Tips Memasak Makanan Instan Lebih Enak dan Bergizi, Cocok Jadi Menu Karantina Mandiri Ala Anak Kos

Selasa, 07 April 2020 11:44 Penulis: Puput Saputro
Tips Memasak Makanan Instan Lebih Enak dan Bergizi, Cocok Jadi Menu Karantina Mandiri Ala Anak Kos
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Makanan instan selama ini menjadi andalan bagi beberapa orang, seperti anak kos. Pasalnya jenis proses memasak makanan jenis satu ini relatif praktis dan mudah. Di balik kepraktisan tersebut makanan instan sering dianggap tidak sehat. Namun, tidak perlu khawatir sebab sebenarnya ada tips memasak makanan instan agar lebih enak dan bergizi.

Penilaian makanan instan sebagai makanan yang tidak sehat sebenarnya bukan tanpa alasan. Sebab jenis makanan ini, umumnya mengandung bahan pengawet yang tentunya akan berdampak bagi kesehatan tubuh. Tapi, setidaknya dengan menerapkan tips memasak makanan instan agar lebih enak dan bergizi, makanan instan tidak lagi sebatas mengenyangkan.

Berikut ini beberapa tips memasak makanan instan agar lebih enak dan bergizi:

 

 

1. Memasak Mie Instan

Mie instan mungkin menjadi salah satu jenis makanan instan yang paling populer dan paling difavoritkan. Makanan instan ini bisa begitu populer karena mempunyai bermacam-macam varian rasa. Sehingga, siapa pun bisa memakan sesuai dengan varian rasa favoritnya.

Mie Instan sering mendapatkan label sebagai makanan yang tidak sehat, selain karena bahan pengawetnya, juga karena kandungan gizinya yang sedikit. Malahan, mie instan cenderung mengandung minyak jenuh dan natrium yang tinggi.

Berikut beberapa tips memasak makanan instan agar lebih enak dan bergizi:

1. Tambahkan sayuran

Dengan menambahkan sayuran ke dalam mie instan, artinya kalian telah menambahkan kandungan gizi di dalam makanan tersebut. Seperti yang kita tahu, sayuran mempunyai berbagai kandungan gizi mulai dari berbagai jenis vitamin, protein, zat besi, dan lain sebagainya tergantung jenis sayurnya.

Kalian tidak perlu menambahkan banyak sayuran, cukup beberapa jenis sayuran yang kalian sukai.

2. Tambahkan toping

Nah selain sayuran sebagai pendamping, kalian juga bisa menambahkan topping di mie instan kalian. Topping bisa berupa apa saja yang kamu sukai. Tapi, tentu akan lebih baik jika topping yang dipilih merupakan jenis makanan bergizi seperti telur atau tahu.

3. Mengurangi penggunaan bumbu instan

Tahukah kalian, bahwa natrium berlebih pada mie instan banyak terdapat pada bagian bumbunya. Oleh karena itu, sebaiknya kalian mengurangi takaran bumbu yang kalian gunakan. Agar rasa mie tidak berubah, kalian bisa imbangi dengan mengurangi kuah atau porsi mie yang kalian buat.

2. Memasak Sarden

Ikan sarden kaleng merupakan salah satu makanan instan yang banyak dijual di pasaran. Meski tidak sepopuler dan sepraktis mie instan makanan instan yang satu ini tetap bisa kalian andalkan selama karantina mandiri. Sebab cara memasaknya juga masih terbilang mudah, yaitu tinggal dihangatkan begitu saja.

Ikan sarden sendiri sudah mengandung banyak gizi, mulai dari mineral, vitamin, hingga protein. Namun, ada tips memasak makanan instan ini agar lebih bergizi dan enak.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Selain menambah rasa, tambahan bumbu-bumbu tersebut juga akan menambah nilai gizi dalam olahan ikan sarden kalian.

3. Bubur Instan

Selain mie, belakangan juga ada yang menjual produk bubur instan. Cara memasak bubur instan bahkan cenderung lebih mudah daripada mie instan. Sebab pada umumnya untuk memasak makanan instan ini kalian tinggal menyeduh dengan menggunakan air panas saja.

Tips memasak makanan instan agar lebih enak dan bergizi berupa bubur juga tidak jauh berbeda dengan memasak mie instan:

1. Kalian bisa menambahkan topping sesuai dengan selera atau disesuaikan dengan asupan gizi yang kalian butuhkan.

2. Mengurangi takaran bumbu dan menggantinya dengan bumbu yang lebih sehat, misalnya air kaldu.

4. Memasak Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu jenis makanan instan yang biasa dimakan di waktu sarapan. Sayangnya, makanan instan berbentuk sereal dari biji-bijian ini belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang cocok untuk menu sarapan.

Dalam oatmeal terkandung banyak gizi seperti serat, protein, vitamin, hingga lemak tak jenuh. Sayangnya, rasanya yang hambar membuat makanan yang satu ini jadi kurang begitu disukai.

Padahal ada tips memasak makanan instan agar lebih enak dan bergizi berupa oatmeal, yaitu dengan mengkombinasikan oatmeal dengan berbagai jenis topping buah, seperti pisang, stroberi, jeruk, dan sebagainya. Oatmeal juga cocok jika ditambah dengan madu.

Itulah beberapa tips memasak makanan instan agar lebih enak dan bergizi. Kalian bisa menerapkan tips di atas agar kebutuhan makan kalian selama menjalani karantina mandiri di kos tetap bisa terpenuhi. Meski begitu, perlu diingat untuk sebaiknya tidak terlalu sering memakan makanan instan ya.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI