Cara Membuat Infused Water yang Mudah, Berkhasiat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jum'at, 13 Maret 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Membuat Infused Water yang Mudah, Berkhasiat untuk Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Infused water sempat menjadi tren beberapa waktu lalu. Minuman yang dibuat dari campuran air dan buah ini sekilas mempunyai khasiat yang sama sepert jus. Namun, infused water mempunyai tampilan yang lebih cantik jika dibandingkan dengan jus. Mungkin hal ini jugalah yang membuat infused water bisa populer belakangan ini.

Infused water mengandung sari dan vitamin yang terdapat dalam buah, sehingga minuman ini tidak hanya menyegarkan tapi juga berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya kesehatan tubuh, minuman kesehatan alami ini juga baik untuk kecantikan.

Khasiat pada infused water tersebut akan sangat bergantung pada kandungan gizi yang terdapat pada buah-buahan yang digunakan. Oleh karena itu, cara membuat infused water bisa jadi berbeda-beda tergantung jenis buah dan khasiat yang ingin didapatkan.

 

 

1. Cara Membuat Infused Water yang mudah

Selain karena tampilan dan khasiatnya, infused water juga banyak difavoritkan karena cara pembuatannya yang mudah. Secara umum, berikut langkah-langkah membuat infused water:

1. Siapkan air matang.

2. Siapkan buah-buahan dan bahan-bahan tambahan lain misalnya madu (opsional).

3. Cuci bersih buah-buahan, lalu iris tipis-tipis.

4. Masukkan buah-buahan ke dalam wadah khusus seperti botol atau teko.

5. Masukkan air ke dalam wadah berisi irisan buah.

6. Rendam irisan buah, diamkan beberapa saat (sebaiknya didiamkan selama 24 jam).

7. Infused water akan lebih nikmat diminum secara dingin, oleh sebab itu proses pendiaman air rendaman buah dilakukan di dalam kulkas.

8. Kalau air infused water sudah berubah menjadi sedikit keruh, artinya sari dan kandungan vitamin dalam buah yang direndam sudah keluar dan bercampur dengan air.

9. Infused water sudah siap diminum.

2. Infused Water Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Meskipun secara umum cara membuat infused water terbilang mudah, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan sekaligus. Terutama dalam hal pemilihan jenis buah. 

3. Infused Water Lemon

Infused water dengan buah lemon bisa jadi merupakan jenis infused water yang paling populer. Tampilannya yang cantik juga membuat kita sering menjumpai infused water ini dalam bentuk kemasan yang dijual. Infused water jenis ini sangat mudah dibuat, cukup mengikuti cara pembuatan infused water pada umumnya.

Infused water buah lemon berkhasiat untuk kesegaran tubuh. Kandungan flavonoid dalam buah lemon akan melindungi sel tubuh dari ancaman kerusakan. Infused water jenis ini juga dapat berkhasiat untuk menurunkan berat badan, mengatasi jerawat, dan menjaga kelembapan wajah.

4. Infused Water Kurma

Buah yang identik dengan bulan Ramadan ini ternyata juga bisa dibuat menjadi infused water lho. Cara membuat infused water buah kurma sama halnya dengan membuat infused water dengan jenis buah lainnya. Tapi, jangan lupa untuk memisahkan daging buah dengan bijinya terlebih dahulu ya.

Infused water buah kurma mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan proses metabolisme dalam tubuh. Untuk kecantikan, infused water buah kurma berkhasiat bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit dan rambut.

5. Infused Water Mentimun

Buah yang biasa digunakan sebagai lalapan ini punya banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain dimakan sebagai lalapan, ternyata buah mentimun bisa dijadikan infused water yang murah meriah namun kaya manfaat. Cara membuatnya juga sama seperti cara membuat infused water buah kurma dan lemon, cukup dengan dicuci, diiris, direndam air matang, lalu diamkan.

Infused water mentimun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit dan wajah. Buah mentimun yang segar diyakini bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah seperti minyak berlebih dan jerawat. Dai segi kesehatan, infused water ini berfungsi menghambat sel kanker, menurunkan tekanan darah, dan baik untuk kesehatan ginjal.

6. Infused Water Apel dan Kayu Manis

Buah apel dan kayu manis bisa menjadi kombinasi yang cocok untuk dijadikan infused water. Selain kandungan gizi yang bisa saling melengkapi, apel dan kayu manis akan memberikan sensasi rasa yang khas.

Sebenarnya, semua jenis buah apel bisa digunakan sebagai bahan membuat infused water. Namun, disarankan menggunakan apel fuji. Sebab, apel fuji mempunyai rasa manis dan asam yang kuat yang akan membuat infused water terasa segar.

Ada yang sedikit berbeda dalam cara membuat infused water apel fuji dan kayu manis, yaitu rebus kayu manis dalam air sampai mendidih. Tunggu air rebusan kayu manis tersebut dingin, lalu baru gunakan untuk merendam irisan apel. Selain itu, jangan lupa untuk membuang bagian biji apel.

Infused water dari buah apel dan kayu manis berkhasiat meningkatkan metabolisme dan dapat menurunkan berat badan. Dari segi kecantikan, infused water ini baik untuk menurunkan berat badan, menjaga kesegaran kulit, dan merangsang pertumbuhan rambut.

7. Infused Water Nanas dan Daun Mint

Selain kayu manis, daun mint juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat infused water. Menambahkan daun mint dalam infused water dapat menambah sensasi dingin dan segar.

Cara membuat infused water ini, hampir sama seperti cara membuat infused water pada umumnya. Potong buah nanas menjadi bagian-bagian kecil lalu rendam dengan air. Namun, karena nanas mempunyai kulit yang kasar dan keras, buah nanas harus dikupas terlebih dahulu. Sementara, untuk daun mint bisa dimasukkan dalam keadaan utuh tanpa harus dipotong.

Infused water buah nanas dan mint berkhasiat untuk kesehatan pencernaan. Kandungan bromelain pada nanas juga baik dalam menjaga kesehatan persendian. Selain itu, infused water ini juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak, dan sebagainya.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI