Ingin Dapatkan Klaim Token Listrik Gratis Bulan Juli? Begini Caranya

Kamis, 02 Juli 2020 10:11 Penulis: Puput Saputro
Ingin Dapatkan Klaim Token Listrik Gratis Bulan Juli? Begini Caranya
Ilustrasi (credit: flickr.com)


Kapanlagi Plus - Pandemi virus corona covid-19 yang tak kunjung berakhir membuat banyak masyarakat terdampak. Penghasilan berkurang bahkan terhenti, sementara pengeluaran membengkak, salah satunya tagihan listrik. Karena banyak menghabiskan waktu di rumah, tagihan listrik banyak melonjak. Namun, pemerintah mengeluarkan kompensasi listrik gratis bagi pelanggan bersubsidi. Kompensasi tersebut di antaranya bisa di dapat di situs www.pln.co.id.

Dilansir dari liputan6.com, pemerintah melalui PLN diketahui memang memberikan kompensasi tagihan listrik sejak bulan April lalu. Kompensasi tersebut diberikan untuk 3 bulan, April-Juni 2020.

Memasuki bulan Juli 2020, pemerintah melalui Perusahan Listrik Negara atau PLN kembali menyediakan kompensasi serupa. Kompensasi tersebut bisa diklaim sejak hari ini 1 Juli 2020, melalui situs www.pln.co.id atau melalui aplikasi Whatsapp. Lantas, bagaimana cara mendapatkan klaim kompensasi tagihan listrik tersebut?

Berikut persyaratan dan cara mendapatkan klaim token listrik gratis.

 

1. Persyaratan

Sama seperti kompensasi yang diberikan pada periode April-Juni lalu, klaim kompensasi bulan Juli juga dikhususkan bagi pelanggan listrik bersubsidi. Pelanggan tersebut merupakan pengguna listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA dalam kategori subsidi.

Jadi, apabila kalian ingin melakukan klaim kompensasi tagihan listrik bulan Juli, pertama-tama pastikan bahwa termasuk dalam pengguna bersubsidi. Salah satu cara mengeceknya bisa dilakukan melalui tagihan listrik bulan sebelumnya. Pada tagihan listrik pelanggan 900 VA non-subsidi biasanya akan ditandai dengan adanya kode R1M pada kolom tarif. Sehingga, jika kalian menemukan kode tersebut, artinya anda tidak berhak menerima kompensasi tagihan listrik bulan Juli.

2. Cara Mendapatkan Klaim Melalui Situs Resmi PLN

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada dua cara untuk mendapatkan klaim kompensasi tagihan listrik. Salah satunya, dengan melakukan login di situs resmi PLN. Caranya cukup mudah, lebih jelasnya kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

1) Buka situs www.pln.co.id.

2) Pilih dan klik menu Stimulus Covid-19 (Token gratis/diskon).

3) Setelah itu, akan muncul tampilan seperti pada gambar.

4) Isi setiap kolom informasi yang dibutuhkan, seperti ID pelanggan dan identitas lannya.

5) Jika sudah, kalian tinggal klik cari.

6) Token gratis yang kalian klaim akan muncul pada kolom keterangan.

7) Selanjutnya kalian tinggal memasukkan token tersebut ke meteran.

3. Cara Mendapatkan Klaim Melalui Aplikasi Whatsapp

Selain melalui situs resmi, klaim kompensasi juga bisa dilakukan via aplikasi whatsapp. Caranya juga tidak kalah mudah dan praktis. Berikut langkah-langkah klaim kompensasi listrik gratis via aplikasi whatsapp.

1) Buka aplikasi Whatsapp dan lakukan chat berisi ID PLN ke nomor 08122-123-123.

2) Selanjutnya, pihak dari PLN akan membalas dengan sejumlah langkah yang mudah diikuti.

3) Kalian tinggal mengikuti langkah-langkah dalam chat balasan PLN tersebut.

4) Jika sudah, pihak PLN akan mengirimkan nomor token listrik gratis secara langsung melalui whatsapp.

5) Terakhir, kalian tinggal memasukkan nomor token tersebut ke dalam meteran rumah kalian.

Nah, itulah di antaranya persyaratan dan dua cara mudah untuk mendapatkan klaim token listrik gratis bulan Juli. Kalian bisa mencobanya di rumah. Namun, pastikan bahwa kalian memang termasuk yang berhak mendapatkan kompensasi.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI