Arti ASMR: Jenis dan Manfaatnya yang Tren di Media Sosial, Simak Penjelasannya

Kamis, 16 Juni 2022 15:33
Arti ASMR: Jenis dan Manfaatnya yang Tren di Media Sosial, Simak Penjelasannya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam konten menarik di media sosial yang sukses menarik perhatian. Salah satunya konten ASMR yang mudah dijumpai di Youtube. Sudah tahukah kalian arti ASMR?

Penggunaan istilah ASMR diketahui populer sejak tahun 2010 lalu diperkenalkan oleh Jennifer Allen. Kemudian istilah ini semakin berkembang di media sosial yang membuat sejumlah konten kreator tertarik membuat video atau sesuatu tentang ASMR.

Karena itulah terdapat beberapa jenis konten ASMR yang memberikan sensasi geli, merinding, ataupun merasa tergelitik. Misalnya saja kalian mendengar suatu konten ASMR suara mengunyah, suara percikan air, suara menuang air dalam gelas, ketukan, suara berbisik, dan lainnya.

Itu adalah beberapa di antara contoh konten ASMR yang disebut bisa memberikan manfaat rileks atau tenang. Untuk tahu penjelasan lebih jauh mengenai arti ASMR, yuk langsung saja cek di sini KLovers.

 

1. Arti ASMR dan Kepanjangannya

Mendengar singkatan ASMR tentunya sudah cukup akrab. Pasalnya singkatan tersebut menjadi tren kekinian di media sosial. Sederet konten kreator bahkan mengenalkan beragam jenis konten ASMR yang sukses menarik perhatian pengguna media sosial.

Namun tidak sedikit pula pengguna medsos belum mengetahui apa arti ASMR yang viral di media sosial. Meski begitu tidak sedikit orang mengartikan ASMR dengan suatu konten yang berisi suara-suara dengan melakukan suatu aktivitas seperti mengunyah. Akan tetapi tidak sesederhana itu loh KLovers.

Meskipun arti ASMR tersebut sudah mendekati makna dari ASMR, tapi ada kepanjangannya loh. Arti ASMR berasal dari kepanjangan Autonomus Sensory Meridian Response. Di mana arti ASMR tersebut memang berkaitan dengan panca indra manusia yang kemudian memberikan suatu respon pada saraf otak.

Sehingga arti ASMR bisa dijelaskan dengan suatu sensasi menggelitik yang dirasakan pada bagian tubuh tertentu ketika kalian mendengar, mencium, merasakan atau melihat sesuatu. Misalnya saja setelah mendengar konten ASMR kalian akan merasa tergelitik pada area kulit kepala, leher, tangan, ataupun lainnya.

Karenanya konten ASMR bisa membuat saraf tubuh terangsang baik karena sesuatu yang dilihat ataupun didengar. Itulah arti ASMR dan kepanjangannya yang tren di media sosial.

 

2. Arti ASMR dan Jenis-Jenisnya

Setelah mengetahui penjelasan arti ASMR, ada beberapa jenis konten ASMR yang muncul di media sosial seperti Youtube. Oleh karena itu di bawah ini ada penjelasan arti ASMR dan jenis-jenisnya yang perlu kalian pahami. Kalian mungkin saja juga pernah menjumpai sejumlah konten ASMR dengan beberapa jenisnya sebagai berikut.

ASMR mukbang adalah konten yang dibuat dengan menayangkan aktivitas makan dalam bentuk video. Sensasi suara mengunyah, menggigit, crunchy, meminum, merupakan salah satu bentuk dari ASMR.

- Suara berbisik dan berbicara halus.

- Menggaruk sesuatu.

- Suara yang dilakukan secara berulang-ulang.

- Mendengar ketukan jari pada sebuah permukaan benda.

- Melihat sesuatu dengan gerakan lambat misalnya saja gerakan tangan.

- Tampilan visual tertentu seperti video dengan pengambilan gambar secara zoom.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti ASMR dan jenis-jenisnya. Sehingga dapat memudahkanmu mengetahui apa saja jenis-jenis ASMR yang kerap dijumpai di media sosial.

 

3. Manfaat Mendengarkan Konten ASMR

Kalian mungkin pernah bertanya-tanya saat seseorang sangat menyukai berbagai konten yang menyajikan video ASMR. Namun ternyata ada loh beberapa manfaat mendengarkan konten ASMR. Meskipun belum diketahui pasti penjelasan ilmiah mengenai ASMR ini tapi terdapat beberapa manfaat mendengarkan ASMR yang perlu kalian ketahui.

- Menimbulkan rasa rileks pada tubuh sehingga membuat pendengar atau penontonnya merasa lebih tenang.

- Mengatasi masalah gangguan tidur atau disebut dengan insomnia. Sebuah penelitian menunjukkan hasil mengenai manfaat ASMR untuk mengatasi gangguan tidur sebab perasaan rileks membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan mendapatkan waktu istirahat yang lebih baik.

- Memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.

- Menurunkan tingkat stres.

Itulah beberapa manfaat yang diketahui dapat diperoleh ketika seseorang mendengarkan konten-konten ASMR. Tertarik mencoba?

 

4. Istilah Gaul di Media Sosial Lainnya

Sementara itu tidak hanya arti ASMR saja yang populer di media sosial, karena masih ada beberapa istilah gaul di medsos yang juga penting kalian ketahui. Dengan begitu dapat memudahkanmu tahu makna dari istilah gaul di media sosial sebagai berikut. Ini penjelasan tentang beberapa istilah gaul lain di media sosial.

1. Ghosting: Artinya ditinggal atau hilang tanpa kabar dan kejelasan. Biasanya terjadi dalam suatu hubungan percintaan.

2. YGY: Artinya merupakan singkatan dari Ya Guys Ya, atau Ya Ges Ya.

3. YSY: Artinya merupakan singkatan dari Ya Sayang Ya.

4. Sabi: Artinya merupakan kebalikan dari kata bisa.

5. Spill The Tea: Artinya bongkar rahasia atau sesuatu yang belum diketahui banyak orang.

6. Nego No Afgan: Artinya adalah sesuatu yang dapat ditawar tapi tidak terlalu sadis.

7. TBL: Artinya kepanjangan dari Takut Banget Loh.

8. Bucin: Artinya budak cinta.

9. Ngebadut: Artinya menjelaskan suatu tindakan yang konyol, lucu, dan gokil.

10. MJB: Artinya merupakan singkatan dari Maaf Join Bareng.

11. Santuy: Artinya adalah santai.

12. Salty: Artinya menjelaskan sesuatu yang geram, sindiran, ataupun rasa kesal.

13. Halu: Artinya adalah halusinasi.

14. Kuy: Artinya kebalikan dari kata Yuk.

15. Pansos: Artinya panjat sosial.

Itulah penjelasan mengenai arti ASMR dan beberapa informasi lainnya. Semoga dapat memudahkanmu tahu makna dari arti ASMR.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI