4 Resep Olahan Nasi Rice Cooker yang Enak dan Praktis, Nasi Uduk - Jamur

Rabu, 01 Juli 2020 14:22 Penulis: Dhia Amira
4 Resep Olahan Nasi Rice Cooker yang Enak dan Praktis, Nasi Uduk - Jamur
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Rice cooker merupakan sebuah alat praktis untuk memasak nasi yang digunakan hampir seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi anak kos. Selain memasak nasi, rice cooker juga biasanya digunakan untuk memasak yang lain seperti sop, opor, hingga bolu. Tetapi kali ini kita tidak akan memasak makanan lain pada rice cooker, kita akan membuat resep olahan nasi rice cooker yang enak dan juga praktis.

Olahan nasi ini juga akan memberikan sensasi berbeda untuk kalian yang bosan dengan nasi putih atau nasi merah biasa. Penasaran apa saja resep olahan nasi tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 4 resep olahan nasi rice cooker yang enak dan praktis. Serta cocok untuk anak kos yang ingin berkreasi dengan sehat.

 

 

1. Nasi Jingga

Resep olahan nasi rice cooker yang pertama yaitu ada nasi jingga. Olahan nasi ini cukup mudah serta sehat, bila kalian tidak memiliki lauk pauk untuk di makan, maka resep olahan nasi jingga ini sangat cocok untuk anak kos yang minim keuangan. Yuk langsung saja dicek cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan:

Beras

1 buah wortel (sesuaikan dengan jumlah beras)

1 buah jagung manis

Air kaldu ayam (atau bisa diganti dengan penyedap rasa ayam)

Cara membuatnya:

- Pertama cuci wortel dan juga jagung manis. Lalu parut wortel menggunakan parutan keju, setelah itu lepaskan jagung dari batangnya. Kemudian sisihkan.

- Kemudian cuci beras hingga bersih, masukkan wortel dan jagung. Lalu beri air kaldu ayam sesuai dengan takaran beras. Bila tidak ada air kaldu ayam bisa diganti dengan air biasa dan beri penyedap rasa ayam.

- Masak nasi tersebut pada rice cooker seperti biasa. Bila sudah matang aduk dan angkat.

- Selesai nasi jingga siap disajikan.

2. Nasi Liwet Rice Cooker

Resep olahan nasi rice cooker yang kedua yaitu ada nasi liwet. Cara ini juga cukup mudah serta simpel, apalagi buat kalian yang para pemula. Yuk langsung saja dicek cara pembuatannya.

Bahan yang dibutuhkan:

2 liter beras

150 gram teri

5 buah cabe merah

5 buah cabe rawit

5 buah bawang putih

7 buah bawang merah

5 lembar daun salam

5 batang serai

Daun jeruk

1 sendok makan garam

Penyedap rasa

Cara membuatnya:

- Pertama cuci beras hingga bersih dan beri air.

- Potong bawang merah, bawang putih, cabai merah, canai rawit. Kemudian goreng hingga mengeluarkan harus, angkat dan tiriskan.

- goreng pula teri hingga garing, lalu angkat dan tiriskan.

- Setelah selesai, masukkan bawang, cabai, dan teri yang sudah digoreng ke dalam beras. Beri pula daun salam, daun jeruk, garam, serta penyedap rasa.

- Aduk hingga rata, dan masak seperti nasi biasa.

- Bila sudah matang aduk, dan siap disajikan.

3. Nasi Uduk

Selain dapat dibuat menjadi nasi liwet, resep olahan nasi rice cooker selanjutnya juga dapat dibuat menjadi nasi uduk. Caranya cukup mudah dan juga simpel. Yuk langsung saja dicek cara pembuatannya.

Bahan yang dibutuhkan:

2 cangkir beras

2 lembar daun salam

2 batang daun serai

200 ml santan kelapa

1 sendok garam halus

Air secukupnya

Cara membuatnya:

- Pertama memasukkan beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker. Lalu masukan santan dan tambahkan air sesuai takaran rice cooker seperti biasa.

- Kemudian masukkan semua bahan yang tersisa seperti daun salam, batang serai, dan garam secukupnya ke dalam rice cooker sambil diaduk.

- Tekan tombol power pada rice cooker, biarkan kurang lebih 15 sampai 20 menit hingga nasi setengah matang, kemudian aduk-aduk kembali nasinya.

- Tutup rice cooker kembali dan tunggu sampai nasi matang.

- Selesai nasi uduk rice cooker siap dihidangkan.

4. Nasi Jamur Jepang

Dan resep olahan nasi rice cooker yang terakhir yaitu dengan membuat nasi jamur Jepang. Selain menyehatkan, nasi jamur Jepang ini tentu mudah untuk dibuat. Yuk langsung saja dicek cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan:

2 cup nasi

2 buah wortel

3 buah jamur champignon

1/4 bungkus enoki

3 buah jamur shitake

2,5 sendok makan shoyu

1/4 sendok teh kaldu dashi

air

Cara membuatnya:

- Pertama rendam jamur shitake agar lembut, lalu potong ujung bawah jamur enoki. Kemudian cuci dengan air mengalir tetapi jangan terlalu kuat.

- Cuci beras, lalu tuang ke rice cooker dan beri air secukupnya.

- Cuci wortel dengan bersih dan serut wortel secara tipis.

- Setelah jamur shitake lembut, potong-potong secara tipis. Lalu masukkan jamur, wortel, shoyu dan dashi. Aduk sedikit agar bumbu rata.

- Tekan tombol power pada rice cooker, biarkan kurang lebih 15 sampai 20 menit hingga nasi setengah matang, kemudian aduk-aduk kembali nasinya.

- Tutup rice cooker kembali dan tunggu sampai nasi matang.

- Selesai nasi jamur Jepang siap disajikan.

Itulah 4 resep olahan nasi rice cooker yang mudah dan juga praktis untuk dibuat. Selain itu resep olahan ini juga sehat untuk dikonsumsi, serta dapat menjadi kreasi olahan nasi yang berbeda dari biasanya. Selamat mencoba.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI