6 Cara Edit Video di TikTok yang Keren dan Mudah untuk Pemula dengan Maksimalkan Fungsi Fitur

Selasa, 23 November 2021 13:11 Penulis: Nurul Wahida
6 Cara Edit Video di TikTok yang Keren dan Mudah untuk Pemula dengan Maksimalkan Fungsi Fitur
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - TikTok menjadi aplikasi video paling populer di masa kini. Berbagai fitur menarik di TikTok berhasil memikat hati penggunanya untuk berkreasi dengan konten video. Apalagi cara edit video di TikTok sangatlah praktis dapat dilakukan di aplikasi secara langsung.

Pengguna sosial media tentu sangatlah awam dengan aplikasi TikTok. Terlebih kini, ada beragam konten di TikTok seringkali viral serta jadi perbincangan. Tak hanya kontennya saja, filter, efek, atau sticker terkadang juga jadi trend di sosial media.

Buat pemula tentu akan bertanya-tanya tentang cara edit video di TikTok. padahal cara edit video di TikTok bisa dibilang cukup mudah. Hanya saja buat pemula perlu tahu fitur edit video apa saja yang ada di aplikasi TikTok. Karena itulah, berikut ini cara edit video di TikTok yang keren dan mudah untuk pemula. Langsung saja telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang cara edit video di TikTok.

1. Fitur Edit Video di TikTok

Kepopuleran aplikasi video TikTok memang banyak digandrungi anak-anak muda. Apalagi beragam fitur menarik di TikTok bisa digunakan penggunanya secara free. Tak jarang ada sejumlah video viral di TikTok dengan efek atau fitur dari aplikasinya. Sebelum tahu cara edit video di TikTok, pahami dulu beragam fitur yang terdapat di aplikasi ini. berikut ulasannya tentang fitur edit video di TikTok.

1. Efek: Fitur edit video di TikTok yang pertama adalah adanya efek yang bisa pengguna gunakan untuk mengemas konten video agar lebih keren dan menarik. apalagi ada beragam efek keren bisa pengguna tambahkan pada video di TikTok.

2. Filter: Fitur edit video di TikTok berikutnya adalah adanya filter yang bisa digunakan untuk mempercantik video. Filter di TikTok sangatlah beragam dan menarik untuk dicoba. Bahkan bisa bikin wajah menjadi lebih glow up.

3. Sticker: Fitur edit video di TikTok selanjutnya ada sticker. Sticker bisa pengguna tambahkan untuk editing video di TikTok agar lebih menarik.

4. Countdown: Buat pengguna yang ingin berkreasi lebih keren untuk edit video di TikTok tidak ada salahnya mencoba fitur Countdown. Fitur ini bisa membuat video dalam hitungan mundur baik itu 3 detik atau 10 detik saja.

5. Musik: Fitur edit video di TikTok berikutnya adalah adanya fitur musik. Sehingga bisa bikin konten video lebih keren. Apalagi di TikTok juga telah disediakan beberapa referensi lagu populer.

6. Beautify: Fitur ini bisa pengguna gunakan untuk mempercantik wajah. Sehingga meskipun tanpa makeup, wajah akan terlihat lebih cantik. Begitu juga bisa mengedit bentuk wajah, warna mata, rambut, dan seterusnya.

7. Voice Changer: Fitur edit video di TikTok berikutnya adalah adanya voice changer. Fitur ini bisa pengguna gunakan untuk berkreasi dengan video yang dibuat. Misalnya saja memberi voice effect, atau merekam langsung suara dari ponsel lalu diberi efek unik.

Itulah beberapa fitur edit video di TikTok yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian untuk berkreasi dan memaksimalkan fitur-fitur menarik di TikTok.

2. Cara Edit Video di TikTok yang Keren

Langkah selanjutnya setelah mengenali beragam fitur edit video di TikTok, kalian dapat mencoba memulai editing video. Buat yang sudah memiliki akun TikTok, tentu cukup familiar dengan beragam video keren yang muncul pada fyp TikTok. Kalian juga bisa membuat video keren tersebut dengan memaksimalkan fitur dan kreativitas. Sebagai referensi, berikut ini cara edit video di TikTok yang perlu kalian ketahui. Sehingga dengan tahu cara edit video di TikTok yang keren dapat memudahkan kalian bikin video yang lebih menarik serta kece.

1. Cara Edit Video di TikTok Keren

- Pertama buka aplikasi TikTok yang sudah terhubung dengan akun kalian.

- Lalu klik ikon plus (+) untuk merekam video secara langsung berdasarkan durasi yang kalian pilih atau impor dari galeri di HP.

- Setelah itu klik Next atau Berikutnya.

- Tambahkan efek sesuai yang kalian inginkan baik itu transisi, visual, gerakan, split, ataupun sticker.

- Lalu tambahkan text apabila ingin membuat video yang terdapat tulisan atau teks.

- Lalu setelah mengedit video sesuai dengan kreativitas kalian dan fitur menarik di TikTok, tambahkan musik agar lebih keren dan menarik.

- Sesuaikan musik berdasarkan video serta durasi.

- Jika sudah selesai edit video di TikTok, kalian bisa langsung mengunggahnya.

- Perhatikan juga bahwa edit video di TikTok yang keren bisa kalian sesuaikan dengan kreativitas sendiri. sehingga video yang dihasilkan juga lebih unik, menarik, dan pastinya keren.

2. Cara Edit Video di TikTok Efek Jedag Jedug

Jika kalian menggunakan aplikasi tambahan untuk edit video di TikTok, salah satu yang paling populer adalah CapCut. Nah, untuk membuat video jedag jedug yang keren dan pernah viral ini berikut langkah-langkahnya. Adapun cara edit video di TikTok efek jedag jedug sebagai berikut.

- Pertama unduh dan instal aplikasi CapCut.

- Buka aplikasi tersebut lalu buat Project Baru.

- Masukkan foto untuk jadi video yang ingin kalian unggah di TikTok.

- Lalu tambahkan musik jedag jedug.

- Sesuaikan beat musik tersebut dengan efek video yang sudah kalian tambahkan.

- Tandai musik pada setiap beat yang akan digunakan, potong video sesuai dengan tanda beat lagu.

- Selesaikan hingga video dan beat sudah benar-benar sesuai.

- Setelah itu tambahkan animasi sesuai keinginan kalian sesuai dengan beat musik pada potongan pertama.

- Lalu potongan kedua kalian dapat memperbesar video dengan menarik kedua belah sisinya.

- Lalu potongan ketiga tambahkan animasi.

- Potongan keempat perbesar lagi videonya untuk jadi video jedag jedug.

- Jika selesai, maka kalian dapat mengeskpor video. Cek lebih dulu apakah video sudah benar-benar sesuai dengan beat musik.

Itulah beberapa cara edit video di TikTok yang keren dan gampang. Cara edit video di TikTok bisa dipraktikkan dengan mudah untuk menghasilkan video yang menarik.

3. Cara Edit Video di TikTok Bagi Pemula

Buat pemula cara edit video di TikTok sebenarnya sangatlah simple. Hanya saja perlu memahami lebih dulu apa saja fitur yang ada di TikTok untuk digunakan edit video. Sebagai tambahan informasi dan referensi berikut ini.

- Pertama buka akun TikTok kalian pada aplikasi di HP.

- Lalu tambahkan video atau rekam video baru dari aplikasi TikTok.

- Selanjutnya klik Next atau Berikutnya.

- Sesuaikan durasi dan kecepatan video.

- Lalu tambahkan efek, filter, text pada video.

- Untuk menambahkan efek maka pilih fitur efek pada bagian bawah video.

- Untuk menambahkan text bisa pilih menu Text lalu atur font text serta kapan muncul text tersebut dengan menekan lama text lalu atur durasi.

- Jika ingin menambahkan filter video, maka klik menu filter pada bagian kanan atas.

- Jika sudah sesuaikan dan memilih efek video, filter atau text, kalian bisa menambahkan musik.

- Pilih musik yang pas dengan video kalian.

- Jika selesai mengedit dan menambahkan beragam fitur edit di TikTok, kalian bisa langsung mengunggahnya atau menyimpan di draft.

4. Cara Edit Video di Tiktok dengan Menambahkan Efek

Cara edit video di TikTok berikutnya adalah dengan mengetahui cara menambahkan efek. Buat pemula tentu dibuat bingung dengan cara menambahkan efek di TikTok. Karena itulah berikut ini cara edit video di TikTok dengan menambahkan efek.

- Setelah memilih video lalu klik Special Effects.

- Lalu pilih efek sesuai keinginan kalian.

- Setelah itu atur posisi efek yang ingin kalian tambahkan pada video.

- Caranya dengan menekan salah satu efek sesuai durasi dan posisi video yang ingin kalian tambahkan.

- Jika dirasa sudah pas, maka bisa langsung klik Save dibagian pojok kanan atas.

- Selesai, kalian dapat mengunggah atau menyimpannya dulu di draft.

5. Cara Edit Video di TikTok dengan Menambahkan Suara/Musik

Cara edit video di TikTok dengan menambahkan suara atau musik juga perlu kalian ketahui jika masih bingung dengan penggunaan fitur di TikTok. Langkah untuk cara edit video di TikTok dengan menambahkan musik sebenarnya sangatlah mudah. Adapun ulasan cara edit video di TikTok dengan menambahkan musik atau suara sebagai berikut.

5. Cara edit video di TikTok dengan Menambahkan Musik

- Pertama buka akun dan aplikasi TikTok.

- Lalu impor video atau rekam video di aplikasi TikTok.

- Selanjutnya tambahkan musik.

- Klik edit musik lalu geser simbol kuning ke kanan dan kiri.

- Sesuaikan bagian musik yang ingin kalian gunakan.

- Jika sudah selesai, klik ikon checklist untuk menggunakan musik buat video di TikTok.

6. Cara edit video di TikTok dengan Menambahkan Suara

- Klik fitur sound pada bagian menu TikTok.

- Lalu sesuaikan volume dengan cara menggeser pada bulatan berwarna putih.

- Jika sudah sesuai, maka dapat klik ikon checklist.

Itulah beberapa cara edit video di TikTok dengan menambahkan musik atau suara. Sehingga memudahkan kalian berkreasi untuk edit video di TikTok. Semoga dengan ulasan di atas dapat dijadikan referensi untuk editing video di TikTok.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI