Cara Membuat Cilok Biasa dan Isi, Lengkap Bumbu Kacangnya

Rabu, 08 April 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Membuat Cilok Biasa dan Isi, Lengkap Bumbu Kacangnya
(credit: cookpad.com)


Kapanlagi Plus - Cilok menjadi salah satu makanan ringan yang banyak digemari. Cita rasanya yang gurih dengan tekstur yang kenyal ditambah saus kacang yang pedas manis membuat makanan ini menjadi salah satu jajanan pinggir jalan yang paling populer. Selain itu, cara membuat cilok yang mudah juga membuat banyak orang yang membuat lalu menjualnya.

Sayangnya, di saat wabah virus corona menyebar seperti ini, pedagang cilok mungkin akan agak sulit ditemui. Namun, tak perlu khawatir sebab cara membuat cilok sebenarnya sangatlah mudah sehingga sebenarnya kalian bisa saja membuatnya sendiri di rumah.

Selain cara membuat cilok mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun sederhana. Bahan utama pembuatan cilok adalah tepung tapioka dan tepung terigu. Namun, untuk membuat cilok varian tertentu tentunya akan dibutuhkan bahan-bahan khusus lainnya.

Berikut beberapa cara membuat cilok:

 

 

1. Membuat Cilok Sederhana

Kalian pasti pernah makan cilok kan? Ada beberapa varian cilok. Namun, yang paling sering kita temui adalah cilok biasa yang simpel atau sederhana. Sesuai dengan namanya, cara membuat cilok ini relatif gampang dan sederhana.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

- 1 gelas tepung tapioka
- 1 gelas tepung terigu
- 4 siung bawang putih
- 1 sdm garam
- 1/2 sdm air kaldu
- 1 helai daun bawang
- 1/2 sdt merica
- 1/2 gelas air panas

Cara Pembuatan:

1. Pertama buat bumbu dengan cara haluskan bawang putih dan merica, lalu tambahkan garam.
2. Potong-potong daun bawang kecil-kecil atau irisan lembut.
3. Tuang tepung terigu dan tepung tapioka dalam satu wadah, lalu campurkan.
4. Tambahkan air kaldu, daun bawang, dan bumbu yang tadi sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung.
5. Setelah itu tuangkan air panas secara pelan-pelan, sedikit demi sedikit.
6. Saat air panas dituang, usahakan sambil mengaduk menggunakan centong nasi secara pelan-pelan.
7. Tuang dan aduk sampai adonan cilok menjadi kalis.
8. Setelah kalis, saatnya membuat adonan cilok menjadi bentuk bulat-bulatan seperti cilok pada umumnya.
9. Masukkan bulatan cilok ke dalam air mendidih, persis seperti memasak bakso. Masak kurang lebih 20 menit atau sampai cilok mengapung ke permukaan air.
10. Saat cilok sudah mengapung, artinya cilok sudah matang dan sudah bisa dimakan.

2. Cara Membuat Cilok Isi

Selain cilok biasa, kalian pasti juga sering menemukan varian cilok yang terdapat isi di dalamnya. Isi yang paling umum digunakan untuk mengisi cilok biasanya telur. Tapi sebenarnya kita juga bisa mengisi cilok dengan isian lain seperti ayam dan keju.

Cara membuat cilok isi ayam dan keju sebenarnya sama saja dengan cara membuat cilok pada umumnya. Yang membedakan hanya cara mengolah isian dan cara menaruh isi ke dalam cilok.

Untuk membuat isian ayam, bisa digunakan daging ayam cincang. Atau jika tidak ada daging ayam cincang, kalian bisa menggunakan daging ayam yang sudah direbus lalu diiris lembut. Sementara untuk isian keju bisa diparut atau diiris dalam bentuk dadu-dadu kecil.

Isian cilok ayam dan keju bisa diletakkan ke dalam cilok pada saat proses adonan cilok dicetak atau dibuat menjadi bulatan-bulatan kecil. Setelah memasukkan isian ke dalam cilok, proses selanjutnya sama seperti cara membuat cilok pada umumnya, yaitu tinggal merebus cilok sampai matang.

3. Cara Membuat Bumbu Kacang

Seperti yang kita tahu, cilok memang paling enak dinikmati selagi hangat. Selain itu, agar lebih nikmat cilok juga paling pas kalau disajikan dengan bumbu kacang yang yang rasanya pedas, manis, dan gurih. Nah, rasanya tidak akan lengkap kalau membagi resep membuat cilok tanpa menyertai resep membuat bumbu kacangnya.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal kacang:

- 100 gram kacang tanah goreng
- 3 buah cabai merah
- 4 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2 lembar daun jeruk
- 2 sdm gula merah sisir
- secukupnya garam, gula pasir dan kaldu bubuk jamur
- secukupnya air
- 2 sdm kecap manis

Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok:

1. Langkah pertama, haluskan bumbu: bawang merah, bawang putih dan cabai.
2. Haluskan kacang tanah yang sebelumnya sudah digoreng. Kalian bisa menggunakan ulakan atau blender tergantung pada tekstur yang kalian inginkan.
3. Masak bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan air sedikit.
4. Setelah itu masukkan kacang goreng yang sudah halus, tambahkan air secukupnya hingga didapat tekstur yang kalian inginkan.
5. Tambahkan gula merah, gula pasir, dan garam secukupnya sesuaikan dengan rasa yang kalian inginkan.
6. Masak hingga matang

Itulah cara membuat cilok dari yang sederhana hingga cilok isi, berikut cara membuat saus kacangnya. Dengan resep ini kalian jadi tidak perlu khawatir dengan kebersihan dan gizinya, seperti saat membeli cilok di penjualnya. Selain itu, membuat cilok sendiri juga bisa meminimalisir anak jajan dan main di luar di tengah wabah virus corona seperti saat ini.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI