu lakukan proses login, dengan memasukkan data diri.

- Jika semua data diri telah terisi, kemudian lakukan proses pencarian data dengan klik "cari data".

- Hasil pencarian akan menunjukkan apakah kalian telah terdaftar sebagai calon penerima. Jika telah terdaftar, saldo akan ditransfer ke rekening sesuai dengan jadwal.

2) Cara Cek Kartu KKS lewat Rekening Koran

- Datang ke bank penyalur dengan membawa data atau dokumen yang diperlukan.

- Ambil nomor antrean ke Customer Service (CS)

- Kemudian, tunjukkan dokumen kepada petugas CS

- Setelah itu, lakukan pencetakan rekening koran.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara cek kartu KKS berikut infromasi penting seputarnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI