Cara Membuat Facebook Bisnis dan Fanspage, Ketahui Manfaatnya Agar Lebih Maksimal dalam Penggunaan

Kamis, 19 Mei 2022 13:44 Penulis: Puput Saputro
Cara Membuat Facebook Bisnis dan Fanspage, Ketahui Manfaatnya Agar Lebih Maksimal dalam Penggunaan
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sekarang, berbisnis jadi lebih mudah dan praktis. Pasalnya, kini pelaku bisnis menggunakan platform media sosial mereka untuk melakukan promosi dan transaksi. Dari banyaknya jenis media sosial, facebook atau fb jadi salah satu yang paling potensial untuk dipakai berbisnis. Namun untuk memaksimalkan kegiatan berbisnis di fb, tentu kalian perlu tahu cara membuat facebook bisnis.

Ya, sebagai salah satu media sosial paling populer, facebook menyediakan versi khusus untuk berbisnis. Facebook bisnis ini dilengkapi sejumlah fitur khusus yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk kegiatan berbisnis, seperti pemasangan iklan dan promosi. Itulah sebabnya, pemilik usaha yang ingin melebarkan sayap bisnisnya di fb, wajib tahu cara membuat facebook bisnis.

Cara untuk membuat facebook bisnis sebenarnya tidaklah sulit. Untuk melakukannya, kalian bisa ikuti panduan berisi langkah-langkahnya berikut ini.

 

1. Manfaat Facebook Bisnis

Telah disinggung sebelumnya, bahwa facebook bisnis menawarkan fitur yang memudahkan kegiatan promosi dan transaksi. Selain itu, ternyata masih ada banyak manfaat dari facebook bisnis.

Oleh karena itu, sebelum tahu cara membuat facebook bisnis, ada baiknya kalian tahu apa saja manfaatnya terlebih dahulu. Sebab dengan begitu, kalian bisa lebih maksimal dalam menggunakannya. Berikut beberapa manfaat dari facebook bisnis.

- Mempermudah proses pengelolaan iklan atau Facebook ads, termasuk dalam pengecekan laporan terkait performa dari iklan. Sehingga memudahkan proses evaluasi dan pembayaran.

- Lebih fleksibel dalam menambahkan tim mengelola bisnis.

- Mempermudah proses pengelolaan iklan atau Facebook Fanspage dan Facebook Shop.

- Lebih mudah dan praktis dalam memposting katalog produk.

 

2. Cara Membuat Facebook Bisnis

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, bahwa cara membuat facebook bisnis sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hanya memang, membuat akun facebook bisnis sedikit lebih rumit dibandingkan pembuatan akun pribadi.

Selain itu, untuk membuat akun facebook bisnis terlebih dahulu kalian juga harus mempunyai akun pribadi. Sebab, nantinya antara akun bisnis dan akun pribadi akan terkoneksi.

Berikut langkah-langkah dalam cara membuat facebook bisnis.

- Pertama, buka browser kemudian akses situs https://business.facebook.com

- Setelah berhasil masuk ke halaman utama situs tersebut, langsung saja klik opsi Buat Akun.

- Selanjutnya, silakan login dengan akun Facebook pribadi.

- Masukkan nama akun bisnis dan membuat halaman.

- Berikutnya, masukkan data terkait nama usaha atau bisnis dan email khusus untuk bisnis.

- Jika sudah, langsung klik opsi Kirim.

- Kemudian, klik tombol Selesai.

- Secara otomatis, facebook akan mengirimkan email berisi verifikasi melalui email. Buka tab baru, akses email kalian. Lalu, lakukan proses verifikasi.

- Klik, opsi Konfirmasi Sekarang yang terdapat di email.

- Selesai, setelah melakukan proses verifikasi, akun Facebook bisnis secara otomatis akan aktif dan bisa mulai digunakan.

 

3. Cara Membuat Facebook Fanspage

Selain membuat akun bisnis, untuk memaksimalkan usaha dan bisnis kalian juga bisa membuat FB versi halaman fanspage. Nantinya, Facebook versi fanspage ini juga akan terkoneksi dengan facebook bisnis. Sehingga, untuk kedepannya pengelolaannya dapat dilakukan secara sekaligus. Itu artinya, kalian tak perlu khawatir bakal kerepotan.

Cara membuat fanspage FB juga tak kalah mudah dibandingkan cara membuat facebook bisnis. Untuk melakukannya, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Login Facebook Personal Anda

- Langkah pertama, kalian bisa buka browser kemudian masuk ke akun facebook kalian.

- Setelah berhasil masuk ke akun pribadi facebook, kalian bisa klik ikon gambar kotak-kotak yang berada persis di sebelah nama akun kalian.

- Jika sudah, klik menu Buat atau Creat, kemudian pilih opsi halaman atau Page.

- Isi form yang tersedia pada halaman Creat A Page. Isi informasi yang diminta seperti nama, kategori, dan deskripsi Fanpage bisnis.

- Pada bagian kategori, kalian bisa mengisi maksimal tiga kategori. Kalian bisa memilih kategori apa saja yang sesuai dengan bisnis yang dikelola.

- Pada kolom deskripsi Fanpage, kalian bisa menjelaskan segala hal terkait bisnis kalian secara singkat, padat, dan jelas.

- Langkah selanjutnya dalam cara membuat facebook fanspage adalah mengganti username. Caranya adalah dengan membuka halaman Manage Page.

- Jika sudah, klik "create @username". Buat username yang terdiri dari minimal 5 karakter (bisa berupa angka, huruf, dan tanda titik).

- Berikutnya, memasukkan profile picture dan cover photo untuk halaman fanspage. Kalian bisa menggunakan foto produk atau logo jika ada.

- Aktifkan fitur Add a Button yang berfungsi untuk mengarahkan pengunjung Fanpage. Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengaktifkan kontak via Follow, Order Food, Book Now, Call Now, Contact Us, dan Send WhatsApp Message. Selain itu, kalian juga bisa mengoneksikan dengan WhatsApp.

- Selesai.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara membuat facebook bisnis dan fanspage. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI