Cara Memblokir Situs di Google Chrome HP dan Laptop, Bisa Dilakukan dengan Praktis

Senin, 20 Juni 2022 17:11 Penulis: Puput Saputro
Cara Memblokir Situs di Google Chrome HP dan Laptop, Bisa Dilakukan dengan Praktis
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Browsing di internet kini sudah jadi kebiasaan bagi banyak orang saat mencari suatu informasi. Apalagi kini, browsing bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi google chrome yang terpasang di hp. Sayangnya, terkadang browsing bisa berjalan tidak sesuai rencana. Pasalnya saat browsing kita bisa saja menjumpai situs berbahaya. Jika sudah begitu, penting untuk melakukan cara memblokir situs di google chrome hp.

Ya, di internet kita harus lebih selektif dalam mengakses situs. Sebab ada beberapa situs yang berbahaya misalnya mengandung unsur pornografi, kekerasan, kejahatan, dan sebagainya. Selain itu, ada pula situs berbahaya lantaran menyebarkan virus. Nah, dengan cara memblokir situs di google chrome hp kita bisa terhindar dari risiko akibat mengakses situs berbahaya.

Lantas, bagaimana cara memblokir situs di google chrome hp? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Cara Memblokir Situs di Google Chrome HP dengan Mudah

Google chrome memang sudah jadi andalan bagi banyak orang untuk melakukan browsing dari hp. Wajar saja sebab google chrome memang punya tampilan yang simpel sehingga mudah dioperasikan. Siapapun bisa menggunakannya dengan mudah tak terkecuali anak-anak.

Nah, sebelum diakses anak-anak ada baiknya, para orangtua memblokir berbagai situs berbahaya terlebih dahulu. Cara memblokir situs di google chrome hp sangatlah mudah. Kalian, khususnya para orangtua bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama, buka aplikasi google chrome yang terpasang di hp.

- Setelah berhasil masuk ke halaman utama, langsung saja klik ikon garis tiga bertumpuk yang ada di bagian pojok kanan atas.

- Jika sudah, selanjutnya akan muncul daftar opsi yang bisa diakses. Pilih, opsi Setelan atau Setting.

- Berikutnya, gulir ke bawah dan temukan opsi Setelan Situs. Setelah ketemu, klik opsi tersebut.

- Selanjutnya, pilih opsi Pop up dan Pengalihan.

- Tinggal klik opsi Block untuk mengaktifkan pemblokiran pop up.

- Setelah melakukan cara memblokir situs di google chrome hp di atas, kalian bisa langsung menambahkan situs yang ingin diblokir dengan klik opsi Add pada menu Pop-Ups and Redirects.

 

2. Langkah Lanjutan Cara Memblokir Situs di Google Chrome HP

Jika cara memblokir situs di google chrome hp yang telah dijelaskan sebelumnya belum berhasil, jangan khawatir. Itu tandanya, kalian harus melakukan pengaturan tambahan untuk memblokir notifikasi. Ya, sebab bisa saja situs yang telah diblokir tetap mengirimkan notifikasi yang terkesan mengganggu. 

Langkah lanjutan dalam cara memblokir situs di google chrome hp ini juga sangatlah mudah. Langsung saja simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama silakan buka aplikasi google chrome yang terpasang di hp. 

- Jika sudah, silakan masukkan link atau url dari situs yang notifikasinya ingin kalian blokir.

- Setelah itu, langkah selanjutnya pada bagian kolom url langsung saja klik ikon gembok.

- Kemudian, pilih opsi Site Settings atau Setelan Situs.

- Setelah itu, akan muncul beberapa opsi yang bisa dipilih salah satunya opsi Notifikasi, pilih dengan melakukan klik.

- Jika sudah, langkah terakhir, kalian tinggal klik opsi Block dan selesai secara otomatis situs yang telah diblock tersebut tidak akan bisa mengirimkan notifikasi kembali.

 

3. Cara Memblokir Situs di Google Chrome Laptop

Selain lewat hp, browsing juga sering dilakukan melalui google chrome yang ada di laptop. Malahan, browsing melalui laptop cukup digemari lantaran tampilan yang lebih leluasa sehingga dirasa lebih maksimal.

Maka dari itu, selain cara memblokir situs di google chrome hp penting juga untuk tahu cara melakukannya di laptop. Sebab, situs berbahaya juga dapat muncul di google chrome di laptop. Untungnya, cara untuk memblokir situs di google chrome laptop juga sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

- Pertama, nyalakan laptop kemudian buka aplikasi google chrome.

- Setelah berhasil masuk ke halaman utama google chrome, berikutnya silakan klik ikon titik tiga bertumpuk yang ada di pojok kanan atas.

- Jika sudah, lanjutkan dengan memilih opsi Settings.

- Berikutnya, pada kolom sebelah kiri klik menu Privacy dan Keamanan. Selanjutnya klik opsi Site Settings.

- Perhatikan menu Content, klik opsi PopUp and Redirects.

- Terakhir, tinggal klik Block untuk mengaktifkan pemblokiran pop up dan selesai.

 

4. Cara Blokir Situs di Laptop Pakai Chrome Extensions

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk blokir situs berbahaya di google chrome laptop. Caranya adalah dengan memasang chrome extentions. Dengan memasang chrome extentions, persoalan memblokir situs berbahaya di google chrome jadi lebih mudah dan praktis. Hanya saja, diperlukan waktu lebih untuk melakukan pemasangan chrome extentions di awal.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara memblokir situs di google chrome laptop dengan memasang chrome extentions.

- Pertama, silakan buka browser google chrome kemudian kunjungi Chrome web store dan cari Site Blocker. Jika kesulitan mencari, kalian bisa menemukannya melalui kolom pencarian.

- Setelah ketemu, langsung saja buka  halaman Site Blocker dan klik Add to Chrome atau Tambahkan ke Chrome.

- Jika sudah, silakan klik Tambahkan Ekstensi atau Add Extension pada notifikasi pop up yang muncul.

- Tunggu proses install selesai. Setelah selesai, maka akan muncul ikon opsi blocker di tampilan google chrome.

- Lanjutkan dengan mengunjungi halaman website yang ingin diblokir. 

- Setelah masuk ke situs yang ingin diblokir, langsung klik ikon Site Blocker yang ada di pojok kanan atas.

- Kemudian, klik opsi Block Current Site.

- Kalian juga bisa membuat daftar website yang ingin diblokir. Cukup dengan melakukan klik ikon ekstensi Site Blocker, lalu pilih Manage Blocked Sites.

- Setelah itu, masukkan URL situs yang ingin diblokir kemudian tekan Enter.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara memblokir situs di google chrome hp dan laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI