5 Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Secara Mudah, Semua Operator Ada

Jum'at, 17 Juni 2022 11:55
5 Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Secara Mudah, Semua Operator Ada
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Nomor Induk Kependudukan (NIK) bisa digunakan untuk mendaftarkan kartu SIM Card seluler. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Salah satu manfaat dari registrasi kartu SIM seluler dengan NIK dan KK adalah untuk mencegah penyalahgunaan nomor pengguna. Sehingga, setiap pengguna seluler perlu mendaftarkan nomor kartu SIM seluler mereka sesuai dengan persyaratan yang diatur oleh masing-masing operator.

Sementara itu, apabila kalian sudah mendaftarkan NIK di kartu SIM seluler terdapat langkah untuk cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler. Oleh karena itu, di bawah ini panduan tentang cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler yang mudah banget kalian praktikkan. Cek apakah NIK kalian sudah benar-benar terdaftar pada kartu SIM seluler seperti panduan sebagai berikut.

 

 

1. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Telkomsel

Cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler yang pertama adalah untuk pelanggan Telkomsel. Bagi pelanggan Telkomsel, panduan cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler cukup mudah dan praktis. Di antaranya cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler Telkomsel bisa melalui Call Center, kode USSD, ataupun website.

1. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Telkomsel Via Call Center

Untuk mengecek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler Telkomsel, pelanggan dapat menghubungi call center melalui nomor 188. Nantinya kalian bisa melakukan panggilan dan menanyakan tentang NIK yang terdaftar pada nomor. Namun untuk melakukan panggilan ini pelanggan perlu membayar biaya admin.

2. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Telkomsel Via Kode USSD

- Tekan *444# di menu panggilan.

- Kemudian akan muncul beberapa menu yang bisa kalian pilih.

- Lalu masukkan nomor urutan pada opsi Cek Status Registrasi.

- Klik Kirim.

- Kemudian Masukkan NIK yang sebelumnya sudah kalian daftarkan.

- Klik Kirim.

- Tunggu hingga mendapatkan notifikasi yang kalian butuhkan melalui SMS.

- Selesai.

3. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Telkomsel Via Website

- Kunjungi situs Telkomsel.com

- Lalu klik Bantuan.

- Kemudian cari menu Asisten Virtual Telkomsel.

- Klik Selengkapnya.

- Setelah itu klik ikon asisten virtual pada pojok kanan bawah layar.

- Kalian bisa menanyakan tujuan untuk tahu cara cek NIK terdaftar di kartu.

- Tunggu hingga admin membalasnya.

- Selesai.

 

 

2. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Tri

Untuk pengguna kartu seluler Tri, ada juga cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler termudah. Hampir serupa dengan operator Telkomsel, pelanggan Tri dapat melakukan pengecekan NIK via website ataupun SMS.

Untuk melakukan pengecekan NIK kartu SIM seluler Tri, kalian bisa mengunjungi situs resmi melalui laman https://registrasi.tri.co.id. Sementara itu untuk melakukan pengecekan via SMS, maka dapat mengirimkan format SMS STATUS yang kemudian dikirimkan ke nomor 4444. Tunggu hingga mendapatkan notifikasi yang kalian butuhkan tentang informasi registrasi NIK.

 

 

3. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Indosat

Cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler Indosat juga dapat dilakukan melalui website ataupun SMS. Adapun panduan cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler Indosat dapat langsung kalian simak di bawah ini.

1. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Indosat Via Website

- Kunjungi situs resmi Indosat melalui https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index.

- Kemudian masukkan NIK dan Nomor KK kalian.

- Centang ikon I'm Not A Robot.

- Klik Periksa.

- Tunggu hingga mendapatkan notifikasi yang kalian butuhkan tentang informasi NIK yang terdaftar.

- Selesai.

2. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Indosat Via SMS

- Masuk ke menu Pesan di HP kalian.

- Kemudian buat SMS dengan format INFO#NIK bisa juga INFO#MSISDN.

- Kirim SMS ke nomor 4444.

- Tunggu hingga mendapatkan notifikasi yang kalian butuhkan.

- Selesai.

 

 

4. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler Smartfren

Bagi pelanggan Smartfren, nggak perlu bingung tentang cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler. Karena langkahnya juga sangat praktis. Di mana pelanggan bisa mengunjungi situs resmi Smartfren untuk tahu panduan cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler Smartfren.

Kunjungi situs resminya melalui laman https://my.smartfren.com/check_nik.php, kemudian kalian bisa menuliskan NIK dan melengkapi berbagai petunjuk yang ada di layar. Kalian dapat melengkapi jawaban pada setiap pertanyaan yang sudah ditampilkan. Kemudian jika berhasil, terdapat notifikasi yang kalian butuhkan.

 

 

5. Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu SIM Seluler AXIS

Jika kalian pelanggan AXIS, maka cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler bisa diakses melalui website resminya. Langkah-langkahnya juga hampir mirip dengan metode cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler Telkomsel, Tri, Indosat, Smartfren. Namun ada sedikit perbedaan yang perlu kalian perhatikan.

Nah, panduan cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler AXIS bisa mengunjungi situs resmi melalui laman https://axis.co.id/cek-nik. Kemudian kalian bisa memasukkan NIK yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selesaikan beberapa panduan yang muncul di layar, kemudian tunggu hingga kalian berhasil mendapatkan notifikasi mengenai NIK yang sudah terdaftar di kartu seluler AXIS.

Itulah langkah-langkah cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM seluler untuk semua jenis operator. Semoga bisa memudahkanmu tahu langkah mengecek NIK atau KK yang telah terdaftar.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI