3 Cara Memperbarui Google Playstore dengan Mudah dan Praktis, Lakukan Sebelum Error

Kamis, 16 Juni 2022 17:44 Penulis: Puput Saputro
3 Cara Memperbarui Google Playstore dengan Mudah dan Praktis, Lakukan Sebelum Error
Ilustasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian pengguna hp jenis android, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi google playstore. Pasalnya, google playstore merupakan satu aplikasi yang dipakai pengguna hp android untuk mengunduh aplikasi. Biasanya, secara otomatis aplikasi google playstore telah terpasang di hp android. Namun ada kalanya, google playstore juga perlu diperbarui. Maka dari itu, penting untuk tahu cara memperbarui google playstore.

Memperbarui google playstore memang sangat penting untuk dilakukan. Sebab sama seperti aplikasi lainnya, jika tidak diperbarui google playstore bisa bekerja secara lebih lambat dari biasanya. Bahkan, bisa jadi jika tidak diperbarui, google playstore bisa saja malah error dan tidak dapat memproses pengunduhan aplikasi baru. Akibatnya, kita tidak bisa mengunduh aplikasi lagi untuk dipasang di hp.

Lantas, bagaimana cara memperbarui google playstore? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan cara memperbarui google playstore berikut ini.

 

1. Cara Memperbarui Google Playstore secara Langsung

Ada beberapa cara memperbarui google playstore yang bisa dilakukan. Salah satu yang paling umum dilakukan adalah dengan secara langsung melalui aplikasi google playstore. Ya, untuk memperbarui atau mengupdate google playstore ke versi terbaru bisa dilakukan melalui aplikasi langsung.

Cara memperbarui google playstore secara langsung lewat aplikasi di hp bisa dilakukan dengan mengakses menu setting. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama, silakan buka aplikasi google playstore yang terpasang di hp kalian. 

- Setelah masuk ke halaman utama google playstore, masuk ke menu setting atau setelan.

- Jika sudah, gulir ke bawah kemudian klik opsi Play Store Version atau Versi.

- Selanjutnya, secara otomatis akan muncul notifikasi pop up, berisi konfirmasi atau kesepakatan untuk melakukan proses update google playstore. Namun, jika dalam notifikasi tersebut disebutkan bahwa "Versi Google Play Store Sudah Yang Terbaru", maka kalian telah menggunakan yang versi terbaru. Sehingga tak perlu melakukan proses update.

 

2. Cara Memperbarui Google Playstore lewat Menu Setting di HP

Jika kalian kesulitan menemukan menu setting pada aplikasi google playstore, jangan khawatir. Sebab masih ada cara lain untuk memperbarui versi google playstore di hp kalian. Caranya, kalian bisa melakukan cara memperbarui google playstore dengan mengakses menu setting di hp. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa kalian jadikan sebagai panduan.

- Pertama, langsung saja buka menu setting atau pengaturan hp kalian, bisa dengan masuk ke menu setting atau dengan klik ikon 'pengaturan' yaitu gambar gerigi.

- Jika sudah, silakan klik opsi Aplikasi atau Manajer Aplikasi.

- Setelah itu, secara otomatis akan muncul daftar aplikasi yang terinstal di hp kalian. Gulir ke bawah untuk menemukan aplikasi Google Playstore. Setelah ketemu, langsung saja klik untuk membuka aplikasi tersebut itu.

- Selanjutnya, akan muncul info terkait aplikasi Google Playstore yang terpasang di hp, klik opsi Penyimpanan.

- Berikutnya, layar hp akan menunjukkan halaman Storage atau penyimpanan, lanjutkan dengan klik Clear Storage atau Clear Data.

- Selesai, untuk langkah terakhir dalam cara memperbarui google playstore lewat menu setting, silakan restart atau matikan hp kalian. Setelah itu, nyalakan lagi hp kalian setelah beberapa saat. Tunggu kurang lebih selama 2-3 menit untuk membiarkan aplikasi google Playstore melakukan proses perbaruan secara otomatis.

 

3. Cara Memperbarui Google Playstore dengan APK PlayStore

Di samping kedua cara di atas, masih ada satu cara memperbarui google playstore lain yang bisa dilakukan. Kalian bisa melakukan update google playstore dengan bantuan aplikasi bernama APK Playstore. Caranya tak kalah mudah dan praktis, untuk melakukannya pertama kalian harus download APK Playstore terlebih dahulu melalui browser.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak langkah-langkah berikut ini.

- Pertama silakan unduh file APK google playstore melalui browser.

- Buka browser, kemudian ketik APKMirror site. Stelah muncul hasil pencarian, gulir ke bawah untuk menemukan Google playstore versi terbaru. Pastikan versi tersebut sesuai dengan sistem hp yang kalian miliki.

- Setelah itu, akan muncul kotak notifikasi berisi pengaktifan instalasi dari sumber tidak dikenal (Unknown Source). Kalian bisa lanjutkan dengan tekan Ok.

- Setelah APK Google Playstore berhasil diinstal, langsung saja buka aplikasi tersebut. Kalian bisa membuka langsung melalui opsi "open the file" yang biasanya muncul secara otomatis. Jika tidak kalian juga bisa membuka melalui menu File Manager dan masuk ke menu "Download".

- Selesai, secara otomatis hp akan menjalankan proses instalasi google playstore terbaru.

Itulah di antaranya ulasan tentang 3 cara memperbarui google playstore. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI