Arti Kata Wibu: Ciri-Ciri dan Quotes Anime, Ketahui Alasan Orang Disebut Wibu!

Minggu, 19 Juni 2022 10:11
Arti Kata Wibu: Ciri-Ciri dan Quotes Anime, Ketahui Alasan Orang Disebut Wibu!
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Arti kata wibu barangkali menjadi hal yang menarik untuk dibahas di Indonesia. Pasalnya, kata ini sudah sering muncul dalam obrolan, baik di media sosial maupun di kehidupan nyata. Karena sering mendengar istilah tersebut, orang awam pun wajar jika merasa penasaran.

Saat membahas arti kata wibu, topik obrolan pasti akan merujuk ke budaya Jepang. Biasanya, wibu mulai tertarik pada budaya Jepang setelah menonton anime. Anime dengan cerita dan karakter yang menarik bisa berubah menjadi candu.

Nah, oleh karena itu, arti kata wibu sering dipahami sebagai obsesi seseorang pada anime, musik, lagu, dan budaya Jepang secara umum. Agar lebih paham mengenai alasan orang disebut wibu, kalian juga bisa menyimak informasi lebih lanjut pada penjelasan berikut ini.

 

1. Arti Kata Wibu

Secara umum, orang memahami arti kata wibu sebagai pecinta anime dan budaya Jepang. Namun sebenarnya, seseorang yang dijuluki wibu, kadar sukanya sudah di atas rata-rata dan sudah bisa disebut obsesi. Bahkan, wibu juga bisa sampai tergila-gila pada anime.

Istilah wibu sendiri berasal dari bahasa Inggris Weeaboo yang kemudian diserap menjadi wibu. Di Indonesia, istilah ini umum digunakan sebagai julukan untuk orang-orang yang begitu terobsesi pada budaya Jepang pada kesehariannya. Tanda-tanda bahwa seseorang menjadi wibu bisa dilihat dari kadar kesukaannya pada anime Jepang dan dia mempublikasikan bahwa dirinya memang sangat menyukainya.

Bukan hanya anime, orang yang terobsesi pada musik dan lagu Jepang juga kerap disebut wibu. Biasanya, ia mempunyai idol yang dipuji dan dibanggakan melalui media sosial.

 

2. Ciri-Ciri Wibu

Setelah mengetahui arti kata wibu, mungkin kalian juga penasaran mengenai ciri-ciri yang melekat pada wibu. Hal ini juga menjadi alasan orang disebut wibu. Oleh karena itu, berikut ini terdapat informasi mengenai apa saja yang biasanya terlihat dilakukan oleh para wibu.

1. Obsesi Berlebihan dengan Jepang

Ciri-ciri wibu bisa dilihat melalui cara pandang terhadap negara Jepang. Biasanya, wibu menganggap gaya hidup di Jepang merupakan hal yang keren dan unggul dari negara lain, termasuk negaranya sendiri.

2. Punya Pacar Khayalan

Melalui media sosial pula, kalian bisa melihat ciri-ciri wibu pada diri seseorang ketika ia memiliki pacar khayalan. Bahkan, kalian bisa menemukan foto orang tersebut yang diedit berdampingan dengan karakter anime atau game. Pacar khayalan ini biasa disebut waifu atau husbando.

3. Media Sosial

Ciri-ciri wibu yang paling mudah dikenali bisa dilihat melalui konten media sosial. Ada wibu yang menyematkan nama Jepang di akunnya. Ada pula yang yang mempelajari aksara Jepang agar bisa menulis caption dengan aksara tersebut.

4. Sudut Pandang Terhadap Anime dan Kartun

Orang awam biasanya akan menyebut anime dan kartun merupakan hal yang sama sebagai gambar dan animasi. Namun, biasanya wibu akan berpegang teguh pada pandangan bahwa anime dan kartun merupakan hal yang berbeda. Pengetahuan yang lebih mendalam daripada orang awam memungkinkan wibu untuk yakin pada pandangan tersebut.

5. Meniru Perilaku Orang Jepang

Karena obsesinya terhadap budaya Jepang begitu tinggi, ciri wibu juga bisa kalian lihat pada kehidupan sehari-hari. Hal itu bisa dilihat melalui pilihan kata, sikap, serta perilaku wibu yang menjadikan gaya hidup orang Jepang sebagai panduan.

6. Menyisipkan Bahasa Jepang

Bahasa merupakan salah satu identitas kebudayaan yang bisa langsung dikenali. Oleh karena itu, ciri wibu juga mudah terlihat saat ia menyisipkan kosakata bahasa Jepang, seperti 'Ohayo', 'Nani', 'Sumimasen', dan lain sebagainya.

 

3. Quotes Anime

Memahami arti kata wibu saja sepertinya kurang bagi kalian yang mungkin mulai tertarik pada budaya Jepang. Apalagi jika kalian sudah mulai gemar menonton anime Jepang dalam keseharian. Ketertarikan itu akan makin lengkap jika kalian menyimak beberapa quotes anime yang dekat dengan para wibu di bawah ini.

1. Kalau sudah bertekad, lebih baik kita segera bertindak. (Enri Emoot)

2. Takdir setiap manusia memang telah ditentukan sejak mereka lahir, tetapi dengan kerja keras kita dapat mengalahkan takdir. (Uzumaki Naruto - Naruto)

3. Tidak peduli seberat apapun atau tidak mungkin untuk dicapai, kau tidak boleh menyerah dengan tujuanmu. (Luffy - One Piece)

4. Hidup bukanlah permainan keberuntungan. Jika kau ingin menang, kau harus bekerja keras. (Sora - No Game No Life)

5. Jika kau mengubah pola pikirmu, mungkin ka akan bertambah kuat. (Saitama)

6. Ujian memberikan kesempatan yang bagus untuk mengetahui arti menang dan kalah atau kuat dan lemah. Raihlah kesuksesan dan kemunduran sebanyak yang kalian bisa, murid-muridku! (Koro Sensei - Assassination Classroom)

7. Rasa takut tidaklah buruk. Rasa takut dapat menunjukkan kelemahanmu dan ketika kau tahu kelemahanmu, kau akan menjadi lebih kuat dan lebih baik. (Gildarts - Fairy Tail)

8. Kalian lemah itu berarti kalian masih punya kesempatan untuk berkembang. Tak ada yang lebih menyenangkan dari ini. (Ittetsu Takeda - Haikyuu)

9. Jangan menyerah. Hal memalukan bukanlah ketika kau jatuh, tetapi ketika kau tidak mau bangkit lagi. (Midorima Shintarou - Kuroko no Basuke)

10. Teruslah berjuang walaupun itu mustahil. (Minene Uryuu)

11. Aku tidak tahu jika aku punya bakat atau tidak sampai aku mencoba. (Seiji Amasawa - Whisper of the Heart)

12. Kami bergantung pada kekuatan kami sendiri. (Masami Iwasawa)

13. Siapapun pasti pernah melakukan kesalahan, yang terpenting adalah mengambil pelajaran dari kesalahanmu. (Hammerhead)

14. Jangan khawatirkan apa yang dipikirkan orang lain. Tegakkan kepalamu dan melangkahlah ke depan. (Izuku Midoriya - Boku no Hero Academia)

15. Imajinasia dalah senjata, orang yang tak memilikinya akan mati. (Goblin Slayer)

Nah, KLovers, itulah beberapa penjelasan mengenai arti kata wibu dan ciri-ciri wibu yang bisa kalian pahami.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI