Cara Mencuci Tangan dengan Benar, Gunakan Sabun dan Hand Sanitizer Agar Terhindar Virus Corona Covid-19

Rabu, 18 Maret 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Mencuci Tangan dengan Benar, Gunakan Sabun dan Hand Sanitizer Agar Terhindar Virus Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Mencuci bisa menjadi satu hal mendasar yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, tangan sering kita gunakan untuk memegang berbagai benda. Padahal, benda-benda yang kita pegang belum tentu terjamin kebersihannya.

Itulah sebabnya penting bagi kita untuk tahu cara mencuci tangan yang benar. Ya, tentu saja agar kuman, bakteri, atau virus yang menempel di tangan tidak masuk ke tubuh kita.

Seperti keadaan belakangan ini, dunia sedang dibuat cemas dengan wabah virus corona. Menurut sejumlah penelitian, virus ini menyebar dengan cara droplet melalui percikan air liur penderita yang menempel pada suatu benda.

Sehingga, cara pencegahan yang efektif agar virus ini tidak masuk ke tubuh kita adalah dengan rajin mencuci tangan. Namun, tentunya kita tidak boleh hanya asal mencuci tangan. Kita harus tahu cara cuci tangan yang benar, baik dengan sabun ataupun hand sanitizer.

 

 

 

1. Bagian Tangan yang Harus Dibersihkan

Dilansir dari liputan6.com, Dokter spesialis paru Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Sri Dhuny Atas Asri menjelaskan bagian-bagian tangan yang harus dicuci agar terhindar dari virus Corona. Bagian-bagian tangan tersebut antara lain:

1. Telapak Tangan

Telapak tangan menjadi bagian yang harus dicuci sebab bagian ini yang kita gunakan untuk memegang berbagai macam benda, berjabat tangan, dan melakukan berbagai aktivitas.

2. Punggung Telapak Tangan

Meskipun penggunaannya tidak seintens telapak tangan, tapi tidak menutup kemungkinan bagian punggung telapak tangan kita juga menempel banyak kuman, bakteri, atau virus. Sehingga, sudah selayaknya bagian ini juga dibersihkan.

3. Sela-sela Jari

Cara mencuci tangan yang benar juga harus memperhatikan bagian sela-sela jari. Hal ini karena, bagian sela-sela yang banyak terdapat lipatan-lipatan kulit bisa menjadi tempat yang sempurna untuk kuman, bakteri, atau virus.

4.   Bagian Jari

Selain telapak tangan, bagian jari juga merupakan bagian tangan yang paling sering kita gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Sehingga, kita juga harus membersihkannya secara seksama, termasuk bagian ujung di sela-sela kuku. 

2. Cara Mencuci Tangan dengan Benar Menggunakan Sabun

Untuk menangkal virus corona, World Health Organization (WHO) menyarankan kita untuk lebih rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Anjuran dari WHO itu bukan tanpa alasan, sebab mencuci tangan dengan menggunakan sabun diyakini bisa mematikan virus corona. Selain itu, WHO juga mengeluarkan panduan cara mencuci tangan dengan benar sebagaimana berikut ini.

1. Cuci tangan dengan menggunakan air mengalir, pastikan seluruh bagian tangan terbasahi air.

2. Ambil sabun lalu usapkan pada bagian permukaan kedua telapak tangan hingga berbusa.

3. Secara bergantian, usapkan sabun ke bagian punggung telapak tangan kanan dan kiri.

4. Bersihkan pula bagian sela-sela antar jari-jari di kedua tangan.

5. Setelah sela-sela jari, bersihkan pula bagian ujung jari dan kuku. Caranya dengan menggosok-gosokkan bagian ujung jari tersebut ke permukaan telapak tangan.

6. Bersihkan bagian ibu jari kanan dan kiri secara bergantian. Lakukan dengan cara menggosoknya ibu jari secara memutar ke bagian sela-sela ibu jari dan telunjuk salah satu tangan.

7. Bersihkan bagian kedua pergelangan tangan, dengan cara mengusapkan busa sabun secara memutar.

8. Bilas kedua tangan dengan menggunakan air mengalir. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan tisu atau handuk bersih.

 

 

3. Cara Mencuci Tangan dengan Menggunakan Hand Sanitizer

Untuk menghindari virus corona, selain mencuci tangan menggunakan sabun, saat ini juga banyak orang yang mengandalkan hand sanitizer. Hand sanitizer banyak digunakan karena dinilai lebih praktis daripada sabun.

Hand sanitizer merupakan produk pembersih berupa gel beralkohol yang dikemas secara ekonomis dan praktis. Sehingga, lebih bisa dibawa ke mana-mana. Tapi, apakah menggunakan hand sanitizer bisa seefektif mencuci tangan dengan sabun?

Meskipun barangkali tidak seefektif mencuci tangan dengan sabun, ternyata penggunaan hand sanitizer memang dipercaya bisa mematikan berbagai kuman di tangan. Lantas, bagaimana cara mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang benar? Berikut beberapa panduannya:

1. Tuang cairan hand sanitizer di telapak tangan dengan banyak yang sekiranya akan cukup untuk membasahi seluruh bagian tangan.

2. Gosok-gosokkan bagian kedua telapak tangan, persis seperti saat sedang mencuci tangan menggunakan sabun. 

3. Setelah cairan hand sanitizer merata di telapak tangan, usapkan telapak tangan ke bagian punggung tangan, sela-sela jari, ujung jari, dan pergelangan tangan.

4. Jika dirasa sudah merata, kita tidak perlu lagi membilas tangan kita dengan menggunakan air. Karena kandungan alkohol pada hand sanitizer akan membuatnya lebih cepat kering dengan sendirinya. 

4. Aturan Penggunaan Hand Sanitizer

Meski begitu, WHO mempunyai alasan mengapa kita lebih dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dibandingkan menggunakan hand sanitizer. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui saat mencuci tangan dengan hand sanitizer.

1. Jangan menggunakan hand sanitizer saat terdapat luka di bagian tangan sebab dapat memperparah luka dan menimbulkan efek iritasi.

2. Jangan terlalu sering mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Sebab, jika terlalu sering dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit mulai dari kulit kering, iritasi, kulit pecah-pecah, bahkan kulit mengelupas.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI